Thursday, September 14, 2017

Ali Topan Anak Jalanan - Dian Fakih (1985)

Ali Topan Anak Jalanan - Dian Fakih (1985)

Album: Ali Topan Anak Jalanan
Artist: Dian Fakih
Kode: -
Label: Olympindo & Bens Record
Tahun: 1985
Harga (saat rilis): -

Saya pribadi tidak terlalu mengenal dengan karya karya penyanyi asal Jawa Timur ini, saat googling di internet ternyata telah beberapa album di rilis oleh beliau. Satu album ini didapat karena kebetulan penjual kaset langganan menawarkan album ini, tak lain karena ada karya dua musisi favorit saya yaitu Iwan Fals dan Franky Sahilatua yang di nyanyikan ulang di sini. Setelah melihat tracklist lagu di dalamnya semua isinya ternyata adalah lagu lagu cover version, bukan hanya milik Iwan Fals dan Franky Sahilatua saja, mereka juga membawakan ulang milik Ritta Rubby Hartland dan Ully Sigar Rusady. Semuanya adalah musisi balada yang terkenal pada masanya.

Satu hal yang menarik disini adalah tertera nama Gum Gum yang bermain Banjo dan Harmonika. Jika kita menyimak perjalanan karier Iwan Fals pasti akan tahu dengan nama legendaris ini, lebih jelas lagi cerita tersebut dapat kita simak dalam acara talk show Kick Andy saat menghadirkan Iwan Fals sebagai nara sumbernya pada tahun 2010 silam. Ia adalah salah satu tokoh yang bekerja sama pada periode awal karier Iwan Fals jauh sebelum terkenal dan masih menjajal dari panggung ke panggung, Gum Gum salah seorang yang pernah menjadi pengiring Iwan Fals dalam beraksi. Setidaknya lewat album ini kita bisa menyimak permainan beliau yang mungkin langka untuk bisa mendengarkannya.

Tidak semua lagu disini di nyanyikan oleh Dian Fakih, ada dua lagu milik Iwan Fals di nyanyikan ulang oleh Jack, nuansanya sangat meniru karakter Iwan Fals namun tidak cukup berhasil melakukannya, bisa jadi salah satu penyebabnya karena karakter Iwan Fals sangat kuat sekali di lagu ini. Kesan pendengar pasti akan langsung membandingkan dengan musisi aslinya, kalau sudah begitu repot jadinya dan sudah tentu kalah telak, akan lain ceritanya jika lagu tersebut di bawakan dengan karakter pribadi yang jauh berbeda dengan imej yang ada.

Setidaknya mereka sudah berkarya, soal keberuntungan adalah sebuah misteri besar.








.................

Ali Topan Anak Jalanan
Dian Fakih

Franky/ Yoseph R. - Aransemen
Yoseph - Bass/ Accoustic Guitar/ Electric Guitar
Najib - Piano/ Keyboards
Unggas - Drum
Gum Gum - Banjo/ Harmonica
Nano Tirta - Flute/ Picollo
Jack - Backing Vocal/ Vocal

Desain Grafis - Lesin

.....
Tracklist:

Side A
01 Ali Topan
     cipt. Teguh Esha
02 Musim Bunga
     cipt. Franky S.
03 Umar Bakri
     cipt. Iwan Fals
04 Kepada Alam & Pencintanya
     cipt. Ritta Rubby H./ Yan Hartland
05 Kepada Angin Dan Burung Burung
     cipt. Franky S./ Yudhis

Side B
01 Bis Kota
     cipt. Franky S.
02 Nyanyian Sawah
     cipt. Ritta Rubby H./ Yan Hartland
03 Kereta Tiba Pukul Berapa
     cipt. Iwan Fals
04 Pelita Dalam Gulita
     cipt. Ully Sigar Rusady
05 Perjalanan
     Franky S./ Yudhis


Salam...

No comments:

Post a Comment