Friday, September 2, 2016

The Very Best Of - Gombloh (2006)

The Very Best Of - Gombloh (2006)

Rangkuman kumpulan lagu lagu Gombloh yang di rilis dalam format kaset dan CD, walau namanya The Very Best Of Gombloh tetapi kompilasi ini merupakan kumpulan lagu dari group Lemon Tree's, hanya satu lagu saja dari album solonya sebagai bonus track yaitu ''Kugadaikan Cintaku'' namun itupun dinyanyikan ulang oleh Iyut Bing Slamet.

Setiap kompilasi yang memuat lagu banyak, pasti lagu didalamnya banyak terpotong, itu juga terjadi di album ini, sayang saja lagunya tidak sampai habis padahal sudah 9 lagu per sisi, karena memang lagu lagu dari Lemon Tree's ini terkadang ada yang melebihi durasi 6 menitan. Bagaimana dengan format CD nya? sama saja, apalagi di album ini pun sama memuat 17 lagu seperti format kasetnya, terlalu dipaksakan juga.

Tapi tak apalah, untuk menambah katalog album musisi favorit rasanya tak ada salahnya, berharap esok ada rilisan dengan kualitas primanya..


Format CD
...................
Album: The Very Best Of
Artist: Gombloh
Kode: CMNG-561
Label: GNP, CMN, Genta Records, Mustika Records & Gema Records
Tahun: 2006
Harga (saat rilis): 25.000,-











Format KASET
...................
Album: The Very Best Of
Artist: Gombloh
Kode: GR-561
Label: GNP, CMN, Genta Records, Mustika Records & Gema Records
Tahun: 2006
Harga (saat rilis): 20.000,-











..........................

PENAMPILAN dengan rambut yang panjang, dikuncir dan dikombinasikan dengan topi dan kacamata hitam terkalung dileher, tidak membuatnya segarang penyanyi rock pada jamannya. Namun lirik lagunya garang. Kebyar-Kebyar menjadi ''lagu kebangsaan'' pada hari hari memperingati kepahlawanan bangsa. Penyanyi legendaris asal Surabaya itu bukan lain adalah Gombloh yang tutup usianya 9 Januari 1988.

Lahir di Surabaya 23 Juli 1950 dengan nama Sudjarwoto Sumarsono sebagai anak kelima dari tujuh bersaudara dari pasangan pedagang kecil Slamet dan Maryati. Gombloh Putro Ingsun bisa di katakan belajar musik secara otodidak. Begitu bisa bermain gitar, langsung mengamen di pasar, hingga menggung di sekolahnya. Selain bermusik, dia suka humor, menggambar dan berolahraga basket. Kesukaannya menggambar, dilampiaskan dengan mencorat-coret buku teman-temannya. Kebiasaan nggombloh inilah yang kemudian mendapat julukan si Gombloh.

Gombloh membentuk sejumlah grup musik, sampai akhirnya bergabung dengan Leo Kristi dan mendirikan kelompok Lemon Tree's tahun 1969. Kiprahnya bersama Leo Kristi menarik perhatian seorang musikolog dari Cornell University, Amerika Serikat, setelah Lemon Tree's merilis rekamannya. Lagu ''Berita Cuaca'' dan ''Hong Wilaheng'' dijadikan peelitian oleh ahli musik dari negeri Paman Sam itu.

Tapi akhirnya Leo Kristi dan Gombloh berpisah dan bermusik sendiri-sendiri. Gombloh meneruskan Lemon Tree's, sementara Leo Kristi dengan grup Leo Kristi-nya. ''Bermusik adalah melontarkan ekspresiku, menyampaikan rasa nasionalismeku dan simpatiku pada rakyat kecil'' kata Gombloh, yang sebenarnya seperti Leo Kristi juga mampu tampil sendirian. Namun dia merekrut penyanyi perempuan setelah berjalan sendiri cukup lama.

Bertrio dengan Soelih Soejatno, mahasiswa fakultas kedokteran tingkat V dan Ratih, mahasiswi fakultas ekonomi tingkat III. Gombloh sendiri sempat mencapai tingkat II, sebagai mahasiswa jurusan arsitektur, Institut Teknologi Surabaya. Tapi dia lebih memilih menyanyi dan hidup sebagai seniman jalanan.

Ternyata sukses secara komersial dicapainya ketika menyanyi sendirian, bukan bersama Soelih dan Ratih. Albumnya Setengah Gila mencapai penjualan sekitar 300.000 kaset pada pertengahan tahun 1980-an. Gombloh pun berdamai dengan selera pasar. Keinginan Gombloh hidup lebih baik secara ekonomi nampaknya menemukan jalannya. Ketika Kugadaikan Cintaku menjadi lagu yang paling populer tahun 1987. Kasetnya laris bagai kacang goreng. Mencapai penjualan lebih dari satu juta keping kaset.

Diradio aku dengar lagu kesayanganmu... yang terdengar dimana mana. Melampaui popularitas lagu-lagunya yang lain seperti Berita Cuaca, Hong Wilaheng, Lepen (Lelucon Pendek), Kebyar Kebyar, Setengah Gila, Selamat Pagi Kotaku, Gila, Karena Iseng, Semakin Gila, Diangan-Angan, Apa Itu Tidak Edan, Kami Anak Negeri Ini, Cinta dan Roket, Apel dan yang lainnya (Theo)

...............
Tracklist CD dan KASET:

01 Lepen
02 Kebyar Kebyar
03 Berita Cuaca
04 Doa Seorang Pelacur
05 Komplikasi
06 Pesan Buat Negeriku
07 Nyanyian Anak Seorang Pencuri
08 Sketsa Penari
09 Selopen
10 Bulan Merah
11 Hong Wilaheng Sekareng Bawono Langgeng
12 Selamat Pagi Kotaku
13 Senandung Pengemis Tua
14 Bayang Bayang Lonceng
15 Padang Impian
16 Barak Barak
17 bonus track* Kugadaikan Cintaku voc. Iyut Bing Slamet
*semua lagu ciptaan Gombloh


Salam...

No comments:

Post a Comment