Sunday, November 25, 2012

FRUSTRASI - Iwan Fals (versi Musica Studio's 1998)

FRUSTRASI - Iwan Fals (versi Musica Studio's 1998)

Album: Frustrasi
Artist: Iwan Fals
Kode: HR 0011
Label: Musica Studio's & Harpa Records
Tahun: 1998
Harga (saat rilis): 13.000,-







Ini adalah album kompilasi Iwan Fals yang telah mengalami sekitar tiga kali repackage ulang, cover album versi ini merupakan terbitan ketiga sekitar tahun 1998. Isinya sama saja dengan album terbitan sebelumnya yang dirilis oleh Boulevard Indonesia dan Harpa Records, hanya covernya saja yang sedikit berubah. Kali ini Harpa Records selaku pemilik master bekerja sama dengan label Musica Studio's untuk merilis kembali album Frustrasi ini.

Lagu lagu di dalam album ini di ambil dari album YMYB II dan Canda Dalam Ronda ada lima lagu di kumpulkan jadi satu, album ini dahulunya bernama album Canda Dalam Nada yang dirilis sekitaran tahun 1981. Nah pada sekitaran tahun 1992an dirilislah album Canda Dalam Nada ini dengan nama berbeda oleh label Harpa Records menjadi ''Frustrasi'' isinya sama saja masih memuat lagu yang sama, namun side B nya bukan lagi diisi oleh lagu dari Tom Sleepe dan lagu disco jadul dari Pustaka Jaya seperti di album Canda Dalam Nada, tetapi digantikan oleh lagu lagu dari Doel Sumbang, lebih kepada kreasi label saja yang kebetulan lagu lagu tersebut dimiliki oleh label Harpa Records.

Ada perbedaan sedikit disini, pada lagu ''Dongeng Sebelum Tidur'' jika di album Canda Dalam Nada lagunya full tidak terpotong, maka di album Frustrasi ini ada bagian lagunya yang di cut, yaitu pada lirik ''Jangan semprotkan Baygon sayang...'' Mungkin mengandung iklan sehingga produser memutuskan untuk memotongnya. Versi inilah yang hingga saat ini beredar dan potongan lirik tersebut tidak akan pernah terdengar lagi dalam versi rilisan baru.

Lima lagu di album ini cukup sering muncul dalam album kompilasi Iwan Fals versi rilisan Harpa Records/ SKI Records dan terkadang masuk juga dalam kompilasi milik Musica Studio's. Ada beberapa judul lagu yang telah berubah seperti Dongeng Tidur menjadi Dongeng Sebelum Tidur, kemudian Generasi Frustrasi menjadi Frustrasi saja.

Untuk judul FRUSTRASI ini sendiri pada perkembangan selanjutnya telah berganti menjadi FRUSTASI dengan menghilangkan ''R'' pada tengah kata, sebenarnya kurang tepat saja rasanya karena merujuk kepada kamus KBBI, kata yang benar adalah FRUSTRASI bermakna ''rasa kecewa akibat gagal mengerjakan sesuatu atau tidak berhasil dalam mencapai suatu cita''.

TRACK LIST:

Side A
1. Frustrasi
2. Imitasi
3. Kisah sepeda motorku
4. Dongeng sebelum tidur
5. Joni kesiangan

Side B
1. Romla & Juha
2. Aku I
3. Dunia dan manusianya
4. Dongeng Cinta
5. Aku dan Tetek Bengek
  *untuk side B ini, vocal: Doel Sumbang

 
Salam...

No comments:

Post a Comment