Thursday, October 20, 2016

Sarjana Muda - Iwan Fals (1981)

Sarjana Muda - Iwan Fals (1981) 

Album: Sarjana Muda
Artist: Iwan Fals
Kode: MSC 7160
Label: Musica Studio's
Tahun: 1981
Harga (saat rilis): -

Setelah mengembara menjajal dari panggung ke panggung, berupa panggung festival maupun sekelas hajatan, merilis album Amburadul tetapi tidak laku, kembali lagi ke jalanan, ngamen dan ikut berbagai festival kemudian juara 1 lomba musik humor yang diadakan Lembaga Humor Indonesia, membuka pintu mengantarkannya kepada proyek rekaman album Canda Dalam Ronda. Itu baru perjalanan awal seorang Iwan Fals, ceritanya sedikit berubah saat ada produser dari mayor label Musica Studio's tertarik dan menawarkannya rekaman di label mereka, nah sebuah perjalanan yang sebenarnya baru dimulai..

Bukan tanpa sebab Musica mencari musisi balada yang benar benar baru (new bie), untuk mengisi kekosongan musisi balada dalam deretan artis naungannya, selain itu untuk memberikan rival kepada label lain seperti dari label Jackson Records telah ada Ebiet G. Ade kemudian Franky & Jane, dari label Chandra Records ada Gombloh, dari label Indie ada juga Leo Kristi.

Garapan albumnya pun tidak main-main, Musica memang serius menanganinya, padahal saat itu Iwan Fals belum punya nama dan berasal dari jalanan. Sederet musisi berkelas seperti Edo Braseros, Yap Chi Kian dan Suriati Supilin yang langganan mengiringi album Ebiet G. Ade dan Franky & Jane juga ikut dalam deretan musisi pendukung, bahkan maestro biola Idris Sardi pun ikut berkontribusi memainkan solo biolanya dalam lagu Guru Oemar Bakrie, bisa ditebak album ini ada nuansa orkestrasinya. Sebuah barisan musisi elite, dan tentu saja peran Wily Soemantri selaku penata musik sangat berhasil dalam meracik bumbu yang pas untuk membalut lirik kuat ciptaan Iwan Fals, banyak lagu hits besar beliau terdapat dalam album ini dan evergreen hingga saat ini.

Musica juga berperan dalam sedikit perubahan nama Iwan Fals, jika pada beberapa album sebelum Musica ini namanya adalah Iwan Fales, maka mulai album ini dirubah menjadi Iwan Fals, lebih keren juga rasanya dengan nama tersebut. Bahkan setelah Iwan Fals terkenal, album yang sebelumnya memakai nama Iwan Fales saat di rilis ulang akhirnya mengikuti nama baru yang disarankan Musica tersebut seperti album Perjalanan atau kompilasi yang diambil dari album Canda Dalam Nada. Untuk desain cover tidak tertera atau disebutkan siapa perancang grafis dan photograpernya, padahal desain grafis untuk album ini termasuk salah satu yang terbaik menurut saya pribadi.

Sedikit yang agak aneh yaitu judul pada lagu 22 Januari, di cover tertera 22 Januari 1999. Album ini dirilis tahun 1981 sementara pada lagu tersebut diberi judul dengan embel embel 1999, orang yang tidak mengerti pasti menyangka lagu tersebut diciptakan tahun 1999. Saya yakin jika ini adalah benar judulnya dan bukan salah cetak, pasti ada artinya. Namun sampai sekarang pun saya pribadi belum mengetahui jawaban pastinya.

Album mantap...











......................................
Pendukung Musik:
Willy Soemantri - Music director, electric & accoustic guitar, chuke, chames
Anto - Rec. & mix. engineer, penasehat vocal & music
Amir Katamsi - Strings arr. pada lagu SM, Hatta, Y.T & D.P.D. Trombone
Rully Djohan - Accoustic piano pada lagu SM, Hatta, YT & 22 Jan
Norman - Drums
Nana - Electric bass guitar
Luluk - Solo violin pada lagu SM, SSP
Yudiyanto - Oboe, block flute
Didiet - Trompet
Bambang Suardi - Contra bass
Zulkifli - Cello
Suriati Supilin - Violins
Yap Chi Kian - Violins
Edo Braseros - Violins
Fauzan - Viola
Cherdesan - Backing vocals
Herry Anggoman - Accoustic piano pada lagu Guru Bakrie, SSP, Keyboard
Iwan Fals - Accoustic guitar, harmonica, geng gong

Guest Star - Idris Sardi - Solo violin pada lagu Guru Bakrie

Tracklist:

Side A
01 Sarjana Muda
02 Guru Oemar Bakri
03 Bung Hatta
04 Doa Pengobral Dosa
05 Situa Sais Pedati

Side B
01 Ambulance Zig Zag
02 Dua Dua Januari 1999
03 Puing
04 Yang Terlupakan
05 Bangunlah Putra Putri Pertiwi


Salam...

No comments:

Post a Comment