Monday, November 14, 2016

Aku Sayang Kamu - Iwan Fals (1986)

Aku Sayang Kamu - Iwan Fals (1986) 

Album: Aku Sayang Kamu 
Artist: Iwan Fals 
Kode: MSC 7537
Label: Musica Studio's 
Tahun: 1986
Harga (saat rilis): - 

Album Iwan Fals ke sembilan (ditambah KPJ) di label Musica Studio's, dirilis tahun 1986 dengan menggandeng Bagoes AA sebagai penata musik. Musik yang di tawarkan pun tidak rumit, simpel sederhana saja, lebih terkesan pop ringan terutama pada lagu andalannya yaitu Aku Sayang Kamu, pada beberapa lagu lainnya ada juga terasa sedikit rock dan jazz, jika menilik kebelakang album ini tidak seperti album sebelumnya yang sangat kental corak musik countrynya. Mungkin saja Iwan mencoba bernyanyi dengan berbagai aliran musik untuk menghindari kebosanan atau tepatnya bereksperimen lewat berbagai aliran musik, itu terbukti pada periode setelahnya, Iwan Fals tidak berhenti dengan satu jenis warna musik yang sama, tidak sekedar corak country saja, eksperimennya terus berlanjut, beberapa rekam jejaknya bisa di dengar pada album Belum Ada Judul, Cikal, Hijau, Mata Dewa, Swami, Kantata, Dalbo, Anak Wayang dan Orang Gila.

Yang menarik di album ini adalah adanya lagu yang berjudul ''Anisa'', lagu tersebut ikut di rekam namun tidak di sertakan di dalam album ini, berkisah tentang kegalauan seorang Ayah dalam hal ini Iwan Fals menyambut kehadiran anak keduanya Anisa Cikal Rambu Basae, disambut dengan berbagai peristiwa atau tragedi yang tercatat selama sembilan bulan hingga sang bayi hadir kedunia, potongan lirik dari reffrain lagu Galang Rambu Anarki pun ikut di nyanyikan kembali disini. Lirik yang sangat berani sehingga produser tidak berani memasukkan lagu tersebut dalam albumnya, lagu tersebut tetap terkubur hingga saat ini dan pada kalangan penggemar musik Iwan Fals beberapa ada yang menyimpan lagu tersebut dalam format MP3 namun dengan kualitas yang kurang baik.

Untuk lagu Aku Sayang Kamu sendiri, ada juga cerita menariknya. Pada tahun 2005 Iwan Fals merilis album In Love dalam berbagai bentuk rilisan fisik. Nah dalam bentuk VCD terdapat lagu Aku Sayang Kamu, ketika di dengarkan lebih lanjut, aransemen musiknya berbeda dengan versi yang umum di dengar, lebih riang dan Iwan bernyanyi dengan jenaka, liriknya juga sedikit berbeda. Sepertinya ini adalah versi demonya yang di masukkan ke dalam VCD tersebut, rasanya banyak materi lagu Iwan Fals baik yang tidak rilis ataupun versi demo, terkubur dan tak terjamah dalam jejeran katalog Musica Studio's. Jika itu di mastering kembali dan di rilis rasanya masih banyak penggemar yang memburu album tersebut.

Rilisan awal dan rilisan berikutnya dari album ini tidak jauh berbeda, desain cover dalamnya boleh dikatakan tidak semenarik album Sugali, Sumbang atau Sore Tugu Pancoran, simpel dengan teks lagu saja. Beberapa judul lagunya juga tidak seperti kebanyakan, ada yang berjudul Ya Hui Ha He Ha, Ya Ya Ya Oh Ya, dan Lho, tiga judul lagu tersebut boleh di katakan unik hehe..










.................................
Para Pendukung
Album IWAN FALS VIII/
Musica

Bagoes AA - Aransemen, keyboard & DX7/ Moog Bass
Iwan Fals - Aransemen (Gali Gongli, Anisa & Kota) Ac. guitar, harmonica & tambourine
Raidy Noor - Bass, Akustik dan elektrik gitar
Uce Hariono - Ac. drums
Dama - Banjo
Eko'Partitur - Biola
Mas Herry - S. Engineer & percussions

Terima kasih buat Ryan Kyoto cs (Backvocal - Aku Sayang Kamu kok')
Mbak Maya, Yaya & Pepen

....
Tracklist:

Side A
01 Aku Sayang Kamu
     cipt Iwan Fals
02 Gali Gongli
     cipt. Iwan Fals
03 Timur Tengah I
     cipt. Iwan Fals
04 Jangan Tutup Dirimu
     cipt. Iwan Fals/ Bagoes AA
05 Selamat Tinggal Malam
     cipt. Iwan Fals

Side B
01 Ya Hui Ha He Ha
     cipt. Iwan Fals
02 Yayaya Oh Ya
     cipt. Iwan Fals/ Tommy Marie
03 Lho
     cipt. Bagoes AA
04 Timur Tengah II
     cipt. Iwan Fals
05 Kota
     cipt. Iwan Fals


Salam...

No comments:

Post a Comment