Friday, May 12, 2017

Bento (Rock Version '93) - Bento Group (1993)

Bento (Rock Version '93) - Bento Group (1993) 

Album: Bento Rock Version
Artist: Bento Group Dkk
Kode: -
Label: Harpa Records dan Metrotama Records
Tahun: 1993
Harga (saat rilis): 5.000,-

Tak ada lagu baru di album kompilasi keroyokan ini, hanya ada lagu lama milik Swami berjudul Bento yang dirubah aransemennya oleh Bento Group menjadi versi rock oktan tinggi. Bento Group sebenarnya bukan group band asli,  hanya sekedar kelompok musisi jam session saja untuk mengaransemen ulang lagu ini. Kemudian pemakaian nama Bento Group lebih kepada faktor keunikannya saja, sepertinya keren memakai nama tersebut sebagai sebuah kelompok band. Selain itu faktor kepopuleran nama Bento yang belum sirna dari ingatan masyarakat juga salah satu faktor pertimbangan agar orang penasaran dan kemudian membeli albumnya. Rummy Aziez adalah orang yang ada di belakangnya sebagai promotor dan penggagasnya, hanya nama beliau saja yang di ketahui sebagai anggota kelompok Bento Group ini, selebihnya inden.

Lagu selanjutnya adalah Pak Tua ciptaan Pitat Haeng (nama samaran Iwan Fals) yang juga dinyanyikan ulang oleh Rummy Aziez, lagu yang awalnya muncul di album Tato milik Elpamas ini tidak mengalami perubahan aransemen yang berarti dari versi awalnya, sama sama enak di simak. Namun nasib lagu yang di nyanyikan oleh Rummy Aziez ini lebih beruntung karena lebih tenar daripada versi aslinya, di sebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah sering ikutan muncul dalam album kompilasi the best Iwan Fals rilisan Harpa Records.

Kedua lagu ini baik Bento versi rock maupun Pak Tua akhirnya berhasil menjadi lagu yang dikenal masyarakat umum, bukan hanya karena lewat satu album ini saja, seperti yang saya utarakan di atas, promosi berkelanjutan karena seringnya ikut nimbrung dalam album kompilasi Iwan Fals maupun album kompilasi various artis yang di rilis oleh label Harpa Records/ SKI. Lagu lainnya sebagai pelengkap tracklist di ambil dari lagu milik Iwan Fals, Sirkus Barock, Sawung Jabo dan Gong 2000. Semua lagu tersebut masih dibawah label Harpa Records.

Rummy Aziez adalah orang yang banyak makan asam garam industri musik tanah air sejak era 80an hingga saat ini masih terus berkarya dan berkarir. Generasi jaman sekarang mungkin banyak yang tidak kenal dengan beliau, wajar saja karena pemberitaan tentang beliau sangat sedikit. Beberapa track recordnya selama ini adalah sebagai nara sumber, pengamat musik, pencipta lagu mulai dari Anggun C. Sasmi sampai era Citra Scholastika/ Inul Daratista, Produser berbagai album seperti Iwan Fals, Inka Cristie. Sutradara berbagai video klip musik dan film. Pengurus PAPPRI (Paguyuban Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Idonesia) pada bidang Hubungan Industri, yang terbaru adalah sebagai A&R Director Suara Sangkar Emas berdiri tahun 2010 sebagai mitra distributor resmi seluruh album yang dijual di gerai waralaba KFC.







...............

Tracklist:

Side A
01 Bento - cipt. Iwan Fals/ Naniel
     BENTO GROUP
02 Besar dan Kecil - cipt. Iwan Fals/ Naniel
     Iwan Fals
03 Ayo Belajar - cipt. Sawung Jabo
     Sawung Jabo
04 Imitasi - cipt. Iwan Fals
     Iwan Fals
05 Anak Setan - cipt. Sawung Jabo
     Sirkus Barock

Side B
01 Rindu Damai - cipt. Ian Antono/ Ali Akbar
     Gong 2000
02 Badut - Sawung Jabo
     Sawung Jabo
03 Panggilan Dari Gunung - Iwan Fals
     Iwan Fals
04 Pak Tua - cipt. Pitat Haeng
     Rummy Aziez
05 Alamatnya Terlupa - cipt. Sawung Jabo/ Rendra
     Sirkus Barock


Salam...

No comments:

Post a Comment