Monday, April 11, 2016

CD Camellia 1 - Ebiet G. Ade (Malaysia Press 2006)

CD Camellia 1 - Ebiet G. Ade (Malaysia Press 2006)

Album: Camellia 1
Artist: Ebiet G. Ade
Kode: MVMS 102 CD
Label: Music Valley Sdn. Bhd.
Tahun: 2006
Harga (saat rilis): RM 16.90

Album pertama Ebiet G. Ade yang rilis sekitar tahun 1979 dibawah label Jackson Records & Tapes, namun pada tahun 1986 label tersebut tidak beroperasi lagi, semua masternya sepertinya dipindahkan kepada label Musica Studio's.
Pada tahun 1993 Musica merilis album Ebiet ini dari volume 1 (Camellia 1) sampai dengan volume 12 (Seraut Wajah) dengan cover diseragamkan menjadi dominan putih, istilahnya reissued kembali dengan penambahan kata kata ''Digital Remastering'' dengan tujuan agar sound lebih mantap dari sebelumnya. Terakhir Musica merilis series ini pada tahun 2000an, semuanya sama dominan putih sama dengan rilisan 1993 namun dengan penambahan cover selonsong pembungkus luar dan font tulisan agak sedikit berbeda, namun secara keseluruhan sama.
Label Malaysia, Music Valley pun pada tahun 2006 berminat merilis album Ebiet G. Ade ini dengan mengambil lisensi dari Musica Studio's. Bisa difahami, sebab penggemar Ebiet di negeri Jiran tersebut juga sangat banyak, bahkan sampai pula ke negara Brunei dan juga Singapura. Dirilis persis sama dengan versi reissued Musica ''Digital Remastering'' namun ada sedikit perbedaan, jika di Indonesia hanya versi kasetnya saja DISINI , maka di Malaysia di rilis dalam bentuk kaset dan juga format CDnya.
Nah versi CD inilah yang sangat rare sekarang, karena di negeri ini pun album ini belum pernah dirilis dalam format CD, sementara di negeri tetangga telah dirilis sejak tahun 2006. Apalagi semakin kesini format rilisan fisik sungguh sungguh sangat menyedihkan nasibnya, hanya segelintir orang saja yang membelinya, semakin jauh saja rasanya berharap album album favorit dirilis kembali di negeri ini. Toko musik banyak yang kolaps, label malas merilis kembali dan musisi pun bingung kemana mau mendistribusikan album albumnya.

Untuk sound sangat mantap, di convert ke format MP3 dan album aslinya disimpan sebagai jimat hehe..








....................................
P. 2006 PT. MUSICA STUDIO'S
C. 2006 MUSIC VALLEY SDN. BHD. (188675D)
11-15, Jalan 5/91, Taman Shamelin Perkasa, 56100 Cheras, Kuala Lumpur.
Tel: 03-92005724, 03-92852149 (10 Lines)
Fax: 03-92871393/ 92817158
Cetakan: Audio Art Press Sdn. Bhd. (224773-M)
81, Jalan Hujan Emas 8, Taman Over Seas Union, 58200 Kuala Lumpur

*syair dan lagu oleh EBIET G. ADE

DIGITAL REMASTERING
FROM ORIGINAL MASTER TAPES


..............

Prakata:

   Ebiet G. Ade lahir pada 21 April 1955 di Wonodadi sebuah desa dikawasan Banyumas yang letaknya 12 Km dari Banjarnegara, sekarang menetap di Jakarta.
   Jelas apa yang ingin dijangkau Ebiet lewat album perdananya ini tiada lain adalah komunikasi dalam kemanusiaan dan keindahan. Sungguh karya musik dan sekaligus lirik-lirik yang di ciptakannya memiliki sesuatu energi segar bagi pembaharuan dan kemajuan blantika musik tanah air kita.
   'Tak ada jalur definitif dalam warna musik saya ! Terserah saja mau dimasukkan dalam jenis apa musik garapan saya ini' demikian kata Ebiet. Sebab begitulah kadang-kadang pencipta lagu tak tahu masuk jenis apa atau jalur mana karya ciptaannya itu. Yang cukup bisa di fahami adalah bahwa Ebiet mecoba menyodorkan konsep musikalisasi pusis yang serba komplit dalam penggarapannya.
   Secara polos Ebiet menerangkan bahwa pada awalnya ia lebih tertarik dengan bidang puisi. Dan baru kemudian ia menganggap bahwa puisi akan terasa lebih terasa komunikatif serta berdaya jangkau luas kalau dimusikalisasikan. Untuk pertama kalinya ditahun 1974 Ebiet mencoba muncul untuk menyanyikan puisi karya ''Emha Ainun Nadjib'' berjudul ''Kubakar Cintaku''
   ''Saya tidak mau disebut sebagai penyanyi!'' begitu ucap Ebiet. ''Saya punya cita-cita untuk skses sebagai penyair yang senang musik dan nyanyi'' katanya menegaskan. Ketika diadakan pertemuan para seniman di Yogyakarta, Ebiet muncul dengan menyanyikan sebuah lagu yang mengambil lirik dari puisi karya penyair Amerika terkemuka Emily Dickinson.
   Kota-kota yang pernah menjadi pertunjukkan solonya antara lain Yogyakarta, Pekalongan dan Surabaya. Ebiet yang bersahabat  dengan tokoh musik terkemuka Leo Kristi dikatakan sebagai memiliki suara mirip Jose Feliciano. 'Dia bukan penyanyi favorit saya, kalau benar suara saya mirip Jose Feliciano hal itu hanya sebagai kebetulan saja' ucap Ebiet. Lantas musisi mana yang menjadi idolanya? 'Mereka yang saya senangi adalah Bob Dylan, John Denver dan Joan Baez!'
   Musik yang diciptakan Ebiet melalui lagu-lagunya terasa memiliki warna country modern, sekalipun disana sini terlihat juga unsur pop, rock, boogie, folk sampai kesentuhan klasik juga ia munculkan. Ebiet pernah ikut kursus gitar dengan tokoh kenamaan Kusbini.
   Disini Ebiet memainkan gitar akustik dan harmonika. Thema keimanan berusaha ditonjolkan Ebiet dalam banyak puisi dan lagu-lagunya. 'Itulah sebabnya saya sangat terkesan oleh sastrawan penyair Subagyo Sastrowardoyo. Karya-karya puisinya mengungkapkan hubungan dengan ketuhanan. Dan secara jujur saya pernah mengalami keresahan dalam menilai ketuhanan ini. Tapi semakin saya jauh terasa semakin hampa, dan akhirnya saya kembali meyakini keimanan yang semakin mantap !' ucap Ebiet yang muslim itu.
   Itulah sekelumit tentang Ebiet yang memiliki kemampuan besar untuk maju dan memajukan dunia musik pop Indonesia yang mulai nampak cerah dan menaik dalam cita rasa. Dan karya album perdana-nya ini memiliki momentum yang cukup meyakinkan.


Syair & Lagu - Ebiet G. Ade

Para Pendukung Musik:
Billy JB - Music Director, Electric Guitar, Bass Guitar, Accoustic Guitar, Mellotron
Dodo - Accoustic Piano, String/ Mellotron, Synthesizer
Opop - Drums
Ebiet G. Ade - Accoustic Guitar, Harmonica
Suryati Supilin - Biola
Zulkifly - Cello
Sutanto - Flute
Rully - Recording Engineering


 Tracklist:

01 Lagu Untuk Sebuah Nama
(yogyakarta, nov 1977)
02 Camellia I
(oktober 1976)
03 Pesta
(yogyakarta, 1978)
04 Nasehat Pengemis Untuk Istri Dan Doa Untuk Hari Esok Mereka
(yogyakarta, 1977)
05 Dia Lelaki Ilham Dari Sorga
(yogyakarta, 30 sept 1978)
06 Jakarta I
(20 oktober 1978)
07 Hidup I
(februari 1977)
08 Hidup II
(yogyakarta, februari 1977)
09 Berjalan Di Hutan Cemara
(desember 1977)
10 Episode Cinta Yang Hilang (yogyakarta, desember 1978)



Salam...

2 comments:

  1. harap cd beliau dari vol1~12 akan dirilis dalam format yang lebih berkualiti dan sound yang mantap...

    ReplyDelete
  2. iya semoga saja begitu pak cik, agar kita semua memilikinya dan tak rare lagi dan juga harga terjangkau..

    ReplyDelete