Monday, May 22, 2017

CD Jurang Pemisah - Chrisye & Jockie Suryoprayogo (new press 'May 2017)

CD Jurang Pemisah - Chrisye & Jockie Suryoprayogo (new press 'May 2017) 

Album: CD Jurang Pemisah
Artist: Chrisye & Jockie S.
Kode: APC AQM 22-2
Label: Pramaqua & Aquarius Musikindo
Tahun: Mei 2017
Harga (saat rilis): 50.000,-

Di tengah kelesuan nasib penjualan album dalam format rilisan fisik, beberapa label rekaman masih tetap bersemangat mencetak dan merilisnya, walau porsinya tak sebanyak era terdahulu. Sesuatu yang meresahkan sebenarnya, bahwa kemungkinan besar dimasa yang akan datang album klasik legendaris maupun lagu bagus di era tersebut tak akan lagi ada format fisiknya, apalagi di tambah dengan khabar bahwa label besar dunia sekelas Warner dan Sony Music saja sudah memutuskan tutup buku untuk merilis album dengan format fisik baik kaset maupun CD.

Label lokal Indonesia seperti Aquarius Musikindo adalah salah satu label rekaman yang wajib di acungi jempol, masih optimis dengan album rilisan fisik, baru baru ini kembali merilis ulang album Jurang Pemisah milik Jockie S. dan Chrisye yang di rilis ditahun 1977 silam. Sebenarnya album ini telah dirilis ulang ditahun 2004 (ulasan versi format KASET ada disini) dengan beberapa perubahan dari rilisan awalnya, salah satunya adalah pada cover yang mengalami penyempurnaan + penambahan teks lagu yang di kerjakan desain grafisnya oleh Lesin. Kemudian yang terpenting adalah album ini telah di mastering ulang sehingga sound menjadi lebih bagus, tempat masteringnya pun tak main main yaitu di Studio 301 Sydney Australia, mastering oleh Don Bartley dan David MacQuarie. Label Aquarius memang terlihat sangat serius dalam project merilis ulang album klasik ini.

Untuk rilisan 2004 saat itu tersedia dalam format kaset dan CD, dan harganya hingga saat ini telah merangkak naik, untuk format CD nya saja harganya telah tembus hingga satu juta rupiah. Beruntung saja label Aquarius faham dengan kondisi tersebut, dan pada bulan Mei ini akhirnya merilis ulang album ini (tetapi dalam format CD nya saja, sementara kaset tak lagi di produksi) sehingga tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk mendapatkan sekeping album legendaris ini. Rilisan sekarang ini sama persis dengan versi rilisan tahun 2004, karena memang masih satu master baik audio maupun covernya.










..............

Music director - Yockie
Guest star - Chrisye
Aransemen lagu - Yockie
Penata suara - Stanley/ Yockie
Studio rekaman - Irama Mas
Desain cover - Lesin
Produksi - PT. Pramaqua

Distribusi dan pemasaran - PT. Aquarius Musikindo
Studio mastering - Studio 301
Mastering - Don Bartley
Sonic solution - David Macquarie
Mastering & sonic solution supervision - Iman S

Terimakasih untuk Ian Antono dan Teddy Sudjaya dalam lagu lagu Putri Malam, Dia dan Mesin Kota


Tracklist:
01 Jeritan Seberang vocal Chrisye
     Cipt. James F. Sundah
02 Jurang Pemisah vocal Chrisye
     Cipt. Yockie/ James F. Sundah
03 Sirna vocal Chrisye
     Cipt. Yockie
04 Mesin Kota vocal Chrisye
     Cipt. Yockie/ James F. Sundah
05 Putri Malam vocal Chrisye
     Cipt. Yockie/ Temmy Lesanpura
06 Dendam vocal Chrisye
     Cipt. Yockie
07 Gerutu Menggerutu vocal Yockie
     Cipt. Yockie
08 Harapan vocal Yockie
     Cipt. Yockie
09 Dia vocal Chrisye
     Cipt. Yockie/ Theodore KS


Salam...

3 comments:

  1. salam,

    Saya adalah blogger insan marhaen. terpengaruh dengan blog tuan tentang koleksi cd/kaset, saya juga terpanggil untuk membuat blog sendiri untuk menulis berkenaan koleksi album yang saya ada.

    muga usaha kecil ini akan memberi menafaat kepada sekalian sahabat yang meminati muzik...

    ReplyDelete
  2. link blog saya : http://kadokecilbuatistri.blogspot.my/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya pakcik saya hanya membahas tentang musik saja, karena hanya itu yang saya bisa sekaligus melatih agar sentiasa terbiasa menulis dengan baik.

      wah ada blog satu lagi kah pak cik? mantap hehe. jika memang banyak koleksi musik dalam bentuk album fisik, memang baguslah di buatkan blog satu untuk membahasnya.

      Delete