Monday, September 14, 2015

Mata Dewa 1989 - Iwan Fals

Mata Dewa 1989 - Iwan Fals

Ini adalah rangkuman menurut yang pernah saya pibadi baca dari berbagai media dan artikel lama, jika ada yang ingin menambahkan, silahkan..

Setelah kontrak Iwan Fals dengan label Musica Studio's berakhir dan hanya menyisakan sisa satu album lagi di label tersebut (kelak akan menjadi album Antara Aku Kau Dan Bekas Pacarmu), label Airo Records berminat merekrut Iwan Fals dengan deal tawaran menggiurkan yang sulit untuk di tolak yaitu berupa kontrak album baru dan dilanjutkan dengan tour 100 kota di seluruh Indonesia, Iwan akhirnya setuju karena ini sesuatu yang baru dan belum pernah di tawarkan oleh label sebelumnya. Proses pembuatan album baru di label baru ini bukan tanpa beban, kesuksesan album sebelumnya berjudul 1910 ternyata membayangi dan sedikit banyaknya membawa tekanan bagi ia sendiri dalam membuat album berikutnya, apalagi materi lagu yang terkumpul saat itu masih sangat sedikit.

Terlepas berbagai masalah yang ada, album ini harus tetap rilis. Iwan Fals membuat formula lima lagu baru dan lima lagu lawas aransemen baru untuk mengatasi kekurangan materi tersebut. Di album ini ia kembali disandingkan bersama Ian Antono sebagai penata musik, saat itu ia baru saja keluar dari God Bless karena berbagai permasalahan intern, penggarapannya sendiri terhitung sangat pendek, hanya memakan waktu tiga pekan saja. Tanpa diduga album baru yang akhirnya di beri judul Mata Dewa ini meledak dipasaran bahkan melebihi album  sebelumnya berjudul 1910. Sistem penjualan album ini saat itu boleh dibilang berbeda, dengan sistem direct selling/ penjualan langsung kepada penggemar tanpa melewati distributor yang dianggap terlalu semena mena atas monopoli penjualan kaset, namun hanya bertahan sementara pada akhirnya album ini tetap melalui distributor juga dalam mendistribusikan album, karena label Airo ternyata kewalahan menerima respons peminat dan terkendala jangkauan penjualan jika dibandingkan distributor yang mampu mencakup seluruh negeri.

Perilisan album Mata Dewa telah selesai, dengan mengantongi izin maka di mulailah tour 100 kota di awal tahun 1989, rombongan segera bergerak ke kota Palembang tempat pelaksanaan pertama rangkaian konser 100 kota, namun harus kandas sebelum dimulai karena pihak berwajib/ Mabes Polri membatalkan izin konser tersebut dengan alasan keamanan yang di kirim via radiogram, pembatalan ini mungkin saja karena adanya kericuhan saat konser Iwan Fals sebelumnya di Parkir Timur Senayan 1988. Tim Promotor dan semua artis pendukung seperti Grass Rock dan Nicky Astria pun harus pulang kembali, Iwan Fals saat itu tentu saja sangat terpukul tetapi berusaha untuk tetap tegar dan melanjutkan ke kota kota yang dijadwalkan konser 100 kota sekedar untuk meminta maaf kepada penggemar dan memberitakan bahwa konser tidak jadi dilaksanakan.

Nah saat perjalanan meminta maaf ke kota kota yang dijadwalkan tersebut, Iwan Fals banyak berkomunikasi dengan Naniel, salah satu anggota rombongan konser sebagai wartawan koran sore Suara Pembaruan. Nantinya setelah di Jakarta mereka tetap aktif berkomunikasi, Naniel pun membawa Iwan Fals berkumpul bersama Sawung Jabo sahabatnya, inilah embrio dari band Swami yang melahirkan hits fenomenal seperti Bento dan Bongkar. Ternyata pembatalan tour 100 kota tersebut tidak selamanya membawa keburukan, bahkan di album Swami lagu lagu Iwan Fals terasa lebih mantap dan mengena, musiknya pun lebih kaya dengan adanya Sawung Jabo dan personil lainnya.

.....
Tentang album Mata Dewa ini sendiri, jika disimak suara Iwan Fals memang rock tulen, sangat berbeda jika dibandingkan dengan album sebelumnya bahkan yang juga bercorak rock. Menurut Ian Antono sendiri sebagai penata musiknya, garapan musiknya memang sedikit Heavy yang ditandai dengan dominasi distorsi gitar dan ketukan cepat. Liriknya yang bernuansa amarah memang pas dibalut dengan musik seperti ini, pesan yang diungkapkan lebih cepat tersampaikan. Selain Ian Antono di album ini juga di bantu barisan musisi berkemampuan super dibidangnya seperti Bagoes AA, Uce Haryono dan Heirrie Buchaery. Faktor utama lainnya sebagai pendukung yang tidak bisa di abaikan adalah moment perilisan album yang sangat tepat, saat suasana iklim musik rock sedang bagus bagusnya.

Sisi lain yang tidak bisa kita lupakan dari sebuah album musik adalah garapan cover album, karena ia bisa menaikkan  nilai dari album itu sendiri. Di album ini rancangan grafisnya sangat menarik, menampilkan sepasang mata menyala yang di ibaratkan sebagai mata dewa, di kerjakan oleh Kubis Graphic Design Studio dan Wikky Martakusumah. Pada cover bagian dalam juga terdapat foto Iwan Fals dengan gagahnya, kemudian disertakan juga foto Ian Antono selaku penata musik dan Setiawan Djody selaku eksekutif produser. Rilisan awal album ini juga menyertakan bonus poster Iwan Fals dalam ukuran ekstra besar.

Masa telah berlalu, tetapi karya akan abadi selamanya tak terbatas ruang dan waktu. Ini adalah jejak karya emas beliau yang bisa dinikmati sepanjang zaman, yang mungkin bisa lagi di lakukan ataupun dipatahkan oleh orang lain bahkan oleh pelakunya sendiri.


Berikut berbagai  versi rilisan album Mata Dewa

......................
CD MATA DEWA 1989 rilisan 2004

 
Album
: CD MATA DEWA
Artist: Iwan Fals
Kode: HPCD 0149
Label: HP Record, AIRO & Musica Studio's 
Tahun: 2004
Harga (saat rilis): tak tercantum





Untuk sound sangat di rekomendasikan yang versi ini, kualitas suaranya mantap dan jernih.



......................
CD MATA DEWA 1989 rilisan 1997

 
Album
: CD MATA DEWA
Artist: Iwan Fals
Kode: -
Label: AIRO & Suara Seruling Sakti
Tahun: 1997
Harga (saat rilis): 32.500,-







......................
CD MATA DEWA 1989 rilisan MALAYSIA press

 
Album
: CD MATA DEWA
Artist: Iwan Fals
Kode: RITMA 51357-62422
Label: Insistech Musicland SDN. BHD.
Tahun: 2004
Harga (saat rilis): RM 12,90







 ........................
Kaset MATA DEWA
Berbagai Versi Rilisan Tahun Terbit




- Pada baris atas  No. 1 dan 2 dari kiri merupakan terbitan pertama, ditandai dengan urutan pertama pada side A adalah lagu NONA, kemudian ciri lainnya adalah adanya tambahan selembar kartu ucapan terima kasih telah membeli album ini.

- No. 3 merupakan rilisan kedua, dengan lagu MATA DEWA telah dirubah menjadi urutan pertama di side A.

- No. 4 rilisan tahun 1997, AIRO bekerja sama dengan label SSS (Suara Seruling Sakti) merilis kembali dalam format Kaset beserta pertama kalinya dalam format CD.

- No. 5 versi hitam dengan perubahan total pada covernya, rilisan tahun 2000 kerja sama dengan HP record, Musica Studio's dan AIRO

- No. 6 rilisan tahun 2005, AIRO bekerja sama dengan label Lucky Music Records dengan memakai tambahan cover selonsong luar.

- No. 7 merupakan rilisa AIRO tahun 2004 covernya sedikit buram dan seperti bajakan, tetapi sound yang ada sangat bagus.

...................

Sahabat,
Terima kasih banyak atas kesediaannya
memiliki album terbaru saya
Seperti Mata Dewa
Mudah-mudahan tidak mengecewakan.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa
membalas budi baik anda

Salam
Iwan Fals


IAN ANTONO - GITAR
HEIRRIE BUCHAERY - BASS
UCE HARYONO - DRUMS
BAGOES A.A - KEYBOARD

Executive Producer - Setiawan Djody
Produced by - Airo Records
Album Production Coordinator - Sofyan Ali
Backing Vocal:
- Iwan Fals/ Ian Antono 'All Backing Vocal'
- Setiawan Djody on 'Mata Dewa'
Design - Kubis Graphic Design Studio
Album Cover - Wikky Martakusumah
Photography - Anton Susio/ Jay Sugilar

Tracklist:

01 Mata Dewa
     cipt. Iwan Fals/ Setiawan Djody
     backing vocal - Setiawan Djody
02 P.H.K
     cipt. Iwan Fals
03 Nona
     cipt. Iwan Fals
04 Air Mata Api
     cipt. Iwan Fals
05 Bakar
     cipt. Iwan Fals
06 Puing
     cipt. Iwan Fals
07 Berkacalah Jakarta
     cipt. Iwan Fals
08 Yang Terlupakan
     cipt. Iwan Fals
09 Perempuan Malam
     cipt. Iwan Fals
10 Pinggiran Kota Besar
     cipt. Iwan Fals


Salam...

2 comments:

  1. Terima kasih untuk ulasannya.
    Dulu sempat punya kasetnya. Album ini merupakan salah satu album bang Iwan favorit saya :)

    Apa bisa kasih rekomendasi dimana saya bisa mendapatkan CD original MATA DEWA 1989 rilisan 2004. Karena sudah cari kemana2 tidak pernah menemukannya.

    Semoga dapat pencerahan dari sini.
    Terima kasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sob, salam..
      iya salah satu album terbaik dari bang Iwan Fals..
      kalau kaset sepertinya sekarang masih mudah menemukannya..

      cd original mata dewa rilisan 2004 musica memang langka sekarang bang, terkadang ada yang menjualnya do olx cuma sedikit mahal, harus merogoh kocek agak dalam bang..

      Delete