Sunday, November 5, 2017

Celoteh Celoteh (album kompilasi) - Iwan Fals (Musica Studio's 1990)

Celoteh Celoteh (album kompilasi) - Iwan Fals (Musica Studio's 1990)

Album: Celoteh Celoteh
Artist: Iwan Fals
Kode: MSC 7726
Label: Musica Studio's
Tahun: 1990
Harga (saat rilis): 4.000,-

Dari album inilah kata 'Celoteh Celoteh' menjadi identik dengan Iwan Fals, sangat terkenal pada masanya dan bertahan hingga sekarang. Bisa jadi ini sesuatu yang tidak di duga sebelumnya, pihak label rekaman berusaha mencari judul yang unik untuk menarik minat pembeli, karena ini hanya kompilasi biasa tanpa lagu baru didalamnya. Diluar dugaan ternyata menjelma menjadi jargon baru saat itu, apalagi celoteh celoteh juga sangat nyambung jika di kaitkan dengan lagu lagu Iwan Fals yang banyak bercerita (berceloteh) tentang apa saja yang ia rasakan.

Saat di rilis album ini pada tahun 1991 Iwan Fals berada pada puncak karier, menjadi perhatian banyak orang bukan sebatas sebagai artis atau musisi tetapi ia telah menjelma sebagai ikon pembela kaum terpinggirkan berkat lagu/ karya yang ia ciptakan, banyak yang mengidolakannya baik tua maupun muda. Perilisan album ini juga di barengi dengan poster super besar yang di rilis oleh Musica Studio's sebagai promosi maupun di jual secara terpisah dari kaset, poster tersebut hampir serupa dengan cover album Celoteh Celoteh ini, perbedaannya ada pada posisi tangan Iwan Fals saat menunjuk kesamping.

Album yang admin punyai ini merupakan rilisan tahun 2000 dan tergolong dalam lima kaset awal yang dimiliki, untuk rilisan awal 1990 masih belum di dapatkan. Berisi 20 lagu dengan 10 lagu pada tiap tiap sisinya, berisi lagu lagu dari album Iwan Fals era Musica Studio's 1981 hingga 1988. Album ini walaupun fenomenal dan salah satu kompilasi yang sukses bukan berarti tanpa kelemahan, tiga lagu terakhir di side A yaitu Teman Kawanku Punya Teman, OAM dan Tante Lisa tidak sampai habis sementara sisa pita yang tersisa masih cukup banyak, bisa jadi karena kurang ketelitian operator dalam mengerjakannya. Saya pribadi saat mendengarkan pertama kali pun merasakan kecewa, pembaca mungkin ada merasakan hal yang sama? apalagi jika itu tergolong kaset pertama Iwan Fals yang kita beli dan baru mendengarkan lagu tersebut pertama kali.

Karena keberhasilan album ini, pada tahun 1999 di buatlah seri kedua album ini DISINI, berbeda dengan album seri pertamanya ini, volume kedua di rilis dalam bentuk kaset dan juga CD. Walaupun begitu versi volume pertama ini masih belum terkalahkan, ikonik bahkan hingga saat ini.








Poster super besar
(thanks to: aerbening.blogspot.com)



..................
Tracklist:

Side A
01 Nak
     Iwan Fals
02 Siang Seberang Istana
     Iwan Fals
03 Surat Buat Wakil Rakyat
     Iwan Fals/ Ma'mun
04 Tolong Dengar Tuhan
     Iwan Fals
05 Balada Orang Orang Pedalaman
     Iwan Fals/ Ian Antono
06 Jangan Bicara
     Iwan Fals
07 Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi
     Iwan Fals
08 Teman Kawanku Punya Teman
     Iwan Fals/ Ma'mun
09 Obat Awet Muda
     Iwan Fals/ Astrajingga
10 Tante Lisa
     Dama

Side B
01 Guru Zira
     Iwan Fals
02 Kontrasmu Bisu
     Iwan Fals/ Anto Baret
03 Tince Sukarti Binti Mahmud
     Iwan Fals
04 Sapuku Sapumu Sapu Sapu
     Iwan Fals
05 Puing
     Iwan Fals
06 Ambulance Zig Zag
     Iwan Fals
07 P. H. K.
     Iwan Fals
08 Serdadu
     Iwan Fals
09 Gali Gongli
     Iwan Fals
10 Pesawat Tempurku
     Iwan Fals


Salam...

2 comments:

  1. Yg pertama itu kasetnya hitam dan roda giginya putih ya? Ada tulisan bonus poaster special dibawah logo musica.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali abang..
      sangat langka posternya sekarang, kasetnya untuk rilisan pertama mungkin masih mudah untuk dicari saat ini.

      Delete