Saturday, May 13, 2017

Terminal - Iwan Fals/ Franky Sahilatua/ Ian Antono (1993)

Terminal - Iwan Fals/ Franky Sahilatua/ Ian Antono (1993)

Album: Terminal
Artist: Iwan Fals/ Franky Sahilatua/ Ian Antono
Kode: -
Label: Harpa Records dan Metrotama Records
Tahun: 1993
Harga (saat rilis): 5.000,-

Album yang dirilis pada april 1993 dengan  mengetengahkan satu lagu baru saja berjudul Terminal ciptaan Iwan Fals yang dinyanyikan Franky Sahilatua duet bersama Iwan Fals, sementara penata musik dikerjakan oleh Ian Antono. Kolaborasi yang melibatkan tiga nama besar ini menjanjikan sebuah kualitas lagu yang bagus, dan terbukti lagu ini berhasil menjadi hits dan abadi hingga sekarang.

Lagunya sendiri bercerita tentang suasana terminal di siang terik dengan berbagai objek fokus didalamnya, diantaranya ada pejalan kaki, jari jari seorang kondektur berdaki, bahkan WC umum pun tak luput dari perhatian, di sela deru suara mesin yang bising ada pencopet kecil mencari sasaran, pedagang kaki lima ramai menjajakan barang, pengemis yang meratap mengharap iba dari orang orang yang lewat. Suasana yang di bangun cukup untuk merasakan bahwa kita sedang berada didalam suasana terminal yang riuh rendah seperti ini. Ian Antono sebagai arranger cukup luwes dan jeli dalam meramu musik, disini musik yang di garapnya tidak murni rock, tetapi sedikit diaduk dengan corak country. Mantap..

Sukses dengan album ini kemudian berlanjut pada kerja sama berikutnya berupa single lagu Orang Pinggiran yang juga di kerjakan oleh mereka bertiga pada tahun 1995 dan untuk kedua kalinya berhasil menjadi hits. Tidak hanya itu di tahun 1998 mereka juga kembali bekerja sama dalam menggarap lagu berjudul ''Dibawah Tiang Bendera'' yang bertujuan untuk iklan layanan masyarakat sebagai himbauan untuk tetap damai, karena pada masa itu Bumi Pertiwi sedang tercabik oleh berbagai kerusuhan saat Reformasi.

Album ini hanya memuat satu lagu baru saja, selebihnya adalah lagu lagu lama milik penyanyi lainnya yang masih dibawah label Harpa Records sebagai pelengkap tracklist, diantaranya ada Bento (Rock Version) dan Pak Tua oleh Rummy Aziez, Jatuh Lagi dan Nyanyian Laut milik Nicky Astria, Gadis Tersesat oleh Grass Rock, Problema Cinta dari Anggun C. Sasmi, terakhir Langit Mendung milik Sawung Jabo. Terminal cukup sering muncul di album kompilasi Iwan Fals maupun Franky Sahilatua dan kompilasi various artist rilisan Harpa Records.







................

Produksi APRIL '93
Terminal
Ciptaan - Iwan Fals
Vocal - Franky Sahilatua
Vocal Tamu - Iwan Fals
Musik - Ian Antono

Tracklist:

Side A
01 Terminal - cipt. Iwan Fals
     vocal - Franky Sahilatua/ Iwan Fals/ Ian Antono
     bac. vocal - Hengky/ Iskandar
02 Bento - cipt. Iwan Fals/ Naniel
     vocal - Bento Group
03 Jatuh Lagi - cipt. Ote Abadi
     vocal - Nicky Astria
04 Gadis Tersesat - cipt. Dayan
     vocal - Grass Rock
05 Nyanyian Cinta - cipt. Franky S.
     vocal - Franky S.

Side B
01 Mereka Ada Dijalan - cipt. Iwan Fals
     vocal - Iwan Fals
02 Pak Tua - cipt. Pitat Haeng
     vocal - Rummy Aziez
03 Langit Mendung - cipt. Sawung Jabo
     vocal - Sawung Jabo
04 Nyanyian Laut - cipt. Iwan Fals/ Sawung Jabo
     vocal - Nicky Astria
05 Problema Cinta - cipt. Kecuk CH/ Yudhie NH
     vocal. Anggun C. Sasmi


Salam...

No comments:

Post a Comment