Wednesday, September 14, 2016

Barang Antik - Iwan Fals (1984)

Barang Antik - Iwan Fals (1984) 

Album: Barang Antik
Artist: Iwan Fals
Kode: MSC 7405
Label: Musica Studio's
Tahun: 1984
Harga (saat rilis): -

Album yang lahir untuk menjawab pertanyaan dari beberapa gelintir orang tentang bisakah seorang Iwan Fals menyanyikan lagu milik orang lain, karena memang selama periode 1981 sampai 1984 album Sugali, Iwan Fals lebih banyak menyanyikan lagu sendiri dan kalaupun beberapa diantaranya ada lagu ciptaan orang lain juga bukan tentang tema cinta kebanyakan.

Iwan Fals di album ini hanya menyertakan satu lagu ciptaannya berjudul ''Jangan Bicara'' memakai gitar dan harmonikanya saja, tetapi sangat cukup untuk mewakili dirinya di album ini, bahwa ia masih tetap concern dengan masalah sosial kehidupan walau di album ini menyanyikan lagu orang lain, salah satu lagu dengan sindiran yang lumayan pedas. Untuk lagu unggulan ''Barang Antik'' ciptaan Diat, sepertinya senada dengan lirik Iwan Fals, berkisah tentang nasib oplet tua yang masih beroperasi berjuang melawan modernitas, banyak angkutan umum yang lebih bagus seperti Bis Kota, Mikrolet dan Bajaj terhitung lebih modern kala itu. ''Sunatan Massal'' ciptaan Chilung Ramali yang pada album sebelumnya menciptakan lirik Sugali, cukup sukses dibawakan oleh Iwan Fals, liriknya bercerita tentang keriuhan bahagia sunatan massal dengan berbagai sudut angle pengambilan tema, tak ada beda rasanyanya dengan lagu lain ciptaan Iwan sendiri. Kemudian yang sedikit berbeda ada lagu ''Tante Lisa'' berkisah tentang janda muda yang hot tak mau kalah dengan gadis remaja hehe, bergonta ganti pasangan, lirik di tulis oleh Dama Gaok.

Selebihnya adalah lagu cinta ciptaan musisi lainnya, yang menarik adalah lagu ''Kumenanti Seorang Kekasih'' ciptaan Yoesyono salah satu hits album ini, kemudian di era awal tahun 2000an lagu ini diaransemen lebih fresh dan sound yang lebih keren, terdapat pada album Best Of The Best, berhasil kembali menjadi hits untuk kedua kalinya.

Departemen musik dibantu oleh Willy Soemantri sebagai penata musik dan beberapa nama yang terkenal seperti Dodo Zakaria dan Jelly Tobing.

Album ini juga dari tahun 1990an hingga akhir era kaset sekitar tahun 2013 masih dirilis ulang dalam bentuk kaset, tetapi cover dengan bentuk seperti ini hanya ada dalam versi rilisan pertamanya, foto Iwan Fals sedang duduk diatas peti, telanjang dada melihat ke arah samping, ditambah credit title para musisi yang ikut berkontribusi di album ini. Pada rilisan selanjutnya desain dalam yang seperti ini tak ada lagi, dipangkas dengan berbagai pertimbangan.

NB: Pada format PH (Piringan Hitam) yang bertujuan sebagai promo ke radio radio terdapat lagu dengan judul ''Luka'' diciptakan oleh Iwan Fals, tapi entah mengapa tidak dimasukkan juga dalam format kaset ini, padahal tujuan PH tersebut dibuat adalah promo ke radio radio sehingga di dengar oleh publik dan kemudian berkeinginan untuk membelinya.










..............................
Pendukung Musik:

Willy Soemantri - Penata musik, 6 + 12 accoustic & electric guitar, banjo, percussion
Dodo Zakaria - Electric piano, keyboard
Sofyan Aldin - Bass
Jelly Tobing - Drums pada lagu ''Asmara & Pancaroba'' dan ''Salah Siapa''
Zainuri - Drums
Luluk Purwanto - Biola
Dama G - Banjo pada lagu ''Oplet Tua'', back vocal
Iwan Fals - Harmonika, Accoustic guitar pada lagu ''Onani/ Jangan Bicara''
Rusmin/ Gerry - Juru rekam
Rusmin - Penata suara

Grafis - Boedi Soesatio
Photographer - Judo Salmun

Tracklist:

Side A
01 Barang Antik cipt. Diat
02 Kumenanti Seorang Kekasih cipt. Yoesyono
03 Sunatan Massal cipt. Chilung Ramali
04 Jangan Bicara cipt. Iwan Fals
05 Asmara & Pancaroba cipt. Jaya Susanto

Side B
01 Tante Lisa cipt. Dama G.
02 Salah Siapa cipt. Richard Kyoto
03 Nyanyianmu cipt. Yosi
04 Jalan Yang Panjang Berliku cipt. Tommy & Marie
05 Neraka Yang Asik cipt. Willy & Tommy


Salam..

No comments:

Post a Comment