Wednesday, June 7, 2017

Cermin 7 - God Bless (Desember 2016)

Cermin 7 - God Bless (Desember 2016) 

Album: Cermin 7
Artist: God Bless
Kode: APC AQM 9360-2
Label: Rumah Musik Kita & Aquarius Musikindo
Tahun: 2016
Harga (saat rilis): 77.000,-

Album yang dirilis di penghujung tahun 2016 ini berjarak tujuh tahun dari album sebelumnya bertajuk Godbless 36th dan merupakan album ketujuh terhitung sejak album pertama mereka berjudul God Bless 'self titled' yang dirilis tahun 1975 oleh label Pramaqua. Materinya sendiri berisi lagu lagu God Bless dari album Cermin 1980, ke sembilan materi lagu yang ada di album tersebut kembali di aransemen ulang disini, pakemnya masih sama dengan versi aslinya tidak ada perubahan yang berarti. Album Cermin merupakan album yang fenomenal pada zamannya bahkan sampai saat ini, namun pada masa itu teknologi yang ada masih sederhana sehingga sound yang didapat dari album ini sangat jauh dari harapan. Para personilnya merasa perlu untuk merekam kembali dengan teknologi yang lebih baik. Jika kita simak dan bandingkan dengan versi originalnya, sound yang di hasilkan memang lebih kaya, jernih dan bagus, masteringnya pun tidak tanggung tanggung, dilakukan di studio ternama di negara Australia.

Selain sembilan lagu dari album Cermin, ada tiga tambahan lagu baru sebagai bonus track yaitu Damai dan Bukan Mimpi Bukan Ilusi, lirik di ciptakan oleh Teguh Esha seorang wartawan dan novelis yang terkenal dengan novel Ali Topan Anak Jalanan, sementara Donny Fattah dan Diah Pitaloka menciptakan lagu berjudul Kukuh. Bonus track ini terdapat pada disc 2 sementara untuk disc 1 khusus berisi 9 lagu dari album Cermin yang telah di aransemen ulang.

Pemilihan materi dari album Cermin untuk diaransemen ulang bukan hanya tentang ingin mendapatkan sound yang lebih baik, tetapi lebih daripada itu, tema tema yang ada di album tersebut masih sangat relevan hingga saat ini, mulai dari nasionalisme, kritik sosial, kegelisahan maupun tentang sejarah masa lalu. Tiga lagu baru di dalamnya juga semakin memperkuat pesan positif yang di sampaikan lewat album ini, salah satunya adalah tentang perdamaian.

Satu informasi berharga lagi di album ini adalah di cantumkannya nama Deddy Ismanto sebagai pencipta lirik di album Tuan Tanah, Sodom Gomorah dan Insan Sesat. Di album Cermin format CD rilisan Log Music namanya bahkan tidak muncul, juga di album perdana Gong 2000 yang memuat dua lagu dari album Cermin yaitu Anak Adam dan Sodom Gomora, nama beliau sebagai pencipta lagu tidak tercantum. Deddy Ismanto sendiri adalah salah satu penggemar God Bless yang suka membuat lirik lagu dan ia pun berteman akrab dengan para personil terutama Ian Antono pada saat itu.

Albumnya sendiri memakai kemasan digipack, memiliki garapan cover bercorak hitam putih bermotif ukiran klasik memberikan kesan elegan. digarap oleh Darno Sudarno. Didalamnya juga terdapat booklet kecil berisi teks lagu dan foto foto para personel God Bless sedang berada di dalam studio, masih dengan warna bercorak hitam putih.

Ulasan untuk versi original album Cermin dalam format CD DISINI. Versi original tersebut menunjukkan kualitas skill mereka, dengan teknologi yang sederhana mampu merekam karya yang maha sulit ini. Bagian yang tak tergantikan adalah suara Achmad Albar yang mampu menjangkau nada tinggi, garang dan powerfull. Semua itu hanya bisa disimak pada album Cermin versi originalnya.































  

...................
GOD BLESS
Achmad Albar - Lead Vocal
Ian Antono - Guitar & Backing Vocal
Donny Fattah - Bass & Backing Vocal
Abadi Soesman - Keyboards & Backing Vocal
Fajar Satritama - Drums

Musicians:

Ixan Violin (String Section on ''Balada Sejuta Wajah, Cermin and Bukan Mimpi Bukan Ilusi'')
Zaky Tifano, Ajeng Apriliasih and Avia Athalia (Choirs on ''Cermin, Anak Adam and Bukan Mimpi Bukan Ilusi'')
Daood'DEBU (Darbuka and Riq Percussion on ''Anak Adam''/ Bendir on ''Kukuh'')
Ali Kribo (Djimbe Percussion on ''Kukuh'')

Executive Producer - Rumah Musik Kita
Produced by - Ian Antono
All Tracks Recorded by - Rocky Antono at Rumah Kita Studio
Vocal Record Engineered by - Dedek Ardiansyah
Drum Record Engineered by - Sadat Effendy
Supported by Chandracom and EC3Studio
All Tracks Mixed by - Stephan Santoso at Slingshot Studio
Mastered by - Steve Smart at 301 Studios Australia
Concept & Art Direction by - Albert Widjaja
Design by - Darno Sudarno
Photography by - Evan Antono


.... 
Tracklist:

Disc 1
01 Musisi
     song/ lyric - Donny Fattah
02 Selamat Pagi Indonesia
     song - Ian Antono/ lyric - Theodore KS
03 Anak Adam
     song/ lyric - Donny Fattah/ Benny Gagola
04 Balada Sejuta Wajah
     song - Ian Antono/ lyric - Theodore KS
05 Ingat
     song/lyric - Donny Fattah
06 Insan Sesat
     song - Abadi Soesman/ lyric - Deddy Ismanto
07 Cermin
     song/ lyric - Donny Fattah
08 Sodom Gomorah
     song - Ian Antono/ Lyric - Deddy Ismanto
09 Tuan Tanah
     song - Ian Antono/ Lyric - Deddy Ismanto

Disc 2
01 Damai
     song - Ian Antono/ lyric - Teguh Esha
02 Kukuh
     song - Donny Fattah/ lyric - Donny Fattah/ Diah Pitaloka
03 Bukan Mimpi Bukan Ilusi
     song - Ian Antono/ lyric - Teguh Esha


Salam...

No comments:

Post a Comment