Saturday, July 8, 2017

Kemesraan - Iwan Fals, Titik Hamzah, Chrisye, Betharia Sonatha Dkk (1988/1989)

Kemesraan - Iwan Fals, Titik Hamzah, Chrisye, Betharia Sonatha Dkk (1988/1989)

Lagu yang awalnya direncanakan masuk di album Wakil Rakyat 1987 namun urung karena pertimbangan materi lagu yang tak sesuai dengan konsep album, hingga akhirnya ditahan dahulu untuk kemudian disimpan sebagai stok materi album selanjutnya. Aransemen musik untuk lagu ini masih dikerjakan oleh Bagoes AA yang juga menangani aransemen album Wakil Rakyat 87, dinyanyikan oleh Iwan Fals bersama Titik Hamzah dan seorang anak kecil bernama Angga Buchaery putra dari Heirrie Buchaery teman lama Iwan Fals yang juga berprofesi sebagai musisi dan ikut mendukung banyak albumnya. Format lagunya adalah seperti sebuah keluarga kecil yang bernyanyi ada Ayah, Ibu dan Anak, sekilas jika kita tidak mengerti dengan sejarah lagu ini pasti menduga bahwa lagu ini memang benar benar di nyanyikan oleh Iwan Fals bersama Istri dan Anaknya. Lagu ini pertama kali muncul di album kompilasi Lagu Lagu Terbaru 6 Artis Terpopuler'87 (MSC 7589) dan di album Duet Hits Elite (MSC 7598) dengan lagu Kemesraan versi awal ini sebagai unggulan ditambah beberapa lagu dari artis lain sebagai pelengkap tracklist, diantaranya ada lagu Percayalah Kasih versi 2. Dua album ini masih belum berhasil mencuri perhatian yang luas dari khalayak.

Musica Studio's selaku label ternyata belum menyerah dengan kondisi ini, masih dengan aransemen musik yang sama persis dengan versi awalnya hanya formulanya saja yang dirubah bukan lagi konsep keluarga tetapi menjadi pertemanan, semua artis Musica Studio's papan atas bergabung dalam mengerjakan lagu ini secara keroyokan, masih Iwan Fals sebagai ujung tombak dibantu oleh Chrisye, Betharia Sonatha, Rafika Duri, Itang Yunasz, Etrie Jayanthie, Jamal Mirdad dan Nani Sugianto. Album ini segera rilis dipasaran disertai dengan promosi gencar berupa pembuatan video klip dan tampil secara live di program Album Minggu Kita milik TVRI, televisi satu satunya saat itu. Hasilnya sungguh di luar dugaan, pasar segera menangkap cepat, lagu inipun menjadi hits dimana mana dan menjadi lagu wajib yang dinyanyikan saat acara resmi maupun tak resmi bahkan hingga saat ini. Salah satu lagu keroyokan terbaik sepanjang masa yang berstatus Evergreen.

Hanya saja kelemahan album musik pada zaman dahulu adalah ada beberapa yang tidak mencantumkan credit title dengan lengkap seperti nama semua musisi maupun sound engineer yang ikut serta terlibat dalam penggarapan sebuah album. Hal itu juga terjadi pada album ini, pada covernya tidak tercantum siapa saja yang terlibat di album ini. Beruntung dizaman modern seperti sekarang kita bisa berinteraksi langsung dengan para musisi pelaku sejarah tersebut dan menanyakan hal hal yang belum kita fahami. Lagu Kemesraan ini dimainkan oleh Bagoes AA, selain arranger beliau juga mengisi Keyboard, kemudian Bambang BRT pada Gitar, Bass oleh Tito Soemarsono dan Drum oleh Uce Haryono.

Pada perkembangan selanjutnya Kemesraan versi Lagu Lagu Terbaru 6 Artis Terpopuler'87/ Duet Hits Ellite ini muncul di album kompilasi 22 Lagu Terpopuler Iwan Fals yang dirilis awal tahun 90an dan terdapat juga di dalam album Best Of The Best Iwan Fals yang dirilis di tahun 2000. Sementara untuk versi Kemesraan bersama artis Musica muncul kembali di album Iwan Fals Antara Aku Kau dan Bekas Pacamu 1989, Iwan Fals In Love 2005 dan terdapat juga di beberapa album kompilasi Chrisye maupun Betharia Sonatha.

Setelah album ini booming, barulah Franky Sahilatua & Jane merilis lagu ini dan dinyanyikan oleh mereka berdua. Jadi ada anggapan bahwa sebelumnya lagu ini dinyanyikan Franky & Jane adalah kurang tepat. Bisa jadi Johnny Sahilatua selaku pencipta menyodorkan atau pihak label Musica Studio's tertarik dengan lagu tersebut dan ingin merilisnya suatu saat nanti oleh artis yang bernaung dilabelnya.


Kemesraan versi Awal
.....
Album: Duet Hits Ellite
Artist: Iwan Fals & Various Artis
Kode: MSC 7598
Label: Musica Studio's
Tahun: 1988
Harga (saat rilis): -









Tracklist:

Side A
01 Kemesraan
     Cipt. Franky S./ Johnny S.
     Penata Musik/ Keyboards - Bagoes AA
     Accoustic Guitar - Bambang BRT
     Bass - Tito Soemarsono
     Drums - Uce Haryono
     Vocal. Iwan Fals/ Titik Hamzah/ Angga Buchaery
02 Terima Kasih
     cipt. Adjie Soetama
     vocal. Chrisye/ Titi DJ.
03 Penantian
     cipt. Jockie S.
     vocal. Jockie S./ Rafika D.
04 Sayang
     cipt. Eros Djarot/ Jockie S.
     vocal. Chrisye/ Hetty K.E.
05 Kasih Insani
     cipt. Eros Djarot/ Iman R.N.
     vocal. Chrisye/ Vina Panduwinata

Side B
01 Say
    cipt. Dadang S. Manaf
    vocal. Ray Sahetapi/ Dewi Yull
02 Percayalah Kasih
     cipt. Jockie S.
     vocal. Yockie S./ Vina Panduwinata/ Iwan Fals
03 Hasrat
     cipt. Dadang S. Manaf
     vocal. Andi M.M./ Bob Tutupoli
04 Resah
     cipt. Dadang S. Manaf
     vocal. Hetty K.E./ Adjat S.
05 Sentuhan Cinta 
     cipt. Jockie S./ Eros Djarot
     vocal. Chrisye/ Hetty K.E.


Kemesraan versi Kedua
.....
Album: Kemesraan
Artist: Iwan Fals & Various Artis
Kode: MSC 7640
Label: Musica Studio's
Tahun: 1989
Harga (saat rilis): 2.500,-









Tracklist:

Side A
01 Kemesraan
     cipt. Franky S./ Johnny S.
     Penata Musik/ Keyboards - Bagoes AA
     Accoustic Guitar - Bambang BRT
     Bass - Tito Soemarsono
     Drums - Uce Haryono
     Vocal: Iwan Fals/ Betharia S./ Rafika D./ Chrisye/
                 Itang Y./ Jamal M./ Ethrie J./ Nani S.
02 Aku Jatuh Mau
     vocal. Itang Yunasz
03 Hart Of Pain
     vocal. Dianne Karren
04 Cita Cinta Kita
     vocal. Nani Sugianto
05 Direlung Mata Hatiku
     vocal. Andi Meriem Matalatta
06 Pesta
     vocal. Harvey Malaihollo
07 Saat Yang Indah
     vocal. Chrisye

Side B
01 Kemana Dimana
     vocal. Betharia Sonatha
02 Sesaat Kau Hadir
     vocal. Harvey Malaihollo
03 Pu Tao
     vocal. K3S
04 Hati Yang Dusta
     vocal. Broery Pesulima
05 Ricky
     vocal. Hetty Koes Endang
06 Buku Ini Aku Pinjam
     vocal. Iwan Fals
07 Aku Cinta Padamu
     vocal. Itang Yunasz


Salam...

No comments:

Post a Comment