Sunday, September 20, 2015

Swami 1 (Bento) - Iwan Fals & SWAMI (Airo Records 1990)

Swami 1 (Bento) - Iwan Fals & SWAMI (Airo Records 1990)

Album yang pernah di tolak oleh berbagai produser saat di ajukan sebagai demo album, ''Bagaimana cara kami menjual barang macam ini ?!!" begitulah kata para produser setelah mendengarkan demo album tersebut, menurut mereka materi lagu lagu didalamnya sama sekali tidak memiliki daya jual. Mereka tidak menyerah, setelah bolak balik mengajukan demo ke berbagai produser dan ditolak, akhirnya yang mau menerima demo album tersebut tidak lain adalah Setiawan Djody juga, pemilik label AIRO yang sebelumnya juga mengedarkan album Iwan Fals berjudul Mata Dewa. Demo album ini bisa dirilis tetapi dengan catatan tetap mengangkat nama Iwan Fals sebagai ujung tombak dan namanya tertera pada cover album. Setelah melalui berbagai rintangan dan permasalahan yang tidak sedikit akhirnya album Swami vol.1 Bento ini dirilis, diluar dugaan album yang semula dianggap tidak bakal laku ini justru mampu membuktikan sebaliknya, laku keras dipasaran bahkan label AIRO saat itu sampai kerepotan memenuhi permintaan para penyalur. Lagu Bento dan Bongkar pun segera melesat menjadi hits dimana mana.

Semua ini bermula saat tour 100 kota Iwan Fals yang batal dilaksanakan, sedianya konser ini bakal menyambangi 100 kota di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, sebuah proyek ambisius yang tidak pernah terfikirkan/ dilakukan oleh orang/ musisi lainnya pada saat itu. Semua persiapan telah matang, baik tim, musisi dan artis pendukung, wartawan dan seluruh perlengkapan lainnya seperti izin keramaian/ konser pun telah dikantongi. Berbekal izin tersebut tim bergerak ke kota Palembang sebagai rangkaian awal promo tour 100 kota, tapi apa daya sehari sebelum pelaksanaan konser di kota tersebut datanglah radiogram dari Mabes Polri yang berisi pembatalan izin tour 100 kota yang diterima tim AIRO selaku EO dengan alasan keamanan.

Dengan adanya radiogram pelarangan izin tour tersebut, mau tidak mau keseluruhan rangkaian acara tidak bisa dilaksanakan/ dilanjutkan, seluruh tim sangat terkejut dan kecewa, terlebih lagi hal itu dirasakan oleh Iwan Fals sebagai ujung tombak dalam kegiatan ini. Saat itu ia berusaha tegar dan memutuskan untuk tetap menyambangi setiap kota di Sumatera yang sedianya akan digelar tour 100 kota, sekedar untuk menyampaikan permintaan maaf dan pembatalan itu bukan berasal dari dirinya pribadi. Selama diperjalanan Iwan ditemani oleh beberapa panitia, promotor dan wartawan, salah satunya adalah Naniel sahabatnya yang tercatat sebagai anggota rombongan wartawan peliput dari majalah Suara Pembaruan. Nah bersama Naniel selama dua minggu diperjalanan inilah Iwan Fals banyak melakukan komunikasi, diskusi bahkan menulis lirik dan menyanyikannya bersama, beberapa lagu diantaranya ada yang tidak sempat direkam. Singkatnya, setelah sampai di Jakarta mereka semakin sering bertemu dan menggubah lirik, tak berhenti disitu saja Iwan Fals kemudian mengajak Naniel kerumah Sawung Jabo di Pasar Minggu untuk sekedar menambah teman berbagi, ternyata gayung bersambut, mereka semakin bersemangat bernyanyi dan menggubah lirik. Ini merupakan embrio awal dari Swami.

Pada perkembangan selanjutnya, setelah materi lagu dirasa cukup mereka kemudian latihan intensif ditambah Nanoe (Bass), Innisisri (Drum) Jerry Soedianto (Gitar) dan Tatas (Keyboard), atas kesepakatan bersama berdasarkan usul dari Sawung Jabo mereka menamai group tersebut sebagai Swami yang sebenarnya bermakna sederhana yaitu group musiknya para lelaki yang telah berstatus suami suami hehe..

Keseluruhan materi album ini dibuat dalam tahun 1989 dan lagu Bongkar merupakan lagu terakhir yang selesai disempurnakan pada bulan Desember 1989, hal itu dikarenakan ada beberapa kalimat dalam lirik lagu tersebut yang rasanya perlu di revisi atas saran dari Sawung Jabo, sebab menyinggung beberapa nama tempat pelanggaran HAM berat seperti Way Jepara, Kedung Ombo dan Kaca Piring. Sawung Jabo sendirilah yang bertugas merevisi lirik karya Iwan Fals tersebut, tidak merubah esensi lagu didalamnya namun maknanya menjadi lebih universal, jika tetap dipaksakan lirik versi awal tersebut, dikhawatirkan akan mengganggu atau bahkan membuat album tersebut batal rilis dan hasilnya adalah lagu Bongkar yang kita kenal saat ini. Bulan Januari 1990 album ini diproses mixing dan mastering, proses desain cover dan terakhir launcing peluncuran album secara resmi di Topaz Cafe, Jakarta Barat pada tanggal 8 Februari 1990.

Untuk ulasan tentang Swami ini dalam versi lengkapnya, silahkan baca saja di rubrik kolom RS. Classic majalah Rolling Stone edisi Januari 2010, salah satu personel dari Swami yaitu Naniel menceritakan semuanya dengan judul artikel ''Catatan kelahiran, hidup dan akhir perjalanan Swami''.

NOTE: Ada beberapa versi rilisan dari album Swami ini dalam format kaset, menurut yang admin ketahui ada sekitar empat versi yaitu versi rilisan awal tahun 1990, kemudian dirilis ulang pada tahun 1997 oleh label Airo bekerja sama dengan label Boulevard dan Suara Seruling Sakti beserta rilisan format CD untuk pertama kalinya dan ada perbedaan pada desain covernya dari versi awal. Selanjutnya pada tahun 2004 Airo Record merilis kembali dengan perombakan total pada desain dalamnya, pada periode ini juga dirilis format CD untuk kedua kalinya dengan sound yang lebih jernih dari versi rilisan 1997. Rilisan terakhir dalam bentuk kaset tercatat merupakan terbitan AIRO Record bekerja sama dengan RPM, kali ini desain lebih mirip dengan rilisan awalnya namun dengan tulisan Iwan Fals yang lebih jelas. Pada era tahun 1999 album ini juga sempat dirilis oleh AIRO bekerja sama dengan label HP Record dan Musica Studio's memiliki kemasan cover serba hitam bergambar kawat berduri pada tepiannya, secara lengkap akan dibahas pada postingan mendatang.


Berikut berbagai versi rilisan album SWAMI I


......................
CD SWAMI I (BENTO) rilisan 2004

Album: CD SWAMI I
Artist: SWAMI
Kode: HPCD 0151
Label: HP Record, AIRO & Musica Studio's 
Tahun: 2004
Harga (saat rilis): tak tercantum






......................
CD SWAMI I (BENTO) rilisan 1997

Album: CD SWAMI I
Artist: SWAMI
Kode: - 
Label: AIRO, Boulevard & Suara Seruling Sakti
Tahun: 1997
Harga (saat rilis): 32.500,- 






......................
CD SWAMI 1 rilisan MALAYSIA press

Album: CD SWAMI I
Artist: Swami
Kode: RITMA 51357-62322
Label: Insistech Musicland SDN. BHD.
Tahun: 2004
Harga (saat rilis): RM 12,90






......................
Kaset SWAMI I (BENTO) rilisan awal 1990

Album: SWAMI I
Artist: SWAMI
Kode: -
Label: AIRO Record
Tahun: 1990
Harga (saat rilis): tak tercantum










......................
Kaset SWAMI I (BENTO) rilisan 1997

Album: SWAMI I
Artist: SWAMI
Kode: BI-37
Label: AIRO, Boulevard & SSS
Tahun: 1997
Harga (saat rilis): 6.000,-










......................
Kaset SWAMI I (BENTO) rilisan 2004

Album: SWAMI I
Artist: SWAMI
Kode: -
Label: AIRO Record
Tahun: 2004
Harga (saat rilis): 15.000,-










......................
Kaset SWAMI I (BENTO) rilisan 2005

Album: SWAMI I
Artist: SWAMI
Kode: RPM-0016
Label: AIRO Record & RPM
Tahun: 2005
Harga (saat rilis): 18.000,-










............
Produser Eksekutif - S. Djody
Produksi - Airo Swadaya Stupa Record

SWAMI
Iwan Fals - Gitar Akustik, Harmonika, Nyanyi & Ko'or
Sawung Jabo -  Gitar Akustik, Nyanyi & Ko'or
Naniel - Flute, Rekorder, Nyanyi, Koor
Nanoe - Bass, Ko'or
Innisisri - Drum, Perkusi, Ko'or
Bintang Tamu:
Tatas - Keyboard, Piano, Ko'or
Jerry - Gitar Listrik, Ko'or
Susan, Yos, Nini - Ko'or pada lagu Cinta dan Oh ya..
Mixed - Rudra dan SWAMI
Semua lagu oleh Swami, kecuali ''Bunga Trotoar'' ide lagu - Setiawan Djody
Ucapan terima kasih:
Para Istri dan anak anak di rumah, S. Djody, WS. Rendra, Rudra, Bengkel teater, Gin Studio Staff, One Fell Studio, Juned

Separasi warna & system - Reprindo Warna Indah
Graphic Design - WAW Production

Tracklist:
01 BENTO (Live version) (condet, april 1989)
Lirik - Iwan Fals/ Naniel

02 Bongkar (gin studio, desember 1989)
Lirik - Iwan Fals/ Sawung Jabo

03 Badut (klender, april 1989)
 Lirik - Iwan Fals/ Sawung Jabo/ Naniel

04 Eseks eseks udug udug (Nyanyian ujung gang) (klender, april 1989)
Lirik - Iwan Fals/ Sawung Jabo/ Naniel

05 Potret (condet, april 1989)
Lirik - Iwan Fals/ Sawung Jabo/ Naniel

06 Bunga trotoar (one feel studio, april 1989)
Ide lagu - Setiawan Djody
Lirik - Iwan Fals/ Sawung Jabo/ Naniel

07 Oh ya.. (pasar minggu, april 1989)
Lirik - Iwan Fals/ Sawung Jabo/ Naniel

08 Condet (condet, april 1989)
Lirik - Iwan Fals/ Naniel

09 Perjalanan waktu (pasar minggu, april 1989)
Lirik - Iwan Fals/ Sawung Jabo/ Naniel

10 Cinta (pasar minggu, april 1989)
Lirik - Iwan Fals/ Sawung Jabo/ Naniel


Salam...

4 comments:

  1. Sangat bermanfaat.. Salam dari saya anak salah satu gitaris yang pernah terlibat dengan para musisi hebat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sangat tersanjung saya bang...
      terimakasih sudi mampir ke blog sederhana ini,

      Iya om Jerry Soedianto memang legendaris, karyanya tetap hidup sepanjang masa bang.
      terima kasih.

      Delete
  2. Sempat punya kaset SWAMI rilisan 1 namun ilang,, tapi kini aku punya lagi kasetnya rilisan 2004..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap bang..
      justru yang rilisan awal untuk saat ini kualitas audionya jelek.
      rilisan 2004 malah sangat bagus audionya, jernih banget.

      salam.

      Delete