Saturday, December 10, 2016

Lancar, Kereta Tua - Iwan Fals (1987)

Lancar, Kereta Tua - Iwan Fals (1987) 

Album: Lancar, Kereta Tua
Artist: Iwan Fals 
Kode: MSC 7559
Label: Musica Studio's 
Tahun: 1987
Harga (saat rilis): -

Seperti yang tercantum pada prakata di dalam album ini, Iwan Fals dibantu oleh dua teman lamanya dalam proses pembuatan album ini yaitu Dama Gaok dan Maman Piul. Boleh di katakan semua bebunyian di album ini di mainkan oleh mereka bertiga, di luar koor dan operator rekaman. Biasanya yang kita tahu hanyalah Dama Gaok identik dengan Banjonya kemudian Maman Piul dengan Biolanya, ternyata tidak begitu, mereka adalah musisi yang multi talenta, semua itu bisa kita simak disini, tak percaya rasanya semua itu dikerjakan hanya oleh mereka bertiga saja.

Setelah sebelumnya album Aku Sayang Kamu musiknya lebih kepada pop ringan, kali ini bisa di tebak kental dengan corak countrynya, seperti flashback ke album album awal seperti Sarjana Muda, Opini atau Sugali. Semua lagunya mantap, hits besar dari album ini adalah Lancar, Kuli Jalan, Yakinlah, Kota, Nelayan dan Nenekku Okem.

Untuk lagu Nenekku Okem sendiri di album ini versinya berbeda dari album kompilasi yang beredar kebanyakan saat ini, justru versi dari album ini sangat susah dicari format digitalnya dengan kualitas sound jernih. Iwan bernyanyi lebih jenaka dan sendirian saja, di akhir lagu ada dialog anak kecil dengan seorang nenek. Sementara yang biasa kita dengar dari rilisan album kompilasi Iwan bernyanyi bersama Dama Gaok secara bergantian, di akhir lagu tidak ada dialog anak kecil dengan seorang nenek. Dalam proses rekaman adalah hal yang biasa ketika satu lagu dibuat dalam beberapa versi, kemudian di pilih salah satunya untuk di masukkan ke album, nah dalam kasus ini justru lagu Nenekku Okem versi lainnya yang di masukkan dalam album kompilasi dan kemudian lebih terkenal dari Nenekku Okem versi albumnya.
Pada lagu Yakinlah, Iwan Fals berduet dengan Elly Sunarya salah satu penyanyi balada wanita pada era tersebut.

Album ini telah berpuluh kali dirilis dalam format kaset mulai dari tahun 1990an hingga era kaset berakhir, tetapi desain cover yang seperti ini hanya ada pada versi rilisan pertamanya, sementara rilisan setelahnya cover dalam berupa gambar dan credit title telah di pangkas, hanya tersisa teks lagu saja. Garapan grafis album ini masih dikerjakan oleh Boedi Soesatio bekerja sama dengan Judo Salmun sebagai photographernya.









..........................

Untuk rekan-rekan yang mau mendengarkan lagu-lagu di kaset ini:
   Pada album ini saya mencoba mengajak sahabat lama saya untuk menggarap lagu maupun musik, semaksimal mungkin. Tentunya masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus di perbaiki.
   Semoga saja Tuhan masih mengizinkan saya untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut pada album berikutnya. Lagu-lagu yang ada di album ini kita buat bersama-sama.
Mudah-mudahan masih layak untuk di dengar telinga maupun hati.

Salam,
Iwan Fals, Dama Gaok, Maman Piul

Musik
Dama Gaok - Banjo, akustik gitar, akustik drum, drum listrik, bass listrik, flute, perkusi, vocal pada lagu ''Sentuhan'', vocal belakang
Maman Piul - Keyboard, bass listrik, akustik piano, drum listrik, akustik gitar, gitar listrik, vocal belakang, biola tunggal & banyak
Iwan Fals - Akustik gitar, harmonika, genggong, elektrik drum, vocal belakang, vocal
Si Mbok Sarinem - Ngomong pada lagu ''Nenekku Okem''
Didit - Ngomong pada lagu 'Nenekku Okem''
Om Rusmin - Ngomong pada lagu ''Nenekku Okem'', operator dari A sampai Z
Elly Sunarya - Vocal pada lagu ''Yakinlah''

Terima kasih buat: Rosyid, Topeh, Dedi, Maman, Wawan, Cece, Uka serta semua yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung.
Semua kebaikan yang di berikan pada kami hanya Tuhan yang sanggup membalas.

Salam
Dama G, Maman P, Iwan F.

Grafis - Boedi Soesatio
Foto - Judo Salmun Std.

Tracklist:

Side A
01 Lancar
02 Kuli Jalan
03 Kereta Tua
04 Columbia
05 Yakinlah

Side B
01 Kota
02 Sentuhan
03 Cantik Munafik
04 Nelayan
05 Nenekku Okem


Salam...

No comments:

Post a Comment