Saturday, April 15, 2017

Begitu Penting - Doel Sumbang (2002)

Begitu Penting - Doel Sumbang (2002) 

Album: Begitu Penting
Artist: Doel Sumbang
Kode: AG-02-058 IND
Label: Arga Swara Kencana Musik & Blackboard
Tahun: 2002
Harga (saat rilis): 15.000,-

Tak ada lagu baru disini hanya lagu lama yang diaransemen ulang, tetapi bukan Doel Sumbang namanya jika tidak menawarkan sesuatu yang fresh, lagu boleh lama tetapi aransemen tentu berbeda.

Album ini kaya akan unsur etnik khas Sunda baik melodi lagu maupun alat musiknya berupa gamelan, perkusi, suling dan ditambah dengan biola, semua lagu mendapatkan sentuhan etnik yang sama tetapi dengan kadar berbeda masing-masingnya. Sebagai pembuka di awali oleh lagu ''KBBN Istrument'' maksud dari KBBN sendiri adalah singkatan dari Kalau Bulan Bisa Ngomong di album ini lagu tersebut dijadikan sebagai lagu instrumentalia, suara kendang, seruling dan biola silih berganti menyapa telinga sebagai pengganti vokal Doel S. Secara umum semua garapan musik pada album ini sangat bagus. Ada beberapa yang sedikit berbeda seperti lagu ''Singkirkan Saja Pacarmu'' dengan corak blues + suara harmonika gagahnya, kemudian ''Aku Ada Disini'' lagu bercorak latin + suara gitar akustik bernuansa latin pula, semua itu walaupun dicomot dari budaya luar tetapi oleh Doel S. tetap disisipkan nuansa etnik sunda, terkadang hanya selintas atau samar terdengar tetapi sudah cukup memberi warna.

Hal yang bisa kita tangkap dari album ini secara tersirat adalah mengajarkan kita untuk mencintai budaya sendiri, apalagi di era yang seperti ini begitu mudah kita melupakan bumi yang di pijak demi mengejar sebuah angan jauh di atas awan. Jika di kemas dengan baik maka musik tradisi atau budaya kita sebenarnya tak kalah bagusnya dengan musik tradisi/ budaya dari luar sana. Doel Sumbang sendiri memang concern dengan musik tradisi terutama etnik Sunda, sehingga wajar pada sebagian besar karyanya banyak memasukkan unsur unsur tradisi tersebut.

Sedikit tentang album ini, setelah kita search di mesin pencari ternyata info tentang album ini sangat minim, bahkan jika search dirubah menjadi pencarian gambar hasilnya hanya ada beberapa saja yang memuat cover album ini. Kemudian jika kebetulan mampir ke Wikipedia dalam artikel diskografi Doel Sumbang pun album ini tak tercantum, sesuatu yang mungkin terlewatkan.










...............................

Para Terlibat:

Lirik lagu/ vocal - Doels
Back.vocal - Lea, Uwi, Via & PSM Unpad
Drum - Agoes
Bass - Achmed, Joel, Doels
Guitar - GanWong, Poet Wee
Perkusi/ Gamelan dsb - Ade Rudiana, Billy, Epeek, Rudi, Ricky, Jajang, Ndang Silk, Ipin, Tia
Kibor/ Drummachine - Buldog
Harmonika - Wa' Harry Pochank
Studio - On-studio Bandung
Thanks to - Omen, Loyor & MD
Desain Cover - Ijote

Tracklist:

Side A
01 KBBN Instrument
02 Pangirut
03 Fatamorgana
04 Lurus
05 Singkirkan Saja Pacarmu

Side B
01 Begitu Penting
02 Singkirkan Saja Pacarmu
03 Aku Ada Disini
04 Gila Tidak Waras Tidak
05 Laut


Salam...

No comments:

Post a Comment