Tuesday, January 17, 2017

Isyu - Ebiet G. Ade (Jackson Records 1986)

Isyu - Ebiet G. Ade (Jackson Records 1986) 

Album: Isyu
Artist: Ebiet G. Ade 
Kode: JR 098610
Label: Jackson Records & Tapes
Tahun: 1986
Harga (saat rilis): 2.000,-

Album ke sembilan sekaligus terakhir Ebiet G. Ade berada di label Jackson Records, disebabkan label tersebut memutuskan tidak beroperasi dan pemiliknya menjual semua aset label tersebut kepada label lain. Sembilan album dari label Jackson Records di tambah tiga album setelahnya adalah karya klasik beliau dan banyak hits abadi bertebaran di setiap albumnya.

Pada masa setelahnya beliau masih merilis album namun berupa album single dan satu album repackaged saja, tercatat album fullnya sejak era Seraut Wajah 1991 adalah Kupu Kupu Kertas 1995 dan Bahasa Langit 2001.

Sembilan lagu yang ada di album ini semuanya asik di simak, Billy JB selaku penata musik menambahkan aroma musik New Wave di dalamnya, sekedar untuk penyegaran dan terbukti berhasil pada lagu Isyu, Opera Tukang Beca dan Orang Orang Terkucil.

Untuk kualitas pada pita kasetnya masih sangat prima, output sound yang di hasilkan jernih. Album ini juga telah di rilis ulang dalam bentuk kaset oleh Musica Studio's di tahun 1993 kemudian tahun 2000an dengan penambahan cover selongsong luar dan perombakan cover album menjadi dominan putih dari cover awal yang dominan hitam DISINI.

Yang menarik adalah di Malaysia album ini telah dirilis dalam bentuk CD, Kaset dan bahkan PH/ Piringan Hitamnya oleh label Malaysia, di Indonesia saja entah kapan hal itu terwujud. Diantaranya adalah label Life Records/ Hup Hup Sdn. Bhd merilis album Isyu ini dengan berdasarkan cover awal dalam bentuk CD, Kaset dan PH pada tahun 2003, sementara label Music Valley telah merilis format Kaset dan CD album Isyu ini berpatokan dari versi rilisan ulang Musica Studio's di tahun 2006, bukan hanya Isyu saja namun dari volume 1 sampai dengan volume 12. Untuk rilisan Malaysia ini hanya format CDnya saja yang di miliki DISINI, mengingat album tersebut juga sangat langka disana.










......................................

PRAKATA

    Kehadiran Ebiet G. Ade dalam khazanah musik Indonesia sejak tahun 1978 dengan ciri 'Musikalisasi Puisi' mampu menyerap perhatian dari segenap lapisan masyarakat di bumi pertiwi. Gemanya bahkan sampai ke negara-negara tetangga. Hal ini menjadi tantangan bagi Ebiet untuk kembali menampilkan karya cipta puisi dan lagu.
    Jumlah lagu yang disajikan pada album ke-9 ini berjumlah 9, dan secara kebetulan dirampungkan pada bulan ke-9, sedangkan biasanya genap 10 lagu. Hal ini bukan berarti kehabisan ide, akan tetapi variasi susunan lagu untuk memenuhi album ini, memang lebih tepat demikian agar tidak merusak keutuhan.
    89 lagu sudah dirampungkan oleh Ebiet, dari tahun ketahun kehadirannya ditunggu. Menimba pengalaman  dengan rekaman di Philipina dan Amerika. Menyelaraskan karya cipta lagunya dengan dukungan arranger musik Billy J. Budiarjo yang tahu persis cara meramu musiknya. Pada album itu diwarnai 'New Wave' sebagai sisipan pada beberapa lagu, namun demikian ciri khasnya tetap mandiri.
    Memacu prestasi bukanlah hal yang mudah. Ia harus didukung oleh motivasi yang kuat, tegar dan mandiri. Musik yang berbobot, komunikatif dan laris adalah sebuah pengabdian pada masyarakat, artis dan industri musik Indonesia.
    ''Dan kami sadar bagaimana harus memperdagangkan karya seni dengan wajar. Penghargaan-penghargaan yang kami peroleh memang menjadi kebanggaan tapi sekaligus cambuk untuk menciptakan karya-karya yang dicintai masyarakat''.
    BASF AWARD yang diterima oleh Ebiet G. Ade tahun 1985 dan tahun 1986 atas prestasinya pada album ke 7 ''TOKOH-TOKOH'' dan ke 8 ''ZAMAN'' secara berturut-turut, merupakan sebagian dari tanda penghargaan yang telah diperolehnya sebagai simbol masih terus di terimanya kehadiran Ebiet oleh masyarakat luas untuk terus berkarya.
    Semoga album ini bisa memperkokoh eksistensinya...



MUSISI:
Billy JB - Music arranger, keyboards, guitars, roland drum programs
Raidy Noor - Bass
Yap Cie Kian, Suryati Supilin, Edo B, Wachid A -  String
Zulkifly A - Cello
Irsan, Billy JB - Recording Engineer
Jackson Recording Studio - Recording studio
Alpha One - Duplicating

Edwin Rahardjo - Fotography
Endra - Graphic Design

Fans Adress
Jackson Records & Tapes
P.O. BOX 1090 JKT. Kota

......
Tracklist:

Side A
01 Orang Orang Terkucil (jakarta, 1986)
02 Selingkuh/ Pesta II (jakarta, 1986)
03 Cinta Sebening Embun (jakarta, 1986)
04 Isyu (jakarta, 1986)
05 Opera Tukang Beca (jakarta, 1986)

Side B
01 Instrumental Lagu ''Orang Orang Terkucil''
02 Kesaksian Anak Sampah (jakarta, 1986)
03 Potret Anak Harapan (jakarta, 1986 - balada orang orang tergusur)
04 Kita Hanya Bidak Bidak Catur (jakarta, 1986)
05 Hemat Cintamu (jakarta, 1986)
*semua lagu ciptaan Ebiet G. Ade


Salam...

No comments:

Post a Comment