Thursday, August 18, 2016

Badai Pasti Berlalu - Chrisye Dkk (1977)

Badai Pasti Berlalu - Chrisye Dkk (1977)

Album ini adalah soundtrack film dengan judul sama, dirilis sekitar tahun 1977. Setelah film tersebut rilis dan berhasil menyita perhatian publik, banyak yang mencari album soundtracknya namun saat itu memang tidak ada rilisan albumnya. Baru setelah produser dari label PT. Irama Mas menghubungi dan berminat untuk merilisnya kemudian ingin membeli secara flat album ini, Eros Djarot, Chrisye, Jockie, Berlian dibantu Fariz RM kembali berkumpul untuk merekam lagu lagu tersebut dalam versi lebih rapinya. Tanpa diduga sebelumnya, album ini meledak dipasaran selang beberapa minggu setelah album ini rilis, media massa membahasnya, kritikus pun tak mau ketinggalan pula mengulas. Album ini dianggap sebuah dobrakan besar di kancah musik Indonesia saat itu, pembaharu dalam musik pop.

Setelah era tahun tahun tersebut berlalu selama beberapa dekade hingga saat inipun album ini masih dianggap terbaik, klasik, pada tahun 1999 Chrisye besama Erwin Gutawa dengan pasukannya ditambah orkestra dari Australia yang tak main main, kembali meremake album ini dengan sound lebih modern dan musik yang lebih gahar DISINI. Versi klasik dari album ini tetap tak tergoyahkan, karena memang tiang tiang kokohnya ada di versi klasiknya, versi terbaru adalah versi pengembangannya.

Album BPB 77 ini ada pula dalam versi yang dinyanyikan Broery Pesoelima, dalam pengerjaan ost filemnya beliau memang ada ikut serta. Entah mengapa dalam proses rekamannya tidak di ikut sertakan kembali, beberapa pertimbangan mungkin saja, atau memang persiapan rekaman album ini sangat singkat, tak ada waktu lagi untuk memanggil Broery. Sehingga pada perkembangan selanjutnya Broery memilih merekam sendiri album BPB ini dalam versi Broery sendiri.

Pada sekitar tahun 2011 album ini pernah dirilis dalam bentuk CD dibandrol dengan harga yang lumayan 100.000 rupiah dan di edarkan diseluruh cabang penerbitan buku Gramedia, namun karena tidak ada upaya merangkul semua elemen terkait dengan abum ini, fihak yang berhak akhirnya memberikan somasi yang berakibat pada album ini ditarik dari peredaran. Versi CD album ini sebenarnya kualitas soundnya sangat biasa, sepertinya tidak di mastering dengan baik, hanya di convert dari PH atau kasetnya saja. Masih lebih mantap hasil rippingan sendiri dari kaset originalnya.
Semoga kedepan ada rilisan format CDnya dengan kualitas yang prima kemudian legalitasnya jelas, terpenting sekali harganya terjangkau..

Format kasetnya sendiri telah dirilis berulang kali oleh label Irama Mas, sampai era tahun 2000an tercatat ada rilisan barunya. Format rilisan awalnya adalah nama Chrisye masih Christian, baru setelah album Sabda Alam meledak, nama pada covernya ikut dirubah menjadi Chrisye.


............................. 
Kaset Badai Pasti Berlalu 1977

Album: Badai Pasti Berlalu
Artist: Chrisye Dkk
Kode: -
Label: Irama Mas
Tahun: 1977
Harga (saat rilis): -









............................. 
CD Badai Pasti Berlalu 2011

Album: Badai Pasti Berlalu
Artist: Chrisye Dkk
Kode: -
Label: Arasy Cinta Sakti
Tahun: 2011
Harga (saat rilis): 100.000,-









.........................
Badai Pasti Berlalu

Side A
01 Merpati Putih
02 Matahari
03 Serasa*
04 Khayalku
05 Angin Malam
06 Merepih Alam*

Side B
01 Semusim
02 Baju Pengantin
03 E&C&Y (instrumentalia)
04 Cintaku
05 Badai Pasti Berlalu
06 Pelangi
07 Merpati Putih (instrumentalia)
*Eros-Chris

Guest Star: Yockie S. (Keyboards, drum)
Eros Djarot: Syair
Christian: Bass, gitar
Fariz: Drum

Terimakasih pada Keenan dan Debby untuk lagu lagu: Semusim, Angin Malam, Khayalku.
Arrangement: Eros, Christian, Yockie
Juru Rekam: Stanley
Rekaman Studio: Irama Mas


Salam...

6 comments:

  1. saya termasuk penggemar berat BDB, saya telah mengkoleksi 1 buah kaset, 1 buah novel dan 2 buah CD yang keluaran Arasy Cinta Sakti tahun 2011 dan keluaran Irama Mas tahun 2013, dan namun masing2 ada kekurangannya terutama dari sisi suara yang sepertinya bukan di-remaster ulang, dan juga untuk Lagu Merpati Putih yang tertulis instrumentalia pada versi 2011 ternyata bukan versi instrumentalia (sama2 ada lirik-nya) sedangkan versi 2013 lagu tersebut tertulis pada no.13 namun tidak ada pada keping cd-nya alias hanya sampai lagu no.12. yaitu Badai Pasti Berlalu. yah .... yang paling komplit berarti yang versi kaset-nya saja sepertinya.
    sampai sa'at ini saya masih menantikan rilisan filem-nya entah itu dalam bentuk dvd atopun blueray untuk saya koleksi supaya jadi benar2 komplit, semoga saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, dua versi CD nya ga ada yang beres yah, aku malah sempat kepikiran kalau rilisan 2013 Irama Mas itu bajakan, ternyata asli, makanya ga ikut nungul di sini ulasan cd versi irama masnya

      untuk sound masih enakan convert sendiri dari kasetnya saja sepertinya.

      kalau saya lebih ke fans Chrisye nya, filem tidak terlalu ngikutin.
      dvd atau blue ray untuk filemnya sepertinya masih jauh dari harapan untuk dirilis ulang. masih ngandalin youTUBE hehe..

      Delete
    2. Mas, kalau secara sound, CD BPB keluaran Irama Mas th 2013 itu gimana dibandingkan kaset BPB rilisan awal?
      Soalnya skrg udah susah banget nyari kaset yg rilisan awalnya.
      Oiya mas, kalo rip kaset ke digital biasa pake apa software nya?

      Delete
    3. wah saya lebih menyarankan untuk membeli kaset rilisan awalnya, karena sound lebih bagus dan pitanya lebih bandel, kemudian harganya juga ga terlalu mahal. seller kaset di fb banyak yang menjualnya kok.

      rip/ convert kaset ke digital lebih ribet mas, silahkan googling saja gimana caranya secara detail. banyak kok blog yang mengulasnya. bisa pakai tape deck atau walkman yang kualitas bagus kemudian sambung ke pc memakai software tentunya.

      Delete
  2. Ok mas. Oiya, kalo dari kualitas sound, adakah perbedaan dari rilisan paling awal kaset BPB (yg di cover masih tertulis Christian) dengan rilisan awal yg keluar setelahnya (nama di cover sudah diganti Chrisye)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas..
      dulu saya punya tiga versi rilisan, hanya tinggal versi christian saja skrang. dua versi sudah dibarter kaset lain dengan teman fb.
      sepertinya sama untuk lagu di dalamnya, cuma rilisan awalnya lebih antiq saja.

      sepertinya untuk rilisan awal ini mp3nya sudah banyak yang unggah, tinggal search, download, beres.

      Delete