Wednesday, June 1, 2016

Semakin Gila - Gombloh (1986)

Semakin Gila - Gombloh (1986)

Album: Semakin Gila
Artist:  Gombloh
Kode: -
Label: Nirwana Records & Virgo Ramayana Records
Tahun: 1986
Harga (saat rilis): -

Album solo Gombloh ke tiga setelah Gila dan 1/2 Gila, kali ini masih mengambil judul Gila juga yaitu Semakin Gila, hehe memang judul yang sedikit nyeleneh namun asik. Kali ini bukan album live seperti dua album sebelumnya, album ini murni benar benar album baru yang direkam di studio, walau sepertinya kalau dilihat ini seperti trilogi album.

Album ini pula yang paling meledak diantara semua album beliau, dengan hits besarnya ''Kugadaikan Cintaku'' kemudian hits kedua ''Karena Iseng''. Lagu yang bernuansa riang namun tetap mempunyai ciri khas Gombloh dengan selingan candaan segar disana. Nah kalau dikaji dengan album terdahulunya tentu saja berbeda, ini sepertinya album yang memang khusus jualan, bahasa lainnya yaitu cari duit. Faktor idealisme memang sedikit kurang disini, lagu bertema alam/ sosial paling terasa pada lagu SKALA, sementara lagu lainnya memang lebih banyak bercerita tentang cinta anak manusia. Di beberapa lagu walau bercerita tentang cinta, tapi masih menyisipkan cerita tentang kehidupan dan sosial diantaranya terdapat pada lagu ''Cerita buat Vita, Tiwuk Blues, Uang & Cinta'' namun sedikit tersamar.

Banyak yang menuduh saat itu Gombloh telah beralih haluan menjadi komersial, namun sebenarnya tidak semudah itu untuk menuduhnya begitu, buktinya beberapa katalog buku yang saya baca berupa majalah lama, royalti album ini sebagian besar habis begitu saja untuk membantu teman temannya, entah itu membayar hutang, traktir makan, ngopi sampai beli baju celana segala, seperti itulah tak berubah. Dijaman sekarang, adakah yang seperti itu?

Mungkin beliau telah belajar trik dan siasat bagaimana menempatkan idealis dan komersial secara beriringan sehingga idealisme lancar dan tanpa pusing memikirkan uang untuk hidup tetap mengalir masuk. Bisa jadi setelah album ini nantinya akan ada album idealis lainnya seperti era Lemon Tree's ? saya yakin itu, namun Tuhan berkehendak lain, beliau harus menghadapnya sebelum bisa merealisasikan semua mimpi mimpinya..

Mantap, salah satu musisi balada favorit....








 ................................

Musisi Pendukung:
Gombloh - Karya & musik, vokal, accoustic guitar
Phardi Artin - Guitar Melody
M. Baswan - Drum
Tuche - Bass guitar
Rini Bersaudara - Backing vokal

Nirwana Records - Studio Rekaman
Bob Djumara - Operator

Fanss Adress
Nirwana Records
Jl. Genteng Kali 117 Surabaya

Tracklist:

Side A
01 Kugadaikan Cintaku
02 Semakin Gila
03 Karena Iseng
04 Sri Panggung
05 Skala
06 Di Lidi Lidam Bo

Side B
01 Hey Kamu
02 Uang dan Cinta
03 Tiwuk Blues
04 Cerita Buat Vita
05 Mellia
06 Bob


Salam...

No comments:

Post a Comment