Monday, May 23, 2016

Rekaman di Radio EH 8 ITB Bandung - Iwan Fals (1978)

Rekaman di Radio EH 8 ITB Bandung - Iwan Fals (1978)

Album: Rekaman di Radio EH 8 ITB Bandung
Artist: Iwan Fal's
Kode: -
Label: -
Tahun: 1978
Harga (saat rilis): -

Sebenarnya album ini tidak ada rilisan resminya atau istilahnya di edarkan oleh label besar, hanya di rilis dalam jumlah terbatas dan edar untuk kalangan sendiri, di rekam hanya dengan alat sederhana memakai peralatan radio kampus milik mahasiswa PKM ITB Bandung kemudian dicetak dalam bentuk terbatas hanya untuk kalangan mahasiswa sendiri sekitaran tahun 1978 memakai nama Iwan Fal's pada covernya saat masih berumur 17 an tahun dan belum merilis album apapun, boleh dibilang ini adalah album pertamanya yang dirilis dengan motif iseng saja. Modal merilis album ini hanya berbekal kedekatan Iwan dengan kakak-kakak mahasiswa ITB Bandung saat itu, karena Iwan kecil sering diundang untuk bernyanyi ketika mahasiswa mengadakan kegiatan ataupun orasi tentang suatu hal. Iwan diajak untuk merekam lagu lagunya di radio kampus milik mahasiswa tersebut. Beberapa lagu di album ini nantinya muncul di album Amburadul dan juga ada di album Frustrasi. Di album ini semua lagu tersebut merupakan versi awalnya, Iwan gitaran saja bernyanyi dengan ekspresif  penuh teriakan cempreng, semangat gejolak muda, garang, bercerita tentang apa saja yang dianggap melawan hati nurani, mantap banget sih.

Album ini hanya direkam dari kaset ke kaset hingga saat ini, tanpa sengaja itulah yang membuat album ini tetap lestari dan bertahan, entah ini merupakan replika yang keberapa kalinya, wajar saja suaranya terkadang tidak jelas dan kemresek, mungkin saja rilisan awal dari radio EH 8 ITB itu jernih soundnya, sangat susah pastinya untuk mencarinya. Pada perkembangan selanjutnya kaset ini mulai di ripping/ convert ke format MP3 dan saat ini lebih mudah mencari format digitalnya daripada mencari format fisiknya. Dan yang saya dapatkan ini merupakan buatan tangan/ hand made direkam dengan telaten satu persatu.

Beberapa lagu disini ada yang berbeda aransemen dan liriknya dirubah, yang sangat jelas adalah Kisah Sepeda Motorku liriknya saat ini berbeda dari versi album ini, lagu yang lainnya juga ada perbedaan walau sedikit. Kemudian entah bagaimana ceritanya yang jelas jika di rekam dari kaset ke kaset tentu suka suka si perekam, selanjutnya telah ditambahkan saja dengan beberapa lagu lainnya, lagu Koran diduga milik Doel Sumbang dan lagu Siti Sang Bidadari/ Bedug Magrib adalah tambahan lagu yang dibawakan Iwan saat live tahun 1982.

Sepertinya ini album yang sedikit terlupakan, padahal mantap juga jika dirilis ulang dengan sound yang bagus, di situs resmi Iwan Fals pun album ini tidak tercantum sebagai daftar albumnya. Hanya sebagai album indie/ album b-side. Sebagai penambah katalog musisi favorit rasanya perlu juga menambahkan ini sebagai album tambahan, disinilah awal patokan album album Iwan Fals selanjutnya.









.........................

Iwan Fal's
Rekaman di Radio EH 8 ITB Bandung 1978

Tracklist:

Side A
01 3 Bulan
02 Anak Cendana
03 Demokrasi Nasi
04 Imitasi
05 Jhoni Kesiangan
06 Kisah Sapi Malam (PSK)
07 Kisah Sepeda Motorku
08 Koran

Side B
01 Mak
02 Medley (Blowing In The Wind - Tokecang)
03 Mince Makelar
04 Pemborong Jalan
05 Perawan
06 Perjalanan
07 Semar Mendem
08 Siti Sang Bidadari/ Bedug Magrib


Salam...

2 comments:

  1. Saya teetarik dengan lagu PERJALANAN format mp3 ini. Tapi susah dapatnya. Kalau berkenan, boleh saya dikirimi.
    Terima kasih. Salam Oi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau versi ini sudah banyak yang upload di you tube atau blog lain bang, silahkan searching saja, pasti nemu kok.
      yang langka untuk saat ini adalah format kasetnya, sementara format mp3nya sangat mudah di dapatkan, asal mau googling saja.

      terima kasih sudah mampir.
      salam.

      Delete