Thursday, March 9, 2017

Seraut Wajah - Ebiet G. Ade (EGA Records 1991)

Seraut Wajah - Ebiet G. Ade (EGA Records 1991)

Album: Seraut Wajah
Artist: Ebiet G. Ade 
Kode: MSC 7799
Label: EGA Records & Musica Studio's
Tahun: 1991
Harga (saat rilis): 15.000,-


Album ke 12 secara keseluruhan dan album ke 3 dengan label EGA Records, label milik sendiri,  di rilis sekitar akhir 1990an dengan memuat delapan komposisi lagu di tambah satu lagu dengan format minus one/ musik saja tanpa vokal (dahulu sebagai bonus untuk berkaraokean). Kali ini bekerja sama dengan label Musica Studio's selaku distributornya.

Penata musik di album ini di pegang oleh dua orang yaitu Purwatjaraka mengaransir 5 lagu dan R. Tony Suwandi 3 lagu. Jauh sebelum album ini, R. Tony Suwandi juga pernah berkolaborasi di album terdahulu yaitu mengaransemen lagu ''Titip Rindu Buat Ayah'' album Camellia IV di tahun 1980. Rancangan grafis album ini masih di kerjakan oleh Boedi Soesatio, salah satu cover album Ebiet dengan konsep yang bagus dan favorit menurut saya pribadi.

Album ini juga pertama kali dalam sejarah album Ebiet, di rilis dalam format CD pada tahun yang sama, memuat 12 lagu (di tambah 4 lagu dari album terdahulu). Sementara di negara Malaysia album ini juga telah di rilis dalam format CD di tahun 2006 oleh label Music Valley Sdn. Bhd. dengan mengambil lisensi dari rilisan ulang remastered Musica Studio's. Ulasan format CD DISINI. Untuk rilisan ulang format kaset rilisan dalam negeri oleh Musica Studio's DISINI. Covernya sedikit mengalami perubahan dari rilisan awal ini, tetapi urutan lagu tetap sama.

Kualitas pita kasetnya masih sangat prima, boleh di bilang tak ada karat yang menempel walau sangat jarang di putar, sehingga sound yang keluar masih sangat bagus, tak kalah dengan sound yang keluar dari format CD. Pemilihan bahan yang terbaik sangat mempengaruhi ketahanan kaset hingga sekarang, masa di mana kaset tidak lagi di produksi lagi.

Berharap album beliau di rilis ulang dalam bentuk boxset seperti halnya album musisi/ penyanyi yang lainnya, masak ga ada produser/ label yang berani? hehe...








.............................

Prakata..

Yang patut saya tulis, adalah sederet ucapan Terima Kasih antara lain untuk mas R. TONY SUWANDI dan IR. PURWATJARAKA atas kesediaannya mengaransir lagu lagu saya dengan sabar, teliti, dan berusaha memahami nilai dan hasrat yang terkandung dalam ungkapan pada lirik lagu lagu saya.

Juga para pemusik, yang telah sangat membantu. Mereka mereka adalah mas OMDY, UCE HUDIORO, HENGKY F, BUDHI, Mbak WIDYA KRISTANTI, Mas EDO B, Mbak SURYATI SUPILIN, SU YIN, Mas YUDHIANTO, DIDIET, PRAMONO, MUS MUJIONO dan yang lain lainnya.

Serta penata suara, atau yang biasa disebut operator, Mas DANNY dari MUSICA STUDIO, yang telah bekerja keras memberi sentuhan akhir. Mas AGUS dari SOUND CITY STUDIO serta IRSAN dari JACKSON STUDIO, dan juga Mas KAMTO yang selalu menggunakan istilah menggangu, meskipun yang dikerjakan adalah membantu saya.

Kemudian cinta kasih untuk ISTRI dan ANAK ANAK saya yang selalu mengalirkan kebahagiaan, kegembiraan, mengantarkan saya berangkat kerja, sigap membangunkan disaat saya tidur terlampau lama. Juga IBUKU yang saya tahu, beliau tak pernah berhenti berdoa untuk saya.

Selebihnya adalah terima kasih untuk para pencinta lagu lagu saya, saya yakin bahwa anda anda pasti masih bisa menemukan dan mengenali saya diantara gemerlap ribuan yang lainnya.

Dan, ucapan terimakasih ini tentu tidaklah cukup, sebab masih banyak orang orang yang harus saya beri ucapan terima kasih.

Dan anda pasti, diantaranya..

Jakarta, 1991


....
Desain Grafis - Boedi Soesatio
Fans Adress - Radio Ganesha
Jl. Siliwangi 41 Bandung

Tracklist:

Side A
01 Seraut Wajah (jakarta, 1987)
arr. R. Tony Suwandi
02 Dengarkanlah Kata Kataku (jakarta, 1990)
arr. Ir. Purwatjaraka
03 Apakah Ada Bedanya (jakarta, 1989)
arr. R. Tony Suwandi
04 Biarlah Aku Diam (jakarta, 1987)
arr. Ir. Purwatjaraka
05 Seraut Wajah (minus one)

Side B
01 Langit Terluka (jakarta, 1987)
arr. Ir. Purwatjaraka
02 Ketika Aku Mulai (jakarta, 1989)
arr. R. Tony Suwandi
03 Berjalan Diam Diam (jakarta, 1987)
arr. Ir. Purwatjaraka
04 Kembara Lintasan Panjang (jakarta, 1989)
arr. Ir. Purwatjaraka


Salam...

No comments:

Post a Comment