Sunday, September 6, 2015

Camellia 3 (Musica version) - Ebiet G. Ade

Camellia 3 (Musica version) - Ebiet G. Ade

Untuk album versi rilisan ulang Musica Studio's ini hanya memiliki versi tahun 1993, sementara versi tahun 2000 (memakai selonsong luar) masih belum di dapat. Sound boleh dikatakan mantap, jernih, sampai sekarang masih di putar secara rutin dan tidak memiliki masalah berarti dengan pita kasetnya.

Untuk credit title, sama seperti rilisan awal Jackson Records tidak banyak memuat secara lengkap siapa saja yang ikut mendukung pembuatan album ini, kemungkinan masih sama dengan para pendukung musik dengan album Camellia periode sebelum ini.

....................
 Album: Camellia 3
Artist: Ebiet G. Ade 
Kode: MSC 7878
Label: Musica Studio's
Tahun: 1993
Harga (saat rilis): 4.500,-








...............................

Prakata:

   Dalam gemuruhnya ekspansi musik pop di tanah air, muncul wajah baru yang mengumandangkan kreasi barunya, Ebiet G. Ade si penyair Yogya yang mencoba memusikalisasikan puisi puisinya. Melalui lagu Ebiet yakin bahwa puisi akan lebih komunikatif dan cepat di terima masyarakat. Ternyata suguhan Ebiet lewat album ''Camellia''nya telah memberikan apa yang didambakan publik pop. Kedua albumnya ''Camellia I'' dan ''Camellia II'' telah sukses melampaui kesuksesan album album lainnya yang pernah sukses, yang merupakan rekor dalam sejarah musik pop di tanah air, maka tak heranlah kalau hasil karyanya dapat tembus ke seluruh lapisan masyarakat di tanah air. Dengan konstruksi musik yang mantap, hasil garapan pengaransir muda Billy J Budiardjo telah tercipta warna musik ''khas Ebiet G. Ade''. Kedua anak muda ini memang sulit di pisahkan, saling mengikat dalam karya cipta.
   Kini Ebiet kembali datang lewat album barunya ''Camellia III'', kesuksesan yang telah diperolehnya telah menuntut kerja keras agar dapat mempertahankan apa yang telah didapat dengan kreasi yang lebih baik. ''Camellia'' nama yang tak pernah luntur dihati Ebiet. Dalam album inipun Ebiet tetap menggunakan judul yang sama, kenangan saat bersamanya telah di tuangkan Ebiet dalam lagu ''Camellia III''.
   Dalam album ini, vocal dan musiknya llebih matang, di tunjang pula dengan puisi yang mantap menggugah. Tidak saja unsur cinta, tapi segi sosial dan agama pun tidak luput dari sudut pandang Eiet. Coba simak lagu ''Kalian Dengarkah Keluhanku ?'' mengisahkan seseorang yang baru kembali dari ''Pengasingan'', demi terhenti tangis anaknya dan keluh ibunya, ia coba tawarkan nama, tapi apa yang di dapat?? semua mata memandangnya curiga, seperti hendak menguliti jiwanya, apakah sudah tak ada lagi tempat baginya? sedangkan Tuhan sang pencipta, dengan sinar mataNya yang lebih tajam dari matahari tak hendak menghukum dan menerima taubat hambaNya. Memang begitulah kenyataannya.
   Kisah lainnya, duka seorang ibu atas kehadiran anaknya terlahir menanggung noda. ''Dosa  Siapa, Ini Dosa Siapa?'' jawabnya ada di relung hati, begitu tutur Ebiet lewat puisinya. Puisi dan lagu ''Elegi Esok Pagi'' mengingatkan kita pada album perdananya ''Lagu Untuk Sebuah Nama''. Dalam album ini, Ebiet mengutarakan kebosanan bercumbu dengan bayang bayang dan mengharapkan suatu kenyataan bukan hanya mimpi diatas mimpi. Tentunya anda sependapat dengan Ebiet.
   Dalam lagu ''Lolong'' warna vocal Ebiet terdengar lebih mantap dan bersih, itupun di akui Ebiet ''Saya puas membawakan lagu Lolong'', dengan hanya di iringi gitar, lagu tersebut menjadi hidup dan syahdu di dengar, khas Ebiet lebih dominan. Begitu pula lagu ''Saksikan Bahwa Sepi'', perpaduan petikan harpa dengan ketukan piano menambah manisnya lagu tersebut. Tidaklah berlebihan kalau dinyatakan bahwa hampir semua lagu di dalam album ini mempunyai keistimewaan dan warna tersendiri, tapi tidak lepas dari ciri khas Ebiet G. Ade
   Silahkan anda simak dan nikmati.

.... 

Puisi & Lagu - Ebiet G. Ade
Aransemen musik - Billy JB
Rec. Engineer - Edwin Luna, Dindo

Tracklist:

Side A
01 Elegi esok pagi (yogyakarta, 1980)
02 Camellia III (jakarta, 1976)
03 Dosa siapa ini dosa siapa (yogyakarta, 1980)
04 Kalian dengarkah keluhanku? (yogyakarta, 1978)
05 Sepucuk surat cinta (yogyakarta, 1976)

Side B
01 Lolong (pekalongan, 1976)
02 Hidup IV yogyakarta, 1976)
03 Saksikan bahwa sepi (yogyakarta, 1980)
04 Ada yang tak mampu kulupa (yogyakarta, 1978)
05 Untukmu kekasih (yogyakarta, 1980) 


 Salam...

3 comments: