Wednesday, December 20, 2017

...untukmu, Galang - Bunga (Ken Project 1997)

...untukmu, Galang - Bunga (Ken Project 1997) 

Album: ...untukmu, Galang
Artist: Bunga Band
Kode: 1-579 IND
Label: Ken Project & Metrotama Records
Tahun: 1997
Harga (saat rilis): 8.000,-

Bagi penggemar karya Iwan Fals mengoleksi seluruh album musik maupun pernak pernik lainnya tentang beliau adalah sebuah keharusan tetapi belum lengkap rasanya jika tidak mendengarkan atau mengoleksi album ini. Bukan tanpa alasan, karena ini adalah band dimana Galang Rambu Anarki tergabung sebagai salah satu personilnya, sebagai pemain Rhythm Guitar dan juga ikut mencipta syair maupun melodi.

Sayangnya saat album ini dirilis, Galang telah tiada. Ia meninggal disaat proses penggarapan album ini sedang berlangsung. Sehingga ketika album ini dirilis judul albumnya pun dirubah menjadi '..untukmu, Galang', cover album didalamnya pun memuat beberapa foto Galang dengan gaya rebelnya. Album ini lumayan mendulang kesuksesan karena berbagai fenomena yang melingkupinya, salah satunya adalah tingginya rasa penasaran publik dengan karya alm. Galang ini bersama teman teman.

Corak musik yang ditawarkan disini sangat beraroma anak muda zaman tersebut, jangan berharap seperti corak musik milik Iwan Fals. Bisa jadi pemilihan warna musik yang berbeda karena ingin mencoba lepas dari bayang bayang besar ayahnya, atau karena semangat jiwa muda menggelegak sehingga lebih memilih corak musik alternatif seperti grunge ini, semuanya dilampiaskan lewat distorsi gitar dan gebukan drum berisik. Tidak ada salahnya dengan itu, karena mereka adalah anak muda berumur belasan saat itu yang sedang dalam masa berproses. Dari 10 lagu yang ditawarkan hanya tiga saja yang bernuansa slow diantaranya adalah Ceria, Bungaku dan yang paling slow tanpa distorsi gitar hanya dominasi dentingan keyboard adalah Kasih, Jangan Kau Pergi, satu satunya lagu 'jualan' yang berhasil mengangkat nama band ini, berisi ungkapan kegamangan perasaan seseorang jika kekasih hati pergi dari sisinya, lagu tersebut sebenarnya bisa juga bermakna lain yaitu menyiratkan kepedihan anggota band lainnya atas kepergian Galang.

Album ini lahir atas tangan dingin Ali Akbar sebagai produser dan label Ken Project milik Franky Sahilatua sebagai label rekaman tempat bernaung. Dua nama tersebut bagi Iwan Fals adalah bukan nama asing, mereka sering berkolaborasi dalam menciptakan lagu maupun lirik dan juga project musik lainnya.

Setelah melepas album ini kelompok Bunga masih melepas beberapa album berikutnya, hanya saja karena berbagai permasalahan sehingga proses pembuatan album menjadi tersendat dan nama mereka pelan pelan tenggelam ditelan hingar bingar musik lainnya.







...................

...untukmu, Galang (1982-1997)

kita kenal
kita bermain
kita bercanda
kadang kita saling marah
tapi kita tetap  berkarya bersama

ini karya kita
sejak kenal
hingga kau tiada

karyamu, Galang

Bunga terdiri dari:
Galang Rambu Anarki - Guitar rhythm, backing vocal
Tony Vialy - Vocals
Danial - Bass, backing vocals
Oka - Drums
Erry - Lead guitar, backing vocals

Additional musicians:
Didi 'PanHead' - Lead guitars on 'Gila/ Fitness/ Ceria/ Melayang'
Hedod - Keyboard on 'Kasih'
Belor - Keyboard on 'Melayang/ Bungaku/ Ceria'
Rara - Backing vocals on 'Kasih'

Producer - Ali Akbar/ IMC (Indonesian Music Consultant)
For - Ken Project
Sound Design - Harry Widodo
Distributed by - Metrotama Records
Graphic Design - Dodgers
Photography - Ali Akbar & Erry

Bunga say thanks to:
Tuhan YME atas segalanya, Orang Tua kami: Kel. Bp. Iwan Fals, Kel. Bp. KH Syaiful Anwar, Kel. Bp. Purwaka, Kel Bp. Aulia Sofyan, Kel. Simorangkir, Bohal, Jerry, DJ Bo'Ank, Rita, Tika, Andro, Naya, Niko, Panca, Agung 'Jimbot', Ine Febriyanti, Cipi (mama Bunga), Mas Ali Akbar, Mas Hari & Edi Coffee 'Triple M', Om Franky Sahilatua, Visi Info Promo, Crew Exercise Studio, Mas Hedot, Didi 'PanHead', Rara, Belor, Doddy 'Dodgers', Bharata, Alda & Aldo, Alo, Fla, Komar, Jefry, Beben, T-Bob, Anak2 Jabir Family, Rempoa, PIM Boys, Anak2 Sinabung: Arinda, Ayi Dkk, Sambas Geng: Melky, Jimmy, Gabril dan yang lainnya, Teman2 di apotik Retna, Om Aryo, Mas Tony 'Mata Musik', Wisnu 'The Boss' & Poppy, Dede 'The Broer', Kuky, Romy & Roma Sophan, Eric Smile, Denny Abbot, Kemanggisan Boys: Yoppie, Yudhi, Ojie dan si rapinya, Lydia, Monic and all-girls, Tio Pakusadewo & KALBUKU Production, Bianca, Maya Plus crew MTV Indonesia (...atas MTV WOWnya), Dodo Abdullah & Wadyabala 102,3 FM Mania, Kabar-Kabari, Band Thanks: Temen2 Plastik, Getah, Toilet, Traxap, Oppie dan Bop, Suckerhead, Karpet, Orange Roll (Ozzy, Noel dan yang lain), Matahari, PanHead, Harry Bongkeng, Rudy, Dede BOP, Cipanas (atas inspirasinya), Sukro atas nasi gorengnya, Warteg Daha, Dan semua temen temen yang telah mendukung, yang tak mungkin disebutkan namanya satu persatu. Thanks berat buat Arthur (drum) & Deden (gitar) yang siap bermain tuk album bunga selanjutnya.


......
Tracklist:

Side A
01 Kasih, Jangan Kau Pergi
02 Gila
03 Hadapi
04 Palkon
05 Bobby Wants To Destroy

Side B
01 Fitness
02 Melayang
03 Paedophilia
04 Bungaku
05 Ceria


Salam...

2 comments: