Tuesday, April 11, 2017

Ost. Damai Kami Sepanjang Hari - Iwan Fals (1985)

Ost. Damai Kami Sepanjang Hari - Iwan Fals (1985) 

Album: Ost. Damai Kami Sepanjang Hari
Artist: Iwan Fals
Kode: -
Label: AA Records & Musica Studio's
Tahun: 1985
Harga (saat rilis): -

Album ini adalah soundtrack film Damai Kami Sepanjang Hari yang di perankan oleh Iwan Fals sebagai tokoh utama di bantu beberapa nama seperti Titin Suherman, Rima Melati, Ade Irawan, Sandy Taroreh, Nunu Datau, Afrizal Anoda dan banyak nama lainnya, film arahan Sophan Sophiaan ini bercerita tentang perjuangan Iwan (Iwan Fals) sebagai pengamen jalanan dan bercita-cita menjadi penyanyi/ musisi terkenal, namun jalan yang ia tempuh sangat terjal dan berbatu.

Berbagai penderitaan didera oleh Iwan sejak awal film dimulai yaitu ketika ayahnya yang berprofesi sebagai sopir bajaj meninggal karena di tabrak oleh Dance Lintang, seorang artis ternama yang arogan. Ditengah film silih berganti Ibunya yang tengah hamil tua pun meninggal dengan meninggalkan bayi yang baru dilahirkan. Iwan sebagai kakak tertua secara otomatis menanggung segalanya, adik-adiknya yang berjumlah enam orang, di tambah Iwan saat itu sedang bersekolah SMA, menjaga dan menafkahi keluarga sangat mebutuhkan perhatian ekstra, semua itu lama kelamaan membuat Iwan merasa tertekan. Puncaknya ketika adik-adiknya harus di titipkan di panti asuhan karena Iwan dianggap tak mampu menjaga adik adiknya.

Di dalam film ini Iwan banyak dibantu oleh Tia (Titin Suherman) sebagai kekasih Iwan dan juga Miftah (Afrizal Anoda) teman lamanya yang berprofesi sebagai wartawan, disini ia kenal dan dekat dengan salah satu produser musik. Banyak hal yang dialami, namun semuanya berakhir bahagia, Iwan akhirnya berhasil menghadapi semua rintangan dan menjadi penyanyi terkenal, ia pun bisa membahagiakan semua adik adiknya. Selengkapnya jika belum pernah menonton film ini silahkan saja mengintip ke YouTUBE. Ceritanya sedikit mirip dengan kehidupan Iwan Fals yang memulai karirnya sebagai pengamen, tetapi di film ini ceritanya hanya fiktif belaka.

Beberapa lagu dari album terdahulu Iwan Fals juga di sertakan ke dalam film ini seperti Jendela Kelas sebagai lagu pembuka pada film ini, kemudian Ujung Aspal Pondok Gede saat demo di depan produser, Damai Kami Sepanjang Hari saat Iwan, Tia dan ke enam adiknya sedang liburan di sebuah taman, seterusnya ada Kereta Tiba Pukul Berapa, Sumbang dan juga Sore Tugu Pancoran.

Kesemua lagu ini di rangkum dalam sebuah album Ost. Damai Kami Sepanjang Hari. Ditambah beberapa lagu hits lainnya walau tidak ada muncul di dalam film tersebut. Pada album ost. tersebut terdapat kesalahan penulisan, harusnya ''Damai Kami'' tetapi tertulis ''Damai Hati'', kemungkinan inilah yang membuat album tersebut di tarik dari peredaran sehingga sekarang sedikit susah untuk mendapatkan albumnya. Lagu Damai Kami sendiri tidak berbeda aransemennya dengan versi asli di album Sore Tugu Pancoran, hanya ada sedikit perubahan lirik semata mata untuk kesesuaian dengan filmnya. Lirik ''Gurauan Istri dan Anakku'' diganti dengan ''Dengar Canda Adik-adikku'', kemudian ''Antarkan segelas kopi susu'' di ganti dengan ''Antarkan segelas kopi''.

Filmnya sendiri awalnya dirilis dalam format video kaset beta, yang saya dapatkan ini adalah rilisan VCD yang entah versi keberapanya. Diedarkan oleh Karyamas Vision.

Iwan Fals pernah tercatat beberapa kali bermain film, tetapi hanya film ini saja yang benar benar main film. Pada era selanjutnya beliau juga menggarap film Kantata Takwa tapi sifatnya semi dokumenter dan pada beberapa film sebagai cameo saja.












..........................

Tracklist:

Side A
01 Damai Kami Sepanjang Hari
     cipt. Iwan Fals
02 Ujung Aspal Pondok Gede
     cipt. Iwan Fals
03 Kereta Tiba Pukul Berapa
     cipt. Iwan Fals
04 Sumbang
     cipt. Iwan Fals
05 Jendela Kelas
     cipt. Iwan Fals

Side B
01 Oemar Bakri
     cipt. Iwan Fals
02 Galang Rambu Anarki
     ciptt. Iwan Fals
03 Sugali
     cipt. Iwan Fals
04 Kumenanti Seorang Kekasih
     cipt. Yoesyono
05 Ethiopia
     cipt. Iwan Fals


Salam...

No comments:

Post a Comment