Sunday, January 15, 2017

Antara Aku Kau Dan Bekas Pacarmu - Iwan Fals (1989)

Antara Aku Kau Dan Bekas Pacarmu - Iwan Fals (1989) 

Album: Antara Aku Kau Dan Bekas Pacarmu
Artist: Iwan Fals 
Kode: MSC 7709
Label: Musica Studio's 
Tahun: 1989
Harga (saat rilis): 3.500,-

Album yang dirilis setelah album Mata Dewa, kali ini untuk menyelesaikan kontrak album yang tersisa dengan label Musica Studio's. Tidak ada lagu baru disini, hanya empat lagu lama dari album terdahulu yang di aransemen ulang dengan nuansa rock full, di tambah lagu Kemesraan yang saat itu sedang ngehits, selebihnya adalah lagu lama yang di ambil dari berbagai album lama yang corak musiknya kira kira senada dengan versi baru ini.

Empat lagu versi aransemen baru ini sangat berbeda dengan versi lamanya yang  bercorak balada, Iwan Fals sepertinya pada era ini memang sedang asyik dengan musik rock dan hal itu sangat di dukung dengan suaranya yang berat dan mampu menjangkau nada tinggi, sangat rocker sekali berbeda jauh dengan era album awal yang cempreng.

Bukan tanpa alasan Iwan Fals mengambil corak rock sebagai pilihan aliran musik selanjutnya, salah satu faktor utamanya adalah pada zaman tersebut perkembangan musik rock tanah air memang sangat baik, banyak musisi baru, event dan festival bergenre rock bermunculan, iklim yang baik tersebut pas dengan perubahan suara Iwan Fals yang mengarah ke rock. Iwan memilih rock juga tanpa sebab, musiknya memang mendukung dengan lirik yang di ciptakannya, mayoritas bercerita tentang ketimpangan sosial, dengar saja di album sebelumnya seperti lagu Air Mata Api, Balada Orang-Orang Pedalaman, 1910 ataupun Ada Lagi Yang Mati.

Pada album 1910 dan Mata Dewa musiknya di gawangi oleh Ian Antono, untuk kali ini musiknya di kerjakan bersama teman teman musisi diantaranya Bagoes AA, Jerry Soedianto, Iwang Noorsaid, Heirrie Buchaery, Uce Haryono dan Iwan Fals sendiri.

Rancangan grafis album ini sangat artistik sekali menampilkan sketsa wajah Iwan Fals pada front covernya, yang di lukis dan di rancang sendiri oleh Boedi Soesatio, orang yang banyak mengerjakan sampul album Iwan Fals.

Salah satu bukti kegagahan Iwan Fals dimasa lalu bisa disimak disini, karya klasik yang tak lekang oleh zaman. Semoga saja segera dirilis ulang dalam format CD.










......................
Music Arrangers:
Bagoes AA.
Jerry Soedianto
Iwang Noorsaid
Heirrie B.
Iwan Fals
Uce Wecki Haryono

Players:
Jerry Soedianto - Rockman, Electric Guitar/ Backvocals
Bagoes AA. - Keyboards/ Backvocals
Heirrie B. -  Electric Bass/ Backvocals & Sound Programmer
Iwang Noorsaid - Keyboards
Uce Wecki Haryono - Yamaha YD 9000 Drums, Percussions
Iwan Fals - Lead & Backvocals, Accoustic Guitar

Boedi Soesatio - Grafis & Ilustrasi

....
Tracklist:

Side A
01 Antara Aku Kau Dan Bekas Pacarmu (new arr'89)
     cipt. Iwan Fals
02 Yang Tersendiri (new arr'89)
     cipt. Tommy Marie
03 Sebelum Kau Bosan (new arr'89)
     cipt. Iwan Fals
04 Jalan Yang Panjang Berliku
     cipt. Tommy Marie
05 Jangan Tutup Dirimu
     cipt. Iwan Fals/ Bagoes AA

Side B
01 Kemesraan
     cipt. Franky S./ Jhonny S.
02 Nyanyianmu
     cipt. Yosi
03 Maaf Cintaku
     cipt. Iwan Fals
04 Entah
     cipt. Iwan Fals
05 Aku Antarkan (new arr'89)
    cipt. Iwan Fals


Salam...

No comments:

Post a Comment