Sunday, October 23, 2016

Ethiopia - Iwan Fals (1985)

Ethiopia - Iwan Fals (1985) 

Album: Ethiopia
Artist: Iwan Fals
Kode: MSC 7495
Label: Musica Studio's
Tahun: 1985
Harga (saat rilis): -

Sesuai dengan judulnya, album ini lahir karena keprihatinan yang mendalam terhadap bencana kemanusiaan berupa kelaparan hebat di negara Ethiopia tersebut. Dirilis pada tahun 1985 album ini bercerita tentang banyak hal, banyak lagu hits besar Iwan Fals terdapat dalam album ini antara lain tentang Tikus Tikus Kantor yang rakus rakus bukan kepalang. Willy bercerita tentang sahabatnya Si Burung Merak WS. Rendra yang saat itu tak ada khabar menepi dari berkarya karena berbagai hal. Kontrasmu Bisu lirik karya Anto Baret tentang Jakarta dan perbedaan antara yang kaya dan papa. 14-4-84 tentang sebuah kerinduan seorang Ayah terhadap Anak dan Istrinya. Kemudian ada Lonteku lirik masih karya Anto Baret ini berkisah antara jalinan kisah cinta antara seorang WTS dan Penjahat yang banyak menghadapi kerasnya jalanan. Selain disebutkan di atas ada juga lagu cinta yang ringan namun tetap asik Sebelum Kau Bosan dan Bunga Bunga Kumbang Kumbang.

Ada juga yang beranggapan bahwa semua lagu di album ini di aransemen oleh Ian Antono, sebenarnya kurang tepat. Menurut credit title di dalam album ini, Ian Antono hanya membantu mengaransemen lagu Ethiopia saja, selebihnya di aransemen oleh Iwan Fals sendiri di bantu para musisi yang mendukung album ini. Ada maestro Jockie Suryoprayogo juga ikut mewarnai album ini, permainan Keyboardnya bisa disimak pada lagu Sebelum Kau Bosan dan Bunga Bunga Kumbang Kumbang dan sederet nama beken lainnya seperti Uce F. Tekol dan Uce Hariono.

Di dalam credit titlenya juga bisa disimak ada ucapan terima kasih untuk lagu ''Pergilah Semua Duka'' namun lagu tersebut tidak ada dalam daftar lagu di album ini, mungkinkah itu adalah lagu yang tak masuk di album namun telah selesai penggarapannya, seperti halnya lagu Annisa dari album Aku Sayang Kamu atau Lagu Luka dari album Barang Antik yang hanya terdapat dalam format PH nya? mungkin saja..
Wajib diburu tuh lagu hehe..

Boedi Soesatio memang ahli dalam menggarap rancangan grafis untuk cover album musik, garapan cover album Sumbang, Sugali, Barang Antik adalah buah karya beliau dibantu oleh Judo Salmun sebagai Fotographernya. Untuk album Ethiopia ini, cover depan menampilkan siluet hitam putih Iwan Fals sedang berteriak memicingkan mata, seperti ingin melepaskan beban, konsepnya sangat klop dengan isi lagu di dalamnya yang penuh dengan protes parau dan nuansa arus bawah. Desain cover yang seperti ini hanya bisa dinikmati lewat album rilisan awalnya, rilisan selanjutnya sebenarnya masih terus di produksi dalam format kaset, namun cover dalamnya telah banyak dipangkas dan credit title di dalamnya juga ikut di hapus.

Sebuah karya akan menjadi penanda zamannya, potret saat dimana album tersebut dibuat, bisa jadi hanya kenangan namun tetap bisa di ambil hikmahnya. Berharap saja segera dirilis boxset albumnya periode Sarjana Muda sampai dengan era 1910/ Antara Aku Kau dan Bekas Pacarmu, banyak karya Evergreen/ Hits besarnya beliau berada di periode tersebut..












.......................
Terima kasih buat sobat musisi:

Uce F. Tekol - Bass
Lili - Gitar Bolong + listrik
Najib - Keyboard
Uce Hariono - Drum
Maman - Biola
Hendri - Banjo
Nuri - Drum pada lagu ''Kontrasmu Bisu & Pergilah Semua Duka''
Mas Tommy - Bass pada lagu Ethiopia
Marie - Bantu nyanyi pada lagu ''Pergilah Semua Duka''
Jockie Suryaprayoga - Keyboard pada lagu ''Sebelum Kau Bosan & Bunga Bunga Kumbang Kumbang''
Saya Sendiri (Iwan Fals) - Nyanyi, harmonika + gitar bolong
Om Rusmin - Operator musik dasar
Mas Jubliq - Operator pengisian sampai mixing

Terima kasih juga buat - Semua Assistant Operator Musica Studio termasuk Pak Kromo
Saya persembahkan album ini untuk kamar 8
Semoga tabah dalam tugas

Iwan Fals

Lagu ''Ethiopia'' musik Ian Antono, lainnya musik Iwan Fals
Perancang grafis Boedi Soesatio
Fotographer - Judo Salmun

.....
Tracklist:

Side A
01 Ethiopia
     cipt. Iwan Fals
02 Sebelum Kau Bosan
     cipt. Iwan Fals
03 Tikus Tikus Kantor
     cipt. Iwan Fals
04 14-4-84
     cipt. Iwan Fals
05 Willy
     cipt. Iwan Fals
06 Entah
     cipt. Iwan Fals

Side B
01 Kontrasmu Bisu
     cipt. Iwan Fals & Anto Baret
02 Berandal Malam Dibangku Terminal
     cipt. Iwan Fals
03 Sebelum Kau Bosan
     cipt. Iwan Fals
04 Lonteku
     cipt. Iwan Fals & Anto Baret
05 Bunga Bunga Kumbang Kumbang
     cipt. Iwan Fals


Salam....

No comments:

Post a Comment