Sunday, October 4, 2015

Isyu (Musica version) - Ebiet G. Ade

Isyu (Musica version) - Ebiet G. Ade

Album ke sembilan, kisaran tahun 1987an, dan album terakhir di Jackson Records dikarenakan label tersebut memutuskan untuk menutupnya, setelah periode ini Ebiet membuat label dan lebih banyak  memproduseri sendiri untuk semua album albumnya..
Setelah menyimak keseluruhan album, masih seperti dulu, tetapi di tambah dengan aroma ''New Wave (sebuah aliran musik rock + musik elektronik dan eksperimental) '' pada beberapa lagu. Seperti pada lagu Isyu dan Orang orang terkucil yang sangat terasa sekali musik elektroniknya, selebihnya tidak terlalu kentara seperti pada lagu Hemat Cintamu, masih terasa ngEbiet banget. Untuk urusan Arangger musiknya kembali di tangani oleh Billy JB yang sedang terkena demam musik elektronik, sehingga pada album ini di cobalah eksperimen tersebut sedikit keluar dari jalurnya, asik untuk disimak terbukti pada album ini semua lagunya tetap enak dinikmati..

Album ini di rilis ulang oleh Musica kisaran tahun 1994 dan tahun 2000an (memakai cover selonsong luar), kualitas sound sudah sangat bagus, berharap lagi dirilis dalam bentuk CD (di negara Malaysia malah sudah rilis tahun 2006)...

Untuk rilisan Musica ini, versi rilisan tahun 2000 belum di temukan. 

.............................. 
RILISAN 1994

Album: Isyu
Artist: Ebiet G. Ade 
Kode: MSC 7929
Label: Musica Studio's
Tahun: 1994
Harga (saat rilis): 5.000,-








......................................

PRAKATA

Kehadiran Ebiet G. Ade dalam khazanah musik Indonesia sejak tahun 1978 dengan ciri 'Musikalisasi Puisi' mampu menyerap perhatian dari segenap lapisan masyarakat di bumi pertiwi. Gemanya bahkan sampai ke negara-negara tetangga. Hal ini menjadi tantangan bagi Ebiet untuk kembali menampilkan karya cipta puisi dan lagu.
Jumlah lagu yang disajikan pada album ke-9 ini berjumlah 9, dan secara kebetulan dirampungkan pada bulan ke-9, sedangkan biasanya genap 10 lagu. Hal ini bukan berarti kehabisan ide, akan tetapi variasi susunan lagu untuk memenuhi album ini, memang lebih tepat demikian agar tidak merusak keutuhan.
89 lagu sudah dirampungkan oleh Ebiet, dari tahun ketahun kehadirannya ditunggu. Menimba pengalaman  dengan rekaman di Philipina dan Amerika. Menyelaraskan karya cipta lagunya dengan dukungan arranger musik Billy J. Budiarjo yang tahu persis cara meramu musiknya. Pada album itu diwarnai 'New Wave' sebagai sisipan pada beberapa lagu, namun demikian ciri khasnya tetap mandiri.
Memacu prestasi bukanlah hal yang mudah. Ia harus didukung oleh motivasi yang kuat, tegar dan mandiri. Musik yang berbobot, komunikatif dan laris adalah sebuah pengabdian pada masyarakat, artis dan industri musik Indonesia.
''Dan kami sadar bagaimana harus memperdagangkan karya seni dengan wajar. Penghargaan-penghargaan yang kami peroleh memang menjadi kebanggaan tapi sekaligus cambuk untuk menciptakan karya-karya yang dicintai masyarakat''.
BASF AWARD yang diterima oleh Ebiet G. Ade tahun 1985 dan tahun 1986 atas prestasinya pada album ke 7 ''TOKOH-TOKOH'' dan ke 8 ''ZAMAN'' secara berturut-turut, merupakan sebagian dari tanda penghargaan yang telah diperolehnya sebagai simbol masih terus di terimanya kehadiran Ebiet oleh masyarakat luas untuk terus berkarya.
Semoga album ini bisa memperkokoh eksistensinya...


MUSISI:
Billy JB - Music arranger, keyboards, guitars, roland drum programs
Raidy Noor - Bass
Yap Cie Kian, Suryati Supilin, Edo B, Wachid A -  String
Zulkifly A - Cello
Irsan, Billy JB - Recording Engineer
Jackson Recording Studio - Recording studio
Alpha One - Duplicating

Tracklist:

Side A
01 Orang orang terkucil (jakarta, 1986)
02 Selingkuh (jakarta, 1986)
03 Cinta sebening embun (jakarta, 1986)
04 Isyu (jakarta, 1986)
05 Opera tukang beca (jakarta, 1986)

Side B
01 Instrumental lagu ''Orang orang terkucil''
02 Kesaksian anak sampah (jakarta, 1986)
03 Potret anak harapan (jakarta, 1986 - balada orang orang tergusur)
04 Kita hanya bidak bidak catur (jakarta, 1986)
05 Hemat cintamu (jakarta, 1986)


Salam...

No comments:

Post a Comment