Thursday, October 1, 2015

CD Cermin - Godbless (new released Log Music 2015)

CD Cermin - Godbless (new released Log Music 2015)

Album: CERMIN
Artist: GODBLESS
Kode: LM 001
Label: LOG MUSIC
Tahun: 2015
Harga (saat rilis): 75.000,-




Senang rasanya jika album legendaris seperti ini dirilis kembali secara resmi, bukan bootleg, bukan bajakan, salah satu album terbaiknya God Bless, album yang melampaui jamannya ini untuk format pita kasetnya saja melebihi setengah juta rupiah, di sebabkan berbagai faktor, selain nilai artistiknya tentu saja karena kelangkaan album tersebut.

Desain cover untuk CD Cermin ini dirunut berdasarkan cover album Cermin rilisan kedua oleh label Billboard atas prakasa Log Zhelebour kisaran tahun 1987, album Cermin ini telah beberapa kali di rilis ulang dalam format kaset dan dengan bentuk cover album yang  berbeda-beda pula, bentuk yang paling baku adalah rilisan awal label JC Records.

Album ini sendiri sangat menomor satukan idealisme dalam bermusik yang sedang giat mereka perjuangkan, mulai dari lirik kemudian aransemen musiknya yang tak biasa, cenderung rumit dan membutuhkan skill tinggi dalam memainkannya, dengar saja lagu ''Musisi, Anak Adam, Cermin'' wah ga faham deh orang awam seperti saya memainkan chordnya seperti apa, ini juga sebagai bentuk perlawanan kala itu terhadap dominasi musik pop yang bertema cinta secara dangkal. Tetapi mungkin publik saat tidak siap atau tidak mengerti sehingga berakibat pada penjualan album menjadi jeblok, sebuah warna yang sangat berbeda di tawarkan kala itu. Selain selera publik, satu lagi faktor terpenting adalah promosi album yang sangat kurang, dua hal ini adalah kolaborasi maut yang mampu menjadikan album Cermin menjadi terkubur untuk beberapa lama. Namun untuk masa sekarang album ini diakui kehebatannya, melampaui jamannya dan sekeping kaset album Cermin rilisan awal harganya telah melambung tinggi dan jadi buruan kolektor kelas wahid.

Setelah menikmati album ini, untuk sound tergolong lumayan, jika dibandingkan dengan album God Bless dibawah naungan label Logiss Records bisa dipastikan tidak sepadan soundnya, mungkin karena berbagai sebab/ faktor seperti tidak terjaganya dengan baik master asli album tersebut dari masa kemasa sebelum dibeli oleh Log Zhelebour.

Yang sedikit mengejutkan adalah ketika mendengarkan lagu ''Musisi'' kok sepertinya terasa familiar ya, setelah tak berapa lama baru tersadar, lho ini kan versi The Story Of tahun 1990, apa karena kesalahan entry lagu atau memang lagu Musisi yang asli tidak ada back up??. Rasanya karena terburu buru saja tanpa di cek secara detail sebelum proses pra cetak. Semoga segera di perbaiki oleh label tersebut dimasa mendatang.

ACHMAD ALBAR - Vocalist
IAN ANTONO - Guitar
DONNY FATTAH - Bass
TEDDY SUJAYA - Drums & Percussion
ABADI SOESMAN - Keyboards














Tracklist:
01 Cermin
     Cipt. Donny Fattah
02 Selamat Pagi Indonesia
     Cipt Donny Fattah/ Theodore KS
03 Musisi
     Cipt. Donny Fattah/ Theodore KS
04 Balada Sejuta Wajah
     Cipt. Ian Antono/ Theodore KS
05 Sodom & Gomorah
     Cipt. Ian Antono
06 Anak Adam
     Cipt. Benny & Donny
07 Insan Sesat
     Cipt. Abadi Soesman
08 Ingat
     Cipt. Donny Fattah
09 Tuan Tanah
     Cipt. Ian Antono

Salam...

No comments:

Post a Comment