Sunday, September 6, 2015

Camellia 4 (Musica version) - Ebiet G. Ade

Camellia 4 (Musica version) - Ebiet G. Ade

Untuk album ini sama, hanya punya yang versi tahun 1993, sementara yang versi tahun 2000 (memakai selonsong luar) masih belum ada di deretan koleksi. Sound oke dan kualitas pita juga mantap.

Serial terakhir dari album Ebiet yang menggunakan nama Camellia, itu bisa dibaca pada prakata yang tertera  dalam cover album ini, untuk selanjutnya akan memakai nama selain Camellia. Hal ini bertujuan untuk mengatasi kebosanan dari Ebiet dan juga penggemar sendiri, karena sekuel album Camellia telah dibuat menjadi 4 seri, suatu hal yang sangat jarang terjadi saat itu, dan hebatnya saat itu album seri Camellia tersebut masih di tunggu kelanjutan kisahnya.

....................
Album: Camellia 4
Artist: Ebiet G. Ade 
Kode: MSC 7889
Label: Musica Studio's
Tahun: 1993
Harga (saat rilis): 4.500,-








....................................

Prakata:

   Warna vokal, lirik dan lagu Ebiet G. Ade sudah begitu dikenal para penggemar musik di negeri ini dan sekaligus menjadi ciri khas yang tidak dipunyai oleh penyanyi lain. Setidaknya, Ebiet telah memberikan andil yang cukup besar untuk memajukan cita rasa musik pop Indonesia.
   Seperti pada album ''Camellia III'', lagu-lagu yang ada pada kaset inipun proses rekamannya dilakukan di luar negeri yaitu di studio ''Cinema Audio'', Manila Philipina. Para pengiring musiknya pun dari negara tetangga tersebut yang diperkuat oleh Billy Y. Budiarjo (music director) dan Ebiet sendiri pada gitar akustik.
   Musisi Philipina yang mendukung lagu-lagu ciptaan Ebiet ini sudah terbilang kawakan di negerinya. Mereka pernah mengiringi top artis Philipina berkaliber internasional seperti Freddy Aguilar. Sebagian besar dari lagu-lagu yang terdapat pada album ini merupakan hasil ciptaan Ebiet di tahun 1980, yang terlama adalah ''Camellia IV (1976)''. Ini membuktikan bahwa judul ''Camellia'' dalam empat serie itu bukanlah sekedar mengada ada. Ebiet sudah jauh sebelumnya menciptakan lagu-lagu dengan judul nama kekasihnya yang telah tiada itu, dan ''Camellia'' yang sekarang merupakan yang terakhir. Jelasnya, untuk rekaman-rekaman berikutnya (Insya Allah) akan menggunakan judul yang lain.
    Diharapkan, dengan pengalaman yang kedua kalinya rekaman di studio rekaman dengan musisi luar negeri yang sama, dapat mencapai hasil lebih sempurna lagi. Silahkan anda nilai sendiri !.
    Dua lagu di album ini yaitu ''Titip Rindu Buat Ayah'' dan ''Seberkas Cinta Yang Sirna'' sudah pernah di bawakan Ebiet dalam acara ''Telerama'' TVRI tahun 1980, diperkirakan akan menjadi hit !.
    Thema cinta nampaknya mendominir rekaman Ebiet yang ke empat ini dan di tandai pula oleh satu lagu dengan puisi terpendek ''Dua Menit Ini Mistery'' dan merupakan lagu ciptaannya yang terbaru (akhir 1980). Isi liriknya begitu mencekam, interprestasinya mungkin masih ada hubungannya dengan ''Camellia''...
    Hanya Ebiet yang tahu...

...

Puisi & Lagu - Ebiet G. Ade
Aransemen Musik - Billy JB & Ebiet G. Ade
Aransemen Musik/ Lagu ''Titip rindu buat Ayah'' oleh R. Tony Suwandi
Rec. Engineer - Edwin Luna

Album ini di rekam di Philipina yaitu di ''Cinema Audio'' Manila dan para pengiring musiknya pun dari negara Philipina dengan arahan dari Billy JB dan Ebiet sendiri


Tracklist:

Side A
01 Nyanyian rindu (buat pm, agustus, 1980)
02 Camellia IV (requim) (februari, 1976)
03 Titip rindu buat ayah (jakarta, juni 1979)
04 Nyanyian pendek buat anak manis berambut panjang (agustus 1980)
05 KepadaMU aku pasrah (yogyakarta, juli 1978)

Side B
01 Jakarta II (mei 1980)
02 Dua menit ini mistery (november 1980)
03 Doa sepasang petani muda (yogyakarta 1979- kemarau 14 bulan)
04 Seberkas cinta yang sirna (medio desember 1979)
05 Senandung jatuh cinta (buat pm, agustus 1980)


Salam...

No comments:

Post a Comment