Sunday, February 12, 2017

Opini - Iwan Fals (1982)

Opini - Iwan Fals (1982) 

Album: Opini
Artist: Iwan Fals
Kode: MSC 7195
Label: Musica Studio's
Tahun: 1982
Harga (saat rilis): -

Album kedua yang di rilis bersama label Musica Studio's, berisi sembilan lagu dengan formula yang masih sama dengan album Sarjana Muda 1981 sangat kental dengan corak country baladanya. Salah satu album klasiknya Iwan Fals, semua lagu di album ini berhasil menjadi hits, namun yang terbesar di album ini mungkin lagu Galang Rambu Anarki, bercerita tentang kelahiran anak pertama Iwan Fals di awal tahun 1982, nasehat seorang ayah dan ketidak pastian masa depan, kenaikan harga BBM yang berimbas kepada naiknya berbagai harga bahan pokok, hal itupun masih terjadi pada saat ini, bahkan bukan hanya BBM saja tapi semuanya.

Lagu Galang Rambu Anarki sendiri aransemen musiknya di garap oleh Ian Antono, hanya saja sayangnya tidak tertera pada credit title di album ini. Pada rilisan awal album ini yang saya sendiri juga belum mempunyainya, sebenarnya terdapat tulisan Galang Rambu Anarki cipt. Iwan Fals/ Ian Antono namun kemudian di ralat dan dihilangkan pada rilisan berikutnya, memang sebenarnya kurang tepat jika di katakan ciptaan bersama Ian Antono, karena beliau hanya mengaransir saja, karena melodi dasar dan liriknya tetap Iwan Fals.

Untuk lagu lainnya garapan musiknya di kerjakan oleh Willy Soemantri, musik dan coraknya masih sama, hanya saja musisi pendukungnya tidak sebanyak album sebelumnya. Rancangan grafis album ini tergolong bagus, gambar wajah Iwan muda dengan posisi menyamping bersama harmonikanya, nama perancang grafisnya tidak diketahui karena memang tidak tercantum di dalam credit title. Album ini masih terus di produksi dalam bentuk kaset dari era 1990an format boks hingga era kaset berakhir sekitar tahun 2011, tidak ada perubahan berarti pada covernya.

Format kasetnya sampai saat ini masih menghasilkan sound yang jernih, kualitas Musica memang tidak di ragukan, walau jarang di putar tidak banyak karat yang menempel. Pemilihan bahan yang selektif pada saat itu memang sangat mempengaruhi ketahanannya hingga saat ini, jika di hitung album ini rilis 1982 sampai dengan 2017 ini sekitar 35 tahunan.

Saat ini menunggu rilisan dalam format CD album klasik Iwan Fals era Musica lama diantaranya adalah album Opini ini, entah kapan terwujud. Hingga saat ini belum ada khabar yang menggembirakan. Untuk sementara harus puas dengan CD album kompilasi dan album format kasetnya saja dahulu.










........................

Para Pendukung:
Willy Soemantri - Komandan Musik, PLN Guitar + Guitar Bolong (6 tali)
Sofyan Aldin - Bass Guitar
Norman - Drums
Herry Anggoman - Alat Pencet
Cok Rampal - Banjo, Mandolin
Luluk Purwanto - Biola
Hedick's - Koor
Saya Sendiri - Harmonica (jagungnya bule), Gitar Bolong (6+12 tali) & Perkusi
Bojoku - Nyanyi sedikit pada lagu ''Galang Rambu Anarki'' (kagak pake honor)

Pas Mixing - Mas Anto
Rec. Engineering - Anto & Rusmin
Mixing - Anto
Makasih banyak2 buat: Rosyid, Maman, Uka, Ucin, Ceceh, Yayang, Chilung Ramali & Bossnya Musica

......
Tracklist:

Side A
01 Galang Rambu Anarki - Iwan Fals
02 O. A. M. - Iwan Fals/ Astrajingga
03 Antara Aku Kau Dan Bekas Pacarmu - Iwan Fals
04 Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi - Iwan Fals
05 Sapuku Sapumu Sapu Sapu - Iwan Fals/ Chilung Ramali

Side B
01 OPINIKU - Iwan Fals
02 Ambisi - Iwan Fals
03 Tak Biru Lagi Lautku - Iwan Fals
04 Tarmijah Dan Problemnya - Iwan Fals


Salam...

No comments:

Post a Comment