Thursday, August 10, 2017

Album Akustik Lelaki Dan Rembulan (new arransement) - Franky S./ Jane & Johnny S. (2012)

Album Akustik Lelaki Dan Rembulan (new arransement) - Franky S./ Jane & Johnny S. (2012)

Ini adalah album yang perilisannya di prakarsai oleh Johnny Sahilatua, untuk memperingati setahun kepergian Franky Sahilatua pada 20 April 2011 karena sakit kanker sumsum tulang belakang. Johnny Sahilatua sendiri adalah adik kandung dari Franky Sahilatua, ia juga seorang musisi dan menciptakan berbagai komposisi lagu dan lirik baik untuk Franky & Jane maupun musisi lainnya seperti Chrisye yang menyanyikan lagu ciptaannya berjudul Damai BersamaMu.

Lagu lagu di album ini semuanya merupakan materi lagu lama yang di aransemen ulang dengan format akustik, jika memang penyuka musik akustik pasti segera akrab dengan bebunyian yang keluar dari cakram padat ini. Musik akustik berpadu dengan sentuhan orkestrasi/ string, biola, dentingan gitar akustik yang merdu, ditambah suara flute semakin memperlengkap semuanya, mengarahkan ingatan kita pada imaji sebuah desa yang permai dan teduh seperti yang di gambarkan oleh Franky, Jane dan Johnny sejak pertama kemunculan mereka dalam industri musik pada tahun 75an. Pada beberapa lagu seperti dalam prakata yang di tulis oleh Johnny Sahilatua, suara Franky Sahilatua diambil dari pita rekaman pada saat lagu lagu tersebut dinyanyikan bersama Jane, ada empat lagu di album ini yang mengikutsertakan kembali suara Franky. Johnny sendiri biasanya jarang muncul sebagai vokalis, di album ini ia ikut menyanyikan beberapa lagu. Sementara untuk Jane porsinya sebagai vokalis utama, dari dua belas lagu di album ini hanya satu yang tidak terdapat suaranya.

Album akustik mantap seperti ini seharusnya memiliki kemasan yang lebih bagus, karena bagaimanapun kemasan juga mendukung isi yang terkandung di dalamnya.  Album ini sepertinya tidak maksimal dalam pengerjaan artworknya, hanya kemasan mika yang dibungkus dengan cover luar saja, sekilas mirip kemasan digipack tetapi bukan. Harusnya jika memang kemasan mika, maka maksimalkan saja rancangan cover dengan format kemasan mika tersebut, atau jika ingin dibuat versi digipack juga bagus, karena kemasan digipack memiliki ruang kreatifitas yang tak terbatas bahkan bisa lebih elegan dan mewah. Ini hanya sedikit uneg uneg yang terasa dari pemerhati album fisik, sayang saja karena materi di dalamnya baik lirik maupun aransemen sangat bagus, didukung dengan kemasan yang lebih bagus tentu akan menaikkan 'gengsi' album tersebut secara otomatis.

Satu hal lagi yang juga mungkin terlupakan, nama nama musisi yang ikut membantu dalam pengerjaan album ini tidak di cantumkan, sehingga kita sebagai penikmatnya tidak bisa mengetahuinya secara detail. Credit title didalamnya hanya berisi prakata, teks lagu dan foto dari Franky, Jane dan Johnny saja.

Terima kasih om Franky Sahilatua karya karyamu abadi, tetap menghiasi hari hari kami disini.

Album: Album Akustik Lelaki dan Rembulan
Artis: Franky S./ Jane & Johnny S.
Kode: CDDV-011
Label: Diva Records
Tahun: 2012
Harga (saat rilis): 70.000,-









.........................

Prakata:
Setahun sudah berlalu sejak kakak saya Franky Sahilatua telah pergi.
Saya dan Jane mencoba membuat rekaman bersama Franky.
Dan suara Franky yang ada di album ini diambil dari pita rekaman pada saat lagu lagu tersebut dinyanyikan oleh Franky bersama Jane.
Saya sengaja merubah aransemen musiknya agar memberikan nuansa baru, karena saya sadar bahwa musik lama pada lagu lagu yang ada di album ini telah hidup bersama kenangan para penggemar Franky & Jane pada saat lagu lagu tersebut menjadi populer di masanya bertahun tahun lalu.

Smoga persembahan kami dapat menghibur dan mengobati kerinduan kita semua pada Franky Sahilatua

Johnny Sahilatua

...
Tracklist:

01 Lelaki dan Rembulan
Lagu & lirik - Franky Sahilatua
Vocal - Franky/ Jane & Jhonny

02 Perjalanan
Lagu - Franky Sahilatua
Lirik - Yudhis AM
Vocal - Jane

03 Kemesraan
Lagu & lirik - Franky/ Johnny
Vocal - Jane & Johnny

04 Biarkan Hujan
Lagu - Franky Sahilatua
Lirik - Yudhis AM
Vocal - Franky & Jane

05 Kepada Angin dan Burung Burung
Lagu - Franky Sahilatua
Lirik - Yudhistira AM
Vocal - Jane & Johnny

06 Bis Kota
Lagu & lirik - Franky Sahilatua
Vocal - Jane & Johnny

07 Memanggil Namamu
Lagu - Franky Sahilatua
Lirik - Hare Rumemper/ Johnny
Vocal - Jane

08 Pada Bukit Pedesaan
Lagu - Johnny Sahilatua
Lirik - Hare Rumemper
Vocal - Franky & Jane

09 Jangan Pergi
Lagu & lirik - Johnny
Vocal - Johnny

10 Diladang Bunga
Lagu & lirik - Franky Sahilatua
Vocal - Franky/ Jane & Johnny

11 Damai BersamaMu
Lagu & lirik - Johnny Sahilatua
Vocal - Johnny & Jane

12 Musim Bunga
Lagu & lirik - Franky Sahilatua
Vocal - Jane & Johnny


Salam...

No comments:

Post a Comment