Monday, November 9, 2015

Anak Wayang - Iwan Fals & Sawung Jabo (1994)

Anak Wayang - Iwan Fals & Sawung Jabo (1994)

Setelah merilis album Dalbo di tahun 1993 Iwan Fals kembali bekerja sama dengan Sawung Jabo untuk membuat album, bukan format group band seperti biasanya tetapi dengan format duo/ hanya mereka berdua saja, di rilis di tahun 1994 dan menghasilkan enam lagu, mereka berbagi porsi bernyanyi yaitu dua lagu duet dan dua lagu yang dinyanyikan oleh masing masing. Sepertinya di album ini semua liriknya di ciptakan oleh Sawung Jabo, kecuali lagu ''Nasib Nyamuk'' oleh Iwan Fals. Tak ada keterangan tambahan di album ini seperti para musisi pendukung pada cover album ini, baik pada rilisan pertama maupun berikutnya (atau memang hanya mereka berdua saja yang mengerjakan dan memainkan alat musik secara keseluruhan).

Lagu lagu di dalamnya menurut saya pribadi sangat bagus, berisi dominasi duet gitar akustik antara Iwan Fals dan Jabo. Favorit pribadi di album ini jatuh kepada lagu Jogja dan Telaga dan Bencana, lagu yang di mainkan Jabo ini memiliki lirik kuat di balut dengan musik berformat akustik ballad yang berasal dari dentingan gitar yang dimainkan sendiri oleh Jabo.

Rancangan grafis pada album ini sangat artistik sekali, digarap oleh Dik Doank dengan cover depan menampilkan wajah Iwan Fals dan Jabo dalam bentuk siluet, ditambah dengan gambar alat musik tradisi pada cover luar maupun dalam sebagai simbol ketertarikan mereka terutama Sawung Jabo atas kesenian tradisi nusantara. Semua rancangan ini hanya bisa dinikmati pada rilisan pertama, karena pada rilisan berikutnya di tahun 2004, semuanya telah dipangkas habis tanpa memperhitungkan estetika di dalamnya. Semoga di lain masa jika album ini ataupun album musik lainnya akan di rilis ulang, hendaknya tetap memikirkan keindahan/ estetika yang ada di album tersebut, bukan hanya sekedar berorientasi uang semata.

...................... 
CD ANAK WAYANG rilisan 2004

Album: ANAK WAYANG
Artist: Iwan Fals &Sawung Jabo
Kode: CD 005
Label: RPM Records & KHARISMA SWARA INDOPERSADA
Tahun: 2004
Harga (saat rilis): 30.000,-









Untuk kualitas audio album ini sangat bagus, hanya saja memang seperti terlihat diatas, artwork cover tidak dikerjakan dengan baik, hanya seadanya sajas terkesan seperti terburu buru, memakai selembar kertas yang sangat tipis seperti rilisan bajakan. Padahal album ini desain covernya sangat artistik sekali.

Tiga album Iwan Fals Dkk rilisan ulang RPM Records (Cikal, Dalbo, Anak Wayang) semuanya memiliki cover dalam yang di pangkas seperti ini.

 ........................
Kaset ANAK WAYANG rilisan berbagai versi









Hanya ada dua versi rilisan kaset untuk album Anak Wayang ini, yaitu rilisan awal (kiri) side A dan side B di isi dengan enam lagu yang sama dan rilisan 2004 (kanan) lagu didalamnya telah dibagi yaitu masing masing tiga lagu side A dan side B, bersama rilisan kaset ini juga dirilis format CD untuk pertama kalinya, kelemahannya ada pada desain artworknya yang telah dipangkas, mungkin mengurangi efisiensi pemakaian kertas.


Executive producer - PT. Kharisma Swara Indopersada
Produser - Sawung Jabo & Iwan Fals
Special thanks to - Bpk. Albert A. Razak, Bpk. Fender, Firdaus (Hai)
Studio - Gin's Studio
Design graphic - Dik Doank

Tracklist:
01 Lingkaran aku cinta padamu
02 Dihatimu aku berlindung
03 Anak wayang
04 Nasib nyamuk
05 Jogja
06 Telaga dan bencana


Salam...

No comments:

Post a Comment