Sunday, July 30, 2017

20 Golden Hits (album kompilasi) - Iwan Fals (1995)

20 Golden Hits (album kompilasi) - Iwan Fals (1995)

Album: 20 Golden Hits
Artis: Iwan Fals
Kode: ARI.1565
Label: Atlantic Record & Keyboard
Tahun: 1995
Harga (saat rilis): 13.000,-

Ini adalah satu dari sekian banyak album kompilasi Iwan Fals dirilis pada era 90an, pada masa masa itu memang sangat ramai tak terhitung jumlah album kompilasi yang dirilis dengan memakai berbagai judul dan bermacam desain cover mulai dari desain serius hingga sederhana pun ada, seakan berlomba lomba menarik perhatian penggemar agar berminat untuk membelinya, walaupun jika diperhatikan isi lagu yang di tawarkan tak banyak berubah. Dari berbagai macam album kompilasi tersebut berdasarkan label yang merilisnya dapat di kelompokkan menjadi tiga saja yaitu kompilasi rilisan Musica Studio's, rilisan Airo Record dan rilisan Harpa Records dkk, di luar itu ada lingkup kecil kompilasi yang di ambil dari album Hijau, Cikal, Dalbo dan Anak Wayang, tak banyak namun ada beberapa rilisannya, biasanya untuk pelengkap tetap disertakan materi lagu dari label Harpa Records.

Kompilasi ini rancangan covernya lumayan menarik, gambar depan merupakan foto Iwan Fals di album Mata Dewa 1989 sementara untuk foto pada cover dalam merupakan versi tahun 1993/1994. Isinya mayoritas memuat lagu lagu dari label Harpa Records walaupun ada beberapa berasal dari label lainnya seperti Mata Dewa dari Airo Records kemudian Mata Hati dari HP Records. Album ini sendiri dirilis di tahun 1995 oleh Atlantic Records bekerja sama dengan label Keyboard dan Gemaswara Sejati, walaupun bertitle 20 Golden Hits isinya hanya 18 lagu, masing masing sisi berisi 9 lagu.

Setidaknya album ini merupakan jejak dimasa lalu bahwa dunia industri musik saat itu sangat semarak dengan berbagai rilisan yang memanjakan mata dan telinga, ini baru satu artis saja bagaimana pula dengan artis lainnya, wah sangat riuh rendah tentu saja saat itu. Saya pribadi bersyukur masih merasakan sisa sisa kemegahan era kaset ditahun 2000an, masa yang tak akan terlupakan. Berbanding terbalik dengan saat ini, dahulu susah menemukan format digitalnya, saat ini malah format fisiknya seperti kaset dan CD sangat susah untuk ditemukan.







.........................

Tracklist:

Side A
01 Mata Dewa
     cipt. Iwan Fals/ Setiawan Djody
02 Bento
     cipt. Iwan Fals/ Naniel
03 Mata Hati
     cipt. Bobby Eress/ Iwan Fals
04 Orang Gila
     cipt. Iwan Fals/ Billy JB.
05 Belum Ada Judul
     cipt. Iwan Fals
06 Ya Atau Tidak
     cipt. Iwan Fals
07 Frustasi
     cipt. Iwan Fals
08 Aku Disini
     cipt. Iwan Fals
09 Terminal
     cipt. Iwan Fals/ Franky S.

Side B
01 Dimata Air Tidak Ada Air Mata
     cipt. Iwan Fals
02 Potret
     cipt. Iwan Fals
03 Mencetak Sawah
     cipt. Iwan Fals/ Fajar Budiman
04 Imitasi
     cipt. Iwan Fals
05 Kisah Sepeda Motorku
     cipt. Iwan Fals
06 Panggilan Dari Gunung
     cipt. Iwan Fals
07 Ikrar
     cipt. Iwan Fals
08 Dongeng Sebelum Tidur
     cipt. Iwan Fals
09 Besar Dan Kecil
     cipt. Iwan Fals


Salam...

No comments:

Post a Comment