Monday, September 26, 2016

Camellia 4 - Ebiet G. Ade (Jackson Records 1980)

Camellia 4 - Ebiet G. Ade (Jackson Records 1980)

Album: Camellia 4
Artist: Ebiet G. Ade 
Kode: -
Label: Jackson Records & Tapes
Tahun: 1980
Harga (saat rilis): - 

Album yang dirilis pada tahun 1980 dan menjadi album seri terakhir dari tetralogi Camellia, untuk selanjutnya Ebiet memilih nama lain sebagai judul album. Postingan sebelumnya juga telah membahas album ini yaitu versi Rilisan Ulang Musica Studio's dan versi Rilisan Malaysia ''Music Valley Sdn. Bhd''.

Ada beberapa perbedaan antara rilisan ulang dan rilisan awalnya, pada cover terutama sekali dapat dilihat, pada rilisan awal bagian dalam terdapat beberapa foto Ebiet muda saat itu, cukup menarik dan ini yang tidak kita temukan pada versi rilisan ulangnya, lebih simpel dan diseragamkan menjadi dominan putih. Rilisan Malaysia pun mengacu pada cover rilisan ulang ini, karena mengambil lisensi dari sana.

sama seperti album Camellia 3 tidak semua musisi yang terlibat dicantumkan pada credit title, hanya tiga nama saja yaitu Ebiet G. Ade sendiri, Billy JB dan R. Tony Suwandi. Bedanya dengan album Camellia 2 adalah album ini di rekam di luar negeri, tepatnya di studio ''Cinema Audio'' Philipina dan para pengiring musiknya adalah orang Philipina juga, mungkin hal inilah yang luput dari catatan sehingga tidak dicantumkan siapa saja musisi Philipina yang berkontribusi di album ini.

Sound yang dihasilkan bisa dikatakan oke, sampai saat ini pita tua ini masih menghasilkan suara yang jernih. Luar biasa, hehe aku saja belum lahir pada saat album ini rilis.














............................
Ebiet G. Ade
Album ''C A M E L L I A  I V''

Warna vokal, lirik dan lagu Ebiet G. Ade sudah begitu dikenal para penggemar musik di negeri ini dan sekaligus menjadi ciri khas yang tidak dipunyai oleh penyanyi lain. Setidaknya, Ebiet telah memberikan andil yang cukup besar untuk memajukan cita rasa musik pop Indonesia.
   Seperti pada album ''Camellia III'', lagu-lagu yang ada pada kaset inipun proses rekamannya dilakukan di luar negeri yaitu di studio ''Cinema Audio'', Manila Philipina. Para pengiring musiknya pun dari negara tetangga tersebut yang diperkuat oleh Billy Y. Budiarjo (music director) dan Ebiet sendiri pada gitar akustik.
   Musisi Philipina yang mendukung lagu-lagu ciptaan Ebiet ini sudah terbilang kawakan di negerinya. Mereka pernah mengiringi top artis Philipina berkaliber internasional seperti Freddy Aguilar. Sebagian besar dari lagu-lagu yang terdapat pada album ini merupakan hasil ciptaan Ebiet di tahun 1980, yang terlama adalah ''Camellia IV (1976)''. Ini membuktikan bahwa judul ''Camellia'' dalam empat serie itu bukanlah sekedar mengada ada. Ebiet sudah jauh sebelumnya menciptakan lagu-lagu dengan judul nama kekasihnya yang telah tiada itu, dan ''Camellia'' yang sekarang merupakan yang terakhir. Jelasnya, untuk rekaman-rekaman berikutnya (Insya Allah) akan menggunakan judul yang lain.
    Diharapkan, dengan pengalaman yang kedua kalinya rekaman di studio rekaman dengan musisi luar negeri yang sama, dapat mencapai hasil lebih sempurna lagi. Silahkan anda nilai sendiri !.
    Dua lagu di album ini yaitu ''Titip Rindu Buat Ayah'' dan ''Seberkas Cinta Yang Sirna'' sudah pernah di bawakan Ebiet dalam acara ''Telerama'' TVRI tahun 1980, diperkirakan akan menjadi hit !.
    Thema cinta nampaknya mendominir rekaman Ebiet yang ke empat ini dan di tandai pula oleh satu lagu dengan puisi terpendek ''Dua Menit Ini Mistery'' dan merupakan lagu ciptaannya yang terbaru (akhir 1980). Isi liriknya begitu mencekam, interprestasinya mungkin masih ada hubungannya dengan ''Camellia''...
    Hanya Ebiet yang tahu...


........
Puisi & Lagu - Ebiet G. Ade
Aransemen Musik - Billy J. Budiarjo & Ebiet G. Ade
Kecuali Lagu ''Titip Rindu Buat Ayah'' - R. Tony Suwandi
Design Cover/ Photo - Ivan Hariyanto, Surisman Marah
Rec. Engineer - Edwin Luna

Fans Adress
Ebiet G. Ade
C/O Jackson Records & Tapes
P.O. Box 1090 JKT Kota


Tracklist:

Side A
01 Nyanyian Rindu
(buat pm, agustus, 1980)
02 Camellia IV (requim)
(februari, 1976)
03 Titip Rindu Buat Ayah
(jakarta, juni 1979)
04 Nyanyian Pendek Buat Anak Manis Berambut Panjang
(agustus 1980)
05 KepadaMU Aku Pasrah
(yogyakarta, juli 1978)

Side B
01 Jakarta II
(mei 1980)
02 Dua Menit Ini Mistery
(november 1980)
03 Doa Sepasang Petani Muda
(yogyakarta 1979- kemarau 14 bulan)
04 Seberkas Cinta Yang Sirna
(medio desember 1979)
05 Senandung Jatuh Cinta
(buat pm, agustus 1980)


Salam... 

No comments:

Post a Comment