Thursday, November 2, 2017

Yang Muda Yang Bercanda - Live Theater Terbuka TIM (1979)

Yang Muda Yang Bercanda - Live Theater Terbuka TIM (1979)

Album: Yang Muda Yang Bercanda
Artist:Various Artist
Kode: -
Label: DD Record & LHI
Tahun: 1979
Harga (saat rilis): - 

Ini adalah hasil rekaman rangkuman acara festival lomba humor yang di adakan oleh LHI (Lembaga Humor Indonesia) bekerja sama dengan TIM (Taman Ismail Marzuki) atas prakarsa dari Arwah Setiawan selama dua hari tanggal 15 hingga 16 September 1979. Pesertanya beragam bahkan ada yang berasal dari daerah, rata rata masih muda dan menyandang status sebagai mahasiswa, sehingga pas rasanya acara ini bertema ''Yang Muda Yang Bercanda''. Jika kita mendengarkan kembali album ini, masih terasa lucunya walau mungkin pada beberapa bagian terasa jadul, lebih kepada nuansa klasik menurut saya pribadi. Rudi Jamil dan Kris Biantoro sebagai pembawa acara pun sempat menyebut Warkop DKI sebagai mahasiswa yang berhumor, menyandang titel mahasiswa tidak menghalangi mereka untuk tetap berhumor ria. Kepopuleran Warkop DKI secara tidak langsung menginspirasi lahirnya kelompok humor lainnya pada saat itu, komunitas lawak yang semakin semarak tersebut memberi ide untuk mengadakan acara festival humor semacam ini dan terbukti mendapat sambutan menggembirakan.

Yang Muda Yang Bercanda sendiri adalah plesetan dari film Yang Muda Yang Bercinta di bintangi oleh WS. Rendra dan Yati Octavia tahun 1977, film ini sangat populer kala itu sehingga di plesetkan dan di jadikan judul acara festival ini, selain itu antara film dan acara ini memiliki konsep yang sama yaitu masih tentang pemuda, tapi bukan pemuda mabuk cinta melainkan pemuda yang mabuk humor 😆.

Di album ini fokusnya adalah lawakan group yang di bawakan oleh lima group lawak di tambah pembacaan humor oleh Tris Sakeh dan musik oleh PSP (Pancaran Sinar Petromax). Disini GM. Selo mendapat juara pertama. Sementara nanti pada volume keduanya yaitu YMYB II (dalam lagu dan baca) di fokuskan kepada musik humor yang bakal di menangkan oleh Iwan Fals saat masih bernama Iwan FALES. Kedua pemenang ini kemudian di satukan dalam proyek album selanjutnya berjudul Canda Dalam Ronda yang di rilis pada tahun 1980.

Sekedar pengingat bahwa Iwan Fals hanya ada pada album YMTB vol. II saja, sementara pada YMYB vol. I ini ia tidak ikut serta, karena telah ada pengelompokan sebelumnya. Walaupun tidak ada disini, album ini setidaknya bisa sebagai penambah wawasan secara utuh tentang gelaran festival lomba humor ini, dan tentu saja bisa cekikan tertawa senyam senyum sendiri hehe...







................

L.H.I & T.I.M
Mempersembahkan
Yang Muda Yang Bercanda
15-16 September 1979

Makasih tuk rekan rekan atas partisipasinya
Hingga terwujud rekaman cassette ini.
Horas..!! Bung Arwah Setiawan

Percetakan: Tjahaya Harapan Satya

Para penunggang lakon:
- GM. Selo (Juara Mahasiswa '78)
- Pelita (Jakarta)
- Tiga T. (Juara Nasional '78)
- Kwartet S. (Juara Jatim '78)
- Tom Thumb (Juara DKI)
- Tris Sakeh (Pembaca Humor)
- Music P.S.P.
- M.c. Rudi Jamil & Krisbiantoro


Salam...

No comments:

Post a Comment