Wednesday, February 14, 2018

CD 32 Lagu Pilihan Terbaik Siri Bintang Pujaan - Kembara (Universal Music Malaysia 2014)

CD 32 Lagu Pilihan Terbaik Siri Bintang Pujaan - Kembara (Universal Music Malaysia 2014)

Album: Siri Bintang Pujaan
Artist: Kembara
Kode: UMM 4707032
Label: Universal Music Malaysia
Tahun: 2014
Harga (saat rilis): -

Group musik atau kumpulan Kembara merupakan group musik legendaris kebanggaan asal Malaysia dengan M. Nasir sebagai pemimpinnya. Mereka telah berkiprah dari tahun 1981 hingga tahun 1986, menghasilkan sekitar tujuh album studio. Anggota awal kelompok Kembara ini adalah M. Nasir, A. Ali dan S. Sahlan (seperti yang terdapat pada foto cover album ini), namun pada album ketiga kongsi mereka pecah dan meninggalkan M. Nasir sendiri dalam menakhodai Kembara hingga pada tahun 1986 kelompok ini akhirnya bubar, para personilnya kemudian menempuh jalur musik masing masing.

Nah mereka sangat legendaris di Malaysia, bagaimana jika menyebut nama Kembara atau M. Nasir di Indonesia? bisa di pastikan banyak yang tidak faham dengan nama nama tersebut. Admin dahulu pun begitu. Hanya saja jika kita hobi membaca credit title pada kaset yang kebetulan kita punyai maka nama M. Nasir bisa dipastikan bukan nama yang asing, selain sebagai musisi/ penyanyi, ia juga seorang pencipta lagu handal dan banyak menciptakan lagu hits, seperti menciptakan lagu Cinta Kita untuk Inka Christie yang meledak di Indonesia pada era 90an, Isabella dan Teguh yang dibawakan oleh kelompok Search, Seribu Tahun Takkan Mungkin oleh Bumi Putera Rockers, Sejati oleh Wing's, Suratan Tersirat oleh Metal Child. Semua lagu tersebut adalah lagu lagu milik group band Malaysia yang di ciptakan oleh M. Nasir dan terkenal di Indonesia, ini hanya secuil sampel yang ada, faktanya tentu lebih banyak lagi lagu ciptaan beliau lainnya yang berhasil menjadi hits dan membumi di negara tersebut.

Diatas itu semua, hal yang membuat admin semakin penasaran tentang M. Nasir adalah duetnya dengan musisi favorit Ebiet G. Ade menyanyikan lagu Berita Kepada Kawan pada salah satu album kompilasi yang saya beli pada sekitar tahun 2005 DISINI. Rasa penasaran kemudian menuntun untuk googling, ternyata lagu tersebut adalah saat Ebiet menjadi bintang tamu pada Konsert Akar M. Nasir Manifestasi Akustika tahun 1995 di Malaysia dan kemudian dirilis dalam format album live. Admin juga mencoba download acak beberapa lagunya sebagai sampel, ternyata tak butuh waktu lama untuk akrab ditelinga, mayoritas lagunya memiliki tema sosial kerakyatan.

Sejak saat itu ada keinginan untuk memiliki beberapa album M. Nasir ini, tetapi mustahil rasanya karena tak memiliki kenalan maupun cara berkirim paket antar negara. Keinginan itu tertimbun sekian lama hingga pada sekitar tahun 2016 ada sahabat fb bernama Insan Marhaen (saya menyebutnya Pak Cik karena usianya jauh diatas saya) sepakat saling bertukar koleksi, saya memberikan beberapa keping CD Ebiet G. Ade dan beliau juga memberikan beberapa keping CD M. Nasir. Trade istilahnya, karena ia juga seorang penggemar/ peminat musik Ebiet G. Ade dan sedikit kesulitan menemukan album Ebiet Rilisan Indonesia di Malaysia. Terimakasih Pak Cik IM... !!

CD kompilasi ini berformat double disc, memuat lagu yang lumayan banyak yaitu sebanyak 32 lagu dengan 16 lagu pada masing masing disc yang disarikan dari tujuh album Kembara.








.....................
Tracklist:

CD 1
01 Kepadamu Kekasih
     M. Nasir/ Eunos Asah
02 Duit
     M. Nasir
03 Kiambang
     A. Ali/ S. Amin Shahab
04 Ekspress Rakyat
     M. Nasir/ S. Amin Shahab
05 Lagu Buat Seorang Ibu
     M. Nasir/ S. Amin Shahab
06 Hati Emas
     M. Nasir
07 Keroncong Untuk Ana
     A. Ali/ S. Amin Shahab
08 Gerhana
     M. Nasir
09 Impian Seorang Nelayan
     M. Nasir
10 Ada Sepasang Mata
     A. Ali/ S. Amin Shahab
11 Impian Anak Jalanan
     M. Nasir
12 Dimanakah Dikau
     M. Nasir/ Bakri Johari
13 Malam
     M. Nasir
14 Di Perhentian Puduraya
     M. Nasir
15 Sekuntum Bunga Plastik
     A. Ali/ S. Amin Shahab
16 Menantang Badai (bersama Yunizar Hussein)
     M. Nasir/ S. Amin Shahab

Side B
01 Agar Kau Mengerti
     Eddynor Ali/ M. Nasir
02 Keroncong Untuk Ana (versi 2)
     M. Nasir/ A. Amin Shahab
03 Hidup Cara Sendiri
     A. Ali/ S. Amin Shahab
04 Penjual Surat Khabar
     M. Nasir
05 Khalifah
     M. Nasir
06 Bunga Bakawali
     M. Nasir
07 Ayahku Dan Angkasawan
     Shahlan Tajudin/ S. Amin Shahab
08 Kolar Biru
     M. Nasir
09 Di Suatu Keramaian
     M. Nasir/ S. Amin Shahab
10 Sesat Di Kuala Lumpur
     M. Nasir
11 Siapa Orang Kita
     M. Nasir
12 Rupa Tanpa Wajah
     M. Nasir
13 Perjuangan
     M. Nasir
14 Mencurah Janji Daun Keladi
     M. Nasir/ S. Amin Shahab
15 Empat Penjuru
     M. Nasir
16 Balada Osman Tikus
    M. Nasir


Salam...

No comments:

Post a Comment