Monday, May 1, 2017

Dialog - Setiawan Djody (1992)

Dialog - Setiawan Djody (1992) 

Album: Dialog
Artist: Setiawan Djody
Kode: -
Label: Airo Records
Tahun: 1992
Harga (saat rilis): 6.000,-

Setelah sukses dengan proyek musik Kantata Takwa dan banyak membantu di belakang panggung kelompok musik Swami, Setiawan Djody akhirnya merilis album solonya dengan judul Dialog ditahun 1992 yang berisi 10 komposisi lagu dengan tema yang beragam tetapi lebih dominan tentang tema tema politik dan juga kritik sosial. Sebagai lagu pembuka ada lagu Pesta Demokrasi (Pesdok), sebuah lagu instrumentalia dengan raungan suara gitar elektrik yang dimainkan oleh Djody, di antara suara gitar tersebut terdengar suara Djody tetapi bukan bernyanyi, namun lebih kepada berbicara/ bergumam tentang kondisi perpolitikan saat itu.

Beberapa lagu didalamnya ada yang familiar seperti Air Mata Emas Hitam, Orang Utan dan Anjing Malam dikarenakan lagu tersebut dibawakan dalam konser Kantata dan dikemudian hari dirilis dalam format album live. Ada satu lagu berjudul Mata Dewa dari album yang berjudul sama milik Iwan Fals. Lagu tersebut merupakan ciptaan mereka berdua saat berada di pantai Kuta Bali, di album ini lagu tersebut kembali dimasukkan tetapi dengan mengalami perubahan aransemen menjadi blues dan lirik juga dirubah menjadi Bahasa Inggris.

Para pendukung musik pada album ini tercatat memang rata rata adalah anggota Kantata Takwa juga, ada Sawung Jabo yang ikut sebagai backing vocal dan juga bernyanyi di lagu Suara Keringat Jalanan, Donny Fattah bermain bass dan Jockie S. sebagai penata musik pada semua lagu dan ikut bernyanyi di lagu Wanita Prahara. Kemudian ada Totok Tewel pada rhythm gitar. Nama besar lain yang ikut disini adalah Billy J. Budiardjo dan Addie MS sebagai Orchestra Arrangement. Sebuah barisan nama nama yang menjanjikan untuk sebuah album yang berkualitas.

Garapan covernya sedikit unik, dengan penambahan cover selonsong luar yang dibuat seperti sebuah buku tua klasik. Sementara pada bagian dalam terdapat foto dokementasi saat konser Kantata Takwa pertama kali di Stadion Utama Jakarta pada tanggal 23 Januari 1990 yang dihadiri oleh lebih 150.000 penonton.

Format yang telah dirilis untuk album ini adalah kaset dan CD. Untuk format kaset masih mudah untuk menemukannya, sementara format CD sepertinya telah langka dan jikapun ada sekarang harganya sudah sangat tidak wajar. Format kaset pun sedikit memiliki kendala pada pitanya, gampang rontok dan karatnya banyak, berakibat pada output sound yang tidak maksimal. Rata rata kaset rilisan Airo awal seperti Mata Dewa, Swami maupun Kantata semuanya memiliki masalah seperti itu.









..............................

Musicians:
Lead Vocal - Setiawan Djody
Lead Guitar - Setiawan Djody
Keyboards - Jockie Suryoprayogo
Drums & Percussions - Innisisri & Rere
Bass Guitar - Donny Fattah & Jockie S.
Rhythm Guitar - Jockie S, Odink Nasution, Eddy Kemput, Totok Tewel, Sawung Jabo
Vocals - S. Djody, Jockie S (Wanita Prahara)
Backing Vocals - Hengky, Jockie S, Sawung Jabo, Anto Yuwono
Choir - Sunarti Suwandi, Bengkel Teater, Anca, Trisakti
Orchestra Arrangement - Billy J. Budiarjo, Addie MS
Mixing Engineer - Fender
Mixing Supervisor - Jockie S

Executive Producer - Setiawan Djody
Distributed by - Airo Records
Recorded at - Gin's Studio
Remastering - Santo, Lion Studio - Singapore

Tracklist:

Side A
01 Pesta Demokrasi (Pesdok)
02 Air Mata Emas Hitam
03 Suara Keringat Jalanan
04 Mata Dewa
05 Orang Utan

Side B
01 Anjing Malam
02 Raja Elang
03 Wanita Prahara
04 Ruang Dan Waktu
05 Mentari Dan Cakrawala (Instrumentalia)
*semua lagu ciptaan Setiawan Djody



Salam...

No comments:

Post a Comment