Saturday, October 17, 2015

Belum Ada Judul - Iwan Fals 1992

Belum Ada Judul - Iwan Fals 1992

Album ini awalnya hanyalah niat dari Iwan Fals untuk mendokumentasikan lagu lagu baru yang dia ciptakan dengan tujuan, agar tidak lupa jika suatu saat ingin di rilis (Iwan boleh dikata sangat pelupa, sehingga wajar jika ingin mendokumentasikan setiap lagunya), dengan kata lain ini adalah sebagai stok lagu saja.. Pada masa sebelum ini Iwan juga sibuk berkolaborasi dengan Swami & Kantata yang kebanyakan materi lagunya bukan ciptaan dia sendiri atau lagu lebih kepada materi yang dibuat bersama sama, walaupun ada album solo Cikal, stok lagu Iwan masih sangat banyak dan entah kapan dirilis dalam bentuk album.

Masa masa ini juga periode sibuk, group Hijau juga sudah workshop untuk mematangkan materi lagu lagu yang bakal direkam nantinya. Pada suatu waktu Iwan Fals di temani oleh seorang operator berniat untuk merekam stok lagu lagu yang ia ciptakan tersebut. Singkatnya setelah proses perekaman selesai dengan hanya memakan satu malam saja, bermodal gitar akustik dan harmonika, di perdengarkanlah rekaman lagu tersebut dan kebetulan di dengar juga oleh Hadoko pemilik label Harpa Records dan menanyakan punya siapakah lagu lagu ini, ketika mengetahui belum ada yang memiliki, Handoko berminat membelinya dengan harga yang fantastis, kisaran 200 juta, Iwan dan operator tersebut terkejut dan tanpa fikir panjang kemudian mengiyakan. Dengan sistem jual putus, lagu lagu yang awalnya di rekam dengan tujuan mendokumentasikan saja akhirnya dirilis menjadi album BELUM ADA JUDUL ini tak disangka meledak di pasaran, banyak lagu lagu di dalamnya menjadi hits abadi dan telah berulang kali di cetak ulang sebagai album maupun berbentuk kompilasi.


Berbagai versi rilisan album BELUM ADA JUDUL

...................... 
CD BELUM ADA JUDUL rilisan 2008 (kemasan digipack)

Album: Belum Ada Judul
Artist: Iwan Fals
Kode: BMCD 0956
Label: Bravo Musik & SKI Records
Tahun: 2008
Harga (saat rilis): 35.000,-






 ...................... 
CD BELUM ADA JUDUL rilisan 2013 (kemasan mika)

Album: Belum Ada Judul
Artist: Iwan Fals
Kode: BMCD 0956
Label: Bravo Musik &SKI Records
Tahun: 2013
Harga (saat rilis): 35.000,-







........................
Kaset BELUM ADA JUDUL rilisan berbagai versi



Keterangan untuk format kaset:
Banyak sekali bentuk atau versi lainnya dari album Belum Ada Judul ini, diantaranya yang saya pribadi miliki hanya 6 jenis ini saja:

- No. 1 (paling kiri atas) adalah rilisan pertama oleh Harpa Records dan SKI Records dengan cover dominan putih

-No. 2 merupakan rilisan kedua pada tahun yang sama, label merubah covernya menjadi hitam dan gambar wajah Iwan Fals menjadi full di cover, strategi pemasaran mungkin saja..

- No. 3 rilisan tahun 2000an, masih sama dengan versi hitam tetapi tulisan '92' di atasnya di hilangkan, dan tanpa tulisan teks lagu pada bagian dalam.

- No. 4 adalah rilisan tahun 1997, masih oleh SKI Records tetapi bekerja sama dengan BOULEVARD Indonesia dan Suara Seruling Sakti sebagai penyalur, cover mengalami perubahan total dengan tampilan baru.

- No. 5 rilisan tahun 1998, Harpa Records bekerja sama dengan Musica Studio's untuk merilis album ini, dengan cover baru tetapi tetap memakai versi pertama sebagai sampulnya, tulisan '92' juga dihilangkan

- No.6, rilisan tahun 2002 oleh label Virgo Ramayana Records dan Mustika Records, label yang tercatat sangat jarang merilis album Iwan Fals.

......................
Prakata...

Sebagai bagian dari penyaksi
Perjalanan Iwan Fals,
Memiliki sebuah kerinduan terhadap bentuk kesederhanaan yang mendalam
Ternyata kerinduan semacam itu di tangkap pula oleh Iwan,
Dan menjawabnya dengan sebuah karya yang tanpa reka

FB
Fajar Budiman

Tracklist:
01 Belum ada judul cipt. Iwan Fals
02 Besar & kecil cipt. Iwan Fals & Naniel
03 Ia atau tidak cipt. Iwan Fals
04 Mereka ada dijalan cipt. Iwan Fals
05 Potret cipt. Iwan Fals
06 Dimata air tidak ada air mata cipt. Iwan Fals
07 Ikrar cipt. Iwan Fals & Naniel
08 Aku disini cipt. Iwan Fals
09 Mencetak sawah cipt. Iwan Fals & Fajar Budiman
10 Panggilan dari gunung cipt. Iwan Fals
11 Coretan dinding cipt. Iwan Fals & Mahesa Ibrahim



Salam...

No comments:

Post a Comment